Wacana Humor Kritik Sosial dalam Stand Up Comedy Indonesia Season 4 di Kompas TV: Tinjauan Pragmatik

Marius Peng Mitang(1*),

(1) Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author

Abstract


Kajian ini membahas wacana humor kritik sosial (WHKS) dalam acara Stand Up Comedy Indonesia Season 4 (SUCI 4) di Kompas TV. Masalah yang dibahas: bagaimana kepatuhan dan ketakpatuhan tuturan dalam WHKS SUCI 4 pada prinsip kerja sama? Kajian dilakukan dengan pendekatan pragmatik.

Data penelitian ini berupa WHKS yang diperoleh dari situs YouTube yang menayangkan pertunjukan SUCI 4. Data dikumpulkan dengan metode simak, lalu ditranskrip sebagai bahasa tulis. Data kemudian dianalisis menggunakan metode padan dengan submetode padan pragmatik.

Di dalam WHKS SUCI 4 ditemukan 3 tipe kepatuhan dan ketidakpatuhan tuturan WHKS pada prinsip kerja sama, yaitu (i) tuturan yang mematuhi tiga maksim, tetapi tidak mematuhi satu maksim (Tipe I); (ii) tuturan yang mematuhi dua maksim, tetapi tidak mematuhi dua maksim (Tipe II); (iii) tuturan yang mematuhi satu maksim, tetapi tidak mematuhi tiga maksim (Tipe III).


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24071/sin.v14i1.2283

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Marius Peng Mitang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Sintesis by https://e-journal.usd.ac.id/index.php/sintesis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Sintesis

View My Stats Sintesis