PENDAMPINGAN USAHA MIKRO MECHANIC HAIRCUT DALAM PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DAN TIKTOK UNTUK MENINGKATKAN PELANGGAN

Icho Ade Fikrianto(1), Muhammad Izahan Maulana Rhefale(2), Ainur Rochmaniah(3*), Poppy Febriana(4),

(1) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
(2) Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
(3) Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
(4) Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
(*) Corresponding Author

Abstract


Mechanic Haircut micro business is a small business with the advantage of selling excellent services but is not yet well-known by many people. This service aimed to assist in creating creative promotional content to attract more customers by utilizing Instagram and TikTok applications. The method used in the marketing promotion consisted of 3 stages, namely observation stage, training assistance, and presentation. The community service obtained a positive result in which the activities carried out enabled the micro business owners to utilize Instagram and TikTok media as free promotional media to increase their customers. Using image editing apps and feeds containing edited images could provide recommendations for the target audience so they would be interested in becoming customers. After the service activities were carried out with good dedication and were successful in assisting Mechanic Haircut micro business, the increase in customers could be observed every day.

Keywords


Instagram, promotion, TikTok

References


Firdausiyah, F., Yulianto, T., & Yudistira, I. (2021). Strategi pemasaran produk olahan pepaya menjadi abon guna meningkatkan ekonomi masyarakat dalam usaha rumahan. Abdimas Unwahas, 6(2), 118–125. https://doi.org/10.31942/abd.v6i2.5547.

Johansyach, M. W., Abadi, T. W., & Febriana, P. (2024). Pendampingan pengelolaan media sosial bagi pelaku usaha UMKM tanaman hias bonsai. Jurnal Abdimas Madani Dan Lestari (JAMALI), 06(June 2023), 46–52. https://doi.org/10.20885/jamali.vol6.iss1.art6.

Ningrum, N. N., Lionardi, A., Rahadianto, I. D., Mario, Tohir, M., Belasunda, R., Saedudin, R. R., & Almaarif, A., Adityas. (2022). Pelatihan dan pendampingan pembuatan konten dan foto produk untuk meningkatkan penjualan hasil hidroponik di Pondok Pesantren Miftahul Falah. Prosiding COSECANT: Community Service and Engagement Seminar, 2(2). https://doi.org/10.25124/cosecant.v2i2.18653.

Rahmi, M. (2021). Pelatihan manajemen usaha dalam meningkatkan usaha UMKM kuliner. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi Dan Perubahan, 1(1), 16–22. https://doi.org/10.59818/jpm.v1i1.29.

Ryandini, F., & Zawawi. (2023). Pendampingan usaha kecil , mikro , dan menengah Kelurahan Kedung Baruk melalui media sosial Instagram sebagai upaya dalam pengoptimalan promosi. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 1(2). https://jurnal.stikes-ibnusina.ac.id/index.php/jai/article/view/110.

Tiara, C., Rochmaniah, A., & Febriana, P. (2023). Pendampingan UMKM sambal kemasan dalam menghadapi persaingan ekonomi kreatif pada media sosial. Abditani: Jurnal Pengabdian Masyarakat , 6(1), 204–209. https://abditani.jurnalpertanianunisapalu.com/index.php/abditani/article/view/279.

Ubaidirrohman, W., Febriana, P., & Rochmaniah, A. (2024). Pengembangan media sosial dalam upaya meningkatkan penjualan brand batik lokal “Qabudayan.” Warta LPM, 27(1), 11–20. https://doi.org/10.23917/warta.v27i1.2320.

Widnyani, N. M., Rettobjaan, V. F. C., Aristayudha, A. A. N. B., Astitiani, N. L. P. S., & Richadinata, K. R. P. (2023). Media sosial sebagai alternatif dalam peningkatan penjualan UMKM di Kota Denpasar. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 4(1), 62–69. https://doi.org/10.38048/jailcb.v4i1.1435

Wiranata, C., Susanto, K., Mashari, L., Hambali, M. P., Pakpahan, M. Y., Hermawan, M., Christina, C., Liputra, D. T., Wianto, E., & Leony, F. (2023). Pendampingan pemanfaatan photo box untuk meningkatkan daya tarik promosi Anindya Cake And Cookies melalui media sosial. Jurnal Terapan Abdimas, 8(2), 252-259. http://doi.org/10.25273/jta.v8i2.16008.




DOI: https://doi.org/10.24071/aa.v7i2.9230

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

Indexed and abstracted in:

      

 

e-ISSN: 2620-5513; p-ISSN: 2620-5505

Altruis Sertifikat Sinta 5 (S5 = Level 5)

Bersama ini kami informasikan bahwa Abdimas Altruis: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terakreditasi nasional Sinta 5 oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia berdasarkan surat keputusan No.Surat Keputusan 0547/E5 /DT.05.00/2024. Masa berlaku 5 tahun : Vol 4 No 1 Tahun 2021 s/d Vol 8 No 2 Tahun 2025.


Creative Commons License

This work is licensed under CC BY-SA.

Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Abdimas Altruis: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diterbitkan dua kali setahun, yakni pada April dan Oktober, oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta, Indonesia.