PERMAINAN BAHASA DALAM WACANA GOMBAL

Sony Christian Sudarsono(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Wacana gombal (WG) merupakan bentuk komunikasi verbal yang memerlukan kreativitas yang tecermin dalam permainan bahasa. Dalam WG dijumpai beberapa permainan bahasa dengan memanfaatkan aspek-aspek kebahasaan yang meliputi (i) aspek fonologi: permainan fonem dan penambahan suku kata, (ii) aspek sintaktis: pertalian kata dalam frasa dan pertalian antarklausa, (iii) aspek semantik: polisemi, homonimi, idiom, peribahasa, hiperbola, elipsis, metafora, dan personifikasi, dan (iv) aspek wacana: pantun, silogisme, dan entailmen.
Kata kunci : gombal, humor, permainan bahasa, aspek-aspek kebahasaan.


Full Text:

PDF

References


Alwi, Hasan dkk. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia (Edisi Ketiga). Jakarta: Balai Pustaka.

Chaer, Abdul. 1990. Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Gombal, Stable URL: http://id.wikipedia. org/wiki/Gombal. Diunduh 03/09/2012, 21.00.

Grice, H.P. 1975. Logic and Corversation, Dalam P. Cole dan J. Morgan (Peny). Syntax and Semantics, 3 Speech Act, New York: Academic Press, hlm. 4158.

Keraf, Gorys. 1985. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Penerbit PT Gramedia.

Kridalaksana, Harimurti. 1993. Kamus Linguistik. Edisi Ketiga. Jakarta: Penerbit PT Gramedia.

Pengertian Gombal, Stable URL: http://aziznurc.blogspot.com/2012/01/pengeritangombal.html. Diunduh: 12/05/2012, 10.00.

Pradopo, Rakhmat Djoko. 2005. Pengkajian Puisi: Analisis Strata Norma dan Analisis Struktural dan Semiotik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Rahardi, Kunjana. 2003. Berkenalan dengan Ilmu Bahasa Pragmatik. Malang: Dioma.

. 2005. Pragmatik: Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Ramlan, M. 1982. Ilmu Bahasa Indonesia: Sintaksis. Yogyakarta: CV Karyono.

Sumaryono, E. 2005. Dasar-Dasar Logika. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Tim Penyusun Kamus. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Wijana, I Dewa Putu. 1996. Dasar-Dasar Pragmatik. Yogyakarta: Penerbit Andi.

. 2004. Kartun: Studi tentang Permainan Bahasa. Yogyakarta: Ombak.

Wijana, I Dewa Putu dan Muhammad Rohmadi. 2009. Analisis Wacana Pragmatik: Kajian Teori dan Analisis. Surakarta: Yuma Pustaka.

Sumber Data

Ale-ale, Deny. 2012. Makhluk Tuhan Paling Gombal: Kata Gombal Rayuan Mau dan Lucu Ala Deny Cagur Comedy Project. Yogyakarta: Maher Publishing.

Antakutsuka, Tauwa. 2012. Rayuan Gombal Andre vs Jessica. Yogyakarta: Syura Media Utama.

Bachsim, Irvan. 2012. Rayuan Gombal Ala Denny Cagur. Yogyakarta: Akmal Publishing.

Hang, Hape. 2011. Si Raja Gombal: Rayuan Gombal Ala Andre OVJ. Klaten: Galmas Publisher.




DOI: https://doi.org/10.24071/sin.v7i1.984

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2013 Sony Christian Sudarsono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Sintesis by https://e-journal.usd.ac.id/index.php/sintesis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Sintesis

View My Stats Sintesis