IMPLEMENTASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN MEDIA VLOG BERBASIS PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMK N 5 YOGYAKARTA

Pius Krisnadi(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter dengan media vlog berbasis Profil Pelajar Pancasila pada mata pelajaran Sejarah; (2) Hambatan dan solusi terkait Penguatan Pendidikan Karakter dengan media vlog berbasis Profil Pelajar Pancasila pada mata pelajaran Sejarah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode studi kasus. Informan dalam penelitian ini adalah satu guru sejarah dan sepuluh orang peserta didik kelas X SMK Negeri 5 Yogyakarta yang dipilih menggunakan metode purposive sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data interaktif dari Miles dan Huberman melalui proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian ini adalah (1) implementasi penguatan pendidikan karakter dengan media vlog berbasis Profil Pelajar Pancasila menekankan pada dinamika peserta didik selama membuat vlog di situs sejarah agar dapat memiliki karakter sesuai dengan elemen-elemen yang ada pada Profil Pelajar Pancasila. (2) implementasi penguatan pendidikan karakter dengan media vlog berbasis Profil Pelajar Pancasila mengalami beberapa hambatan yaitu: Perizinan dalam mengakses situs sejarah, sulitnya melakukan pembentukan kelompok, transportasi dan keuangan. Kemudian untuk mengatasi hambatan tersebut ada beberapa hal yang harus dilakukan seperti: Mempersiapkan opsi situs sejarah lain dan menggunakan tambahan sumber lain, meningkatkan kesadaraan diri peserta didik akan pentingnya kemampuan beradaptasi dalam dunia kerja, dan menggunakan bersama transportasi dengan kapasitas besar.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24071/hv.v4i1.7357

DOI (PDF): https://doi.org/10.24071/hv.v4i1.7357.g4132

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Collaborated with:
P3SI
 

e-ISSN: 2797-9415
p-ISSN: 2797-9776

ALAMAT REDAKSI

Program Studi Pendidikan Sejarah-FKIP, Universitas Sanata Dharma

Mrican, Tromol Pos 29, Yogyakarta 55002

Telepon (0274) 513301, 515352;
Fax. (0274) 562383

E-mail: hisvit-spps@usd.ac.id