Peningkatan Kemampuan Berpikir Peserta Didik Tentang Hak Perempuan Melalui Pembelajaran Sejarah

Shintya Ayunityas(1*),

(1) UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
(*) Corresponding Author

Abstract


Dalam perbincangan sejarah selama ini, peran perempuan dalam perjalanan sejarah di Indonesia masihlah sedikit untuk diulas dalam pembelajaran di kelas. Sekiranya dalam historiografi, kurangnya pembahasan mengenai peran perempuan cukuplah menjadi sebuah perhatian dan perbincangan oleh para ahli sejarah. Karena secara faktanya, kedudukan yang diberikan kepada peran perempuan inilah membuat sebuah perbandingan yang ditunjukkan kepada kaum laki-laki yang kemudian terdapat pada sejarah Indonesia. Selain itu, pemberian hak yang sama antara laki- laki dan perempuan masih sulit untuk didapat dalam bidang pendidikan, sosial dan politik pada masa perjalanan Indonesia dahulu. Sehingga memunculkan adanya pemikiran –pemikiran yang tercetus dari tokoh  pahlawan wanita Indonesia, yang kemudian dapat dijadikan sebuah landasan dalam pendidikan. Dengan cara menyisipkan nilai-nilai keteladanan yang ditujukan kepada para peserta didik untuk mewujudkan suatu pemahaman yang kuat terhadap pembelajaran, terkhususnya dalam pembelajaran sejarah mengenai penegakkan hak perempuan melalui perjuangan para tokoh pahlawan wanita. Yang memiliki tujuan untuk meningkatkan daya berpikir kritis peserta didik terhadap pembahasan hak perempuan yang nantinya dapat dihubungkan dengan kehidupan saat ini.

Full Text:

PDF

References


Adelsa, S., Wahyuni, A., & Purnomo, B. (2021). MENANAMKAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI SEJARAH HIDUP MARIA WALANDA MARAMIS DALAM MEMPERJUANGKAN HAK PEREMPUAN DI INDONESIA. Al-Fikru: Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(1), 117-129.

Aeni, A. D., & Fachrurozi, M. H. (2022). Gerakan Emansipasi Perempuan dalam Bidang Pendidikan di Jawa Barat Pada Awal Abad Kedua Puluh. BIHARI: JURNAL PENDIDIKAN SEJARAH DAN ILMU SEJARAH, 5(1).

Ahmad, A., & Jinggan, N. (2017). Pengaruh kompetensi kemahiran guru dalam pengajaran terhadap pencapaian akademik pelajar dalam mata pelajaran Sejarah. JuKu: Jurnal Kurikulum & Pengajaran Asia Pasifik, 3(2), 1-11.

Aliyah, I. H., Komariah, S., & Chotim, E. R. (2018). Feminisme Indonesia dalam Lintasan Sejarah. TEMALI: Jurnal Pembangunan Sosial, 1(2), 140-153.

Anjani, K. T. (2019). Maria Walanda Maramis Sang Pelita Pendidikan Perempuan di Minahasa (1917-1924). Candrasangkala: Jurnal Pendidikan dan Sejarah, 5(2), 40-47.

Bangun, B. H. (2020). Hak Perempuan dan Kesetaraan Gender dalam Perspektif Filsafat Hukum. Pandecta Research Law Journal, 15(1), 74-82.

Hartutik, H. (2015). RA KARTINI: EMANSIPATOR INDONESIA AWAL ABAD 20. SEUNEUBOK LADA: Jurnal ilmu-ilmu Sejarah, Sosial, Budaya dan Kependidikan, 2(1), 86-96.

Heri, S. (2014). Seputar pembelajaran sejarah; isu, gagasan dan strategi pembelajaran.

Krisnalita, L. Y. (2018). Perempuan, Ham Dan Permasalahannya Di Indonesia. Binamulia Hukum, 7(1), 71-81.

Ma’mur, T. (2008). Upaya meningkatkan kualitas pembelajaran sejarah melalui Historical Thinking. Bandung: Jurusan Pendidikan Sejarah FPIP UPI.

Pramudawardhani, I., & Estiana, E. (2019). Perjuangan Dan Pemikiran Ra Kartini Tentang Pendidikan Perempuan. Keraton: Journal of History Education and Culture, 1(1).

Prantiasih, A. (2016). Hak Asasi Manusia Bagi Perempuan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 25(1).

Sirnayatin, T. A. (2017). Membangun Karakter Bangsa Melalui Pembelajaran Sejarah. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(3).

Sulaiman, S. (2012). Pendekatan konsep dalam pembelajaran sejarah. Jurnal Sejarah Lontar, 9(1), 9-21.

Suryani, N. A., & Hudaidah, H. (2021). PEMIKIRAN RA KARTINI UNTUK RELEVANSI PENDIDIKAN KHUSUSNYA PADA KAUM WANITA DI INDONESIA. Profetika: Jurnal Studi Islam, 22(1), 119-122.

Syamsuddin, Helius. 2007. Metodologi Sejarah. Yogyakarta: Penerbit Ombak.




DOI: https://doi.org/10.24071/hv.v4i1.6311

DOI (PDF): https://doi.org/10.24071/hv.v4i1.6311.g4133

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Collaborated with:
P3SI
 

e-ISSN: 2797-9415
p-ISSN: 2797-9776

ALAMAT REDAKSI

Program Studi Pendidikan Sejarah-FKIP, Universitas Sanata Dharma

Mrican, Tromol Pos 29, Yogyakarta 55002

Telepon (0274) 513301, 515352;
Fax. (0274) 562383

E-mail: hisvit-spps@usd.ac.id