GRADUATION DALAM PANYANDRA PANGGIH PERNIKAHAN ADAT YOGYAKARTA

Ifriani Annisa

Abstract


Pesan dapat disampaikan dalam berbagai moda. Moda tersebut dapat berbentuk tulisan, lisan atau verbal, gambar, atau campuran. Penelitian ini menggunakan moda verbal dan tulisan pada suatu teks. Teks yang digunakan dalam penelitian ini adalah teks panyandra panggih pernikahan adat Yogyakarta. Pada teks ditemukan beberapa penekanan atas ekspresi emotif yang disampaikan oleh pembawa acara (pranatacara). Penekanan ekspresi emotif dapat memberikan gambaran mengenai sikap pihak-pihak yang terkait dalam acara panggih. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah penekanan ekspresi emotif yang terdapat pada teks panyandra panggih. Adapun masalah penelitian yang diangkat adalah bagaimana ekspresi emotif ditegaskan dalam teks. Teori yang digunakan adalah bagian dari teori appraisal (Martin dan White, 2005) yaitu graduation. Appraisal berfokus pada ekspresi emotif yang terdapat pada suatu wacana atau teks. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat dua macam penekanan yaitu leksikalisasi dan repetisi.  Kekhasan pada penekanan ekspresi emotif dalam bahasa Jawa pada teks adalah leksikalisasi. Leksikalisasi yang terdapat pada teks termasuk pada tembung saroja pada bahasa Jawa. Penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan terkait bahasa dan kebudayaan Jawa. Selain itu,  penelitian ini juga diharapkan dapat berkontribusi untuk bidang linguistik khususnya teori appraisal yang dapat diaplikasikan pada teks berbahasa Jawa.


Keywords


panyandra panggih; ekspresi emotif; appraisal; graduation

Full Text:

PDF

References


Annisa, Ifriani, Wrihatni, Novika Stri, dan Fitriana, Atin. 2019. “Panyandra Panggih Gaya Yogyakarta: Kajian Topik-Komen”. Dalam Sumarlina, Elis S.N. dkk. Kearifan Lokal Budaya Nusantara dalam Kajian Multidisplin. Bandung: Raness Media Rancage. hal, 87-98.

Chefor, V. M., Zhiying, X., & Kyaw, M. 2021. “Attitude and Graduation: Appraisal Resources in a Decision of the African Court on Human and Peoples’ Rights”. Dalam Journal of Literature, Languages and Linguistics.

Endraswara, Suwardi. 2009. Mutiara Wicara Jawa. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Halliday, M.A.K. dan Matthiessen, Christian. 2004. An Introduction to Functional Grammar (3rd ed). London: Hodder Arnold.

Martin, J. R., & White, P. R. R. 2005. The language of evaluation: Appraisal in English. Basingstoke: Palgrave Macmillan.

Moleong, L. J. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Padmosoekotjo, S. 1956. Ngengrengan Kesusastraan Jawa. Yogyakarta: Hien Hoo Swig

Poerwadarminta, W. J. S. 1939. Baoesastra Djawa. Batavia: J.B. Wolters.

Putri, I. A. S. 2019. “Ranah Graduation dalam Sistem Appraisal yang Digunakan pada Harian Bali Post dan Tribun Bali”. Dalam Linguistika: Buletin Ilmiah Program Magister Linguistik Universitas Udayana, 26(2). hal.133. https://doi.org/10.24843/ling.2019.v26.i02.p05

Putri, S. A., & Cahyono, S. P. 2021.” Graduation in COVID-19 Virtual Press Conference by

WHO from the Perspective Appraisal Theory”. Dalam Proceeding AISELT (Annual International Seminar on English Language Teaching) (Vol. 6, No. 1).

Pringgawidagda, Suwarna. 2006 . Tata Acara dan Wicara Pengantin Gaya Yogyakarta. Yogyakarta: Kanisius.

Rahutami, R., & Wibowo, A. 2018. “The Word Formation of Panyandra in Javanese Wedding”. Dalam Proceedings of the Annual Conference on Social Sciences and Humanities (ANCOSH 2018)-Revitalization of Local Wisdom in Global and Competitive Era.

Sudaryanto. 1991. Tata Bahasa Baku Bahasa Jawa. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.

Surbakti, E. B., Sinar, T. S., & Setia, E.. 2018. “Engagement and Graduation in Text of the Law on Electronic Information and Transaction”. Dalam KnE Social Sciences. hal. 295-305. https://doi.org/10.18502/kss.v3i4.1941




DOI: https://doi.org/10.24071/sin.v16i2.5243

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ifriani Annisa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Sintesis by https://e-journal.usd.ac.id/index.php/sintesis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Sintesis

View My Stats Sintesis