PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN SEJARAH UNTUK PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMK BERBASIS KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA MATERI WABAH PENYAKIT DI INDONESIA TAHUN 1910-1936
(1) Sanata Dharma University
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui struktur atau draft modul pembelajaran sejarah pada materi wabah penyakit di Indonesia, dan (2) mengetahui produk final dan tanggapan guru terkait pengembangan modul pembelajaran sejarah berbasis Kurikulum Merdeka Belajar pada materi wabah penyakit Indonesia untuk peserta didik kelas XI di SMK. Penelitian dilakukan di kelas XI Animasi B SMK Negeri 5 Yogyakarta. Terdapat instrumen kuesioner untuk peserta didik yang digunakan sebagai teknik pengumpulan data. Data yang diperoleh dari kuesioner tersebut dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D). Dalam proses penelitian ini, peneliti mengembangkan modul pembelajaran dengan mengacu pada model desain pengembangan ADDIE dengan hanya menggunakan tiga tahapan yaitu Analysis, Design, dan Development. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran yang dibutuhkan oleh peserta didik adalah modul pembelajaran yang di dalamnya mencakup informasi-informasi penting terkait materi wabah penyakit yang pernah terjadi di Indonesia, dengan dikemas menggunakan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami, serta dengan penyajian yang menarik. Hasil validasi yang dilakukan oleh validator ahli menunjukkan bahwa produk modul pembelajaran sejarah pada aspek tampilan memperoleh nilai rata-rata 95% dan dinyatakan sangat valid, validitas aspek kebahasaan memperoleh nilai rata-rata 97,14% dan dinyatakan sangat valid. validitas aspek pembelajaran memperoleh nilai rata-rata 94,54% dan dinyatakan sangat valid, dan validitas pada aspek penyajian memperoleh nilai rata-rata 93,33% dan dinyatakan sangat valid.
Kata kunci: modul pembelajaran sejarah, kurikulum merdeka belajar, wabah penyakit di Indonesia.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24071/hv.v4i1.7297
DOI (PDF): https://doi.org/10.24071/hv.v4i1.7297.g4135
Refbacks
- There are currently no refbacks.