PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PROFESI GURU DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT SISWA MENJADI GURU

Sintha Widyaningrum, Ignatius Bondan Suratno

Abstract


This research aimed to determine whether there was a positive influence of students’ perceptions on teaching profession and family environment toward students’ interest in becoming teachers in class X and XI Natural Science Mathematics and Social Studies majors at SMA Negeri 1 Depok Yogyakarta in 2022.
This type of research was descriptive research using quantitative methods. The population in this study was all students of class X and XI majoring in Natural Science Mathematics and Social Studies at SMA Negeri 1 Depok Yogyakarta, totaling 431 students. The sample of this research was 203 students taken using proportional stratified random sampling. The data collection in this research used a questionnaire. The data were analyzed using multiple linear regression analysis.
The result of the research showed that students’ perceptions on teaching profession and family environment together had a positive influence on students’ interest in becoming teachers. The result of this research was evidenced by the calculated F value of 8.992 and the significance value of 0.000.

Keywords: students’ perceptions on teaching profession, family environment and students’ interest in becoming teachers.


Full Text:

PDF

References


Abdi, Alfian Putra. (2019, 8 Mei). “Minat Siswa Jadi Guru Minim, JPPI Khawatirkan Rendahnya Mutu Guru”. Tirto.Id. [Online]. Tersedia: https://tirto.id/minat-siswa-jadi-guru-minim-jppi-khawatirkan-rendahnya-mutu-guru-dti5. [25 September 2021]

Ahmadi, A. (2009). Psikologi Sosial. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Anwar, M. (2018). Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Prenadamedia Group.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dalyono, M. (2005). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati, & Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Djaali. (2007). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Djamarah, S. B. (2005). Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif Suatu Pendekatan Teoritis Psikologis. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Drajat, M., & Effendi, R. (2014). Etika Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.

Fadilla, S. A., Sawiji, H., & Murwaningsih, T. (2020, Mei). Pengaruh Persepsi Profesi Guru dan Teman Sebaya Terhadap Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran FKIP UNS. Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran, 4(2), 51-64.

Ghozali, I. (2006). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Porgram SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hamalik, O. (2007). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Haryawan, S., Muchtar, B., & Syofyan, R. (2019, September 5). Pengaruh Persepsi Mahasiswa Tentang Profesi Guru dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Menjadi Guru. EcoGen, 2(3).

Hasbullah. (2006). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Hayati. (2021). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Menjadi Guru Ekonomi Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi STKIP YPM Bangko. Jurnal Ekopendia, 6, 21-27.

Hikmah, R. K. (2017). Peran Persepsi Kesejahteraan Guru dalam Memoderasi Hubungan Persepsi Tentang Profesi Guru dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Skripsi: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.

Kreitner, R., & Kinicki, A. (2014). Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Martono, N. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder. Jakarta: Rajawali Pers.

Oebaidillah, Syarief. (2019, 17 Mei). “Minat Jadi Guru Rendah, Kemendikbud: Ini Warning!”. Media Indonesia. [Online]. Tersedia: https://m.mediaindonesia.com/humaniora/236189/minat-jadi-guru-rendah-kemendikbud-ini-warning. [8 Oktober 2021]

Priyatno, D. (2018). Panduan Mudah Olah Data bagi Mahasiswa dan Umum. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Purwanto, E. A., & Sulistyastuti, D. R. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif untuk Administrasi Publik dan Masalah-masalah Sosial. Yogyakarta: Gava Media.

Putri, E. S. (2012). Pengaruh Lingkungan Keluarga, dan Persepsi Mahasiswa Tentang Undang-Undang Guru dan Dosen Terhadap Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2008 dan 2009 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Purwanto, N. (2007). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ramdhan, S. (2016). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Berprestasi Siswa MTs Sabilil Muttaqin Pamekasan Madura. Skripsi: Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Sangadji, E. M., & Sopiah. (2010). Metodologi Penelitian Pendekatan Praktis dalam Penelitian . Yogyakarta: Penerbit Andi.

Sardiman. (Jakarta). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. 2011: Rajawali Pers.

Sari, R., & Rusdarti. (2018). Pengaruh Motivasi dan Lingkungan Keluarga Melalui Self Efficacy Terhadap Minat Menjadi Guru . Economic Education Analysis Journal, 1-15.

Sholichah, S., & Pahlevi, T. (2021, Juni 2). Pengaruh Persepsi Profesi Guru dan Efikasi Diri Terhadap Minat Menjadi Guru. Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 4(2), 187-194.

Slameto. (2015). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharso, P. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif untuk Bisnis: Pendekatan Filosofi dan Praktis. Jakarta: PT Indeks.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Uno, H. (2016). Profesi Kependidikan (11 th ed). Jakarta: Bumi Aksara.

Wahyuni, D., & Setiyani, R. (2017). Pengaruh Persepsi Profesi Guru, Lingkungan Keluarga, Efikasi Diri Terhadap Minat Menjadi Guru. Economic Education Analysis Journal, 6(3), 669-682.

Walgito, B. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: C.V Andi.

Wildan, M., Susilaningsih, & Ivada, E. (2016, Januari). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Menjadi Guru Pada Prodi Pendidikan Akuntansi FKIP UNS. Jurnal “Tata Arta” UNS, 2(1), 12-25.




DOI: https://doi.org/10.24071/jpea.v16i1.5898

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN (online) 2829-6117 ISSN (cetak) 1978-8770

 

    

Kontak:

Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sanata Dharma

Jl. Affandi, Mrican, Caturtunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta 55281

Telp (0274) 513301 Ext. 1445 Faks. (0274) 562383

Email: jpea@usd.ac.id

Peta: https://goo.gl/maps/Fzo43axWqLFqYcwS8