Peran Pemikiran Organisasi Jong Islmaieten Bond Dalam Meningkatkan Semangat Nasionalisme di Kalangan Pelajar
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Bangkitnya kesadaran salah satu tokoh intelektual muslim pada saat itu mengenai pola pikir yang terbilang cukup berani dalam meresealisasikan gagasannya. Organisasi Jong Islamieten Bond atau biasa dikenal dengan JIB merupakan organisasi pemuda yang bernafaskan Islam yang muncul pada tahun 1925. Organisasi ini digagas oleh Syamsuridjal yang semula menjadi ketua Jong Java dan kemudian mengundurkan diri karena usulannya ditolak oleh mayoritas anggotanya. Ia kemudian mendirikan Jong Islamieten Bond dengan mengantongi dukungan dari tokoh-tokh intelektual Islam terdahulu yaitu H. Agus Salim, H.O.S. Tjokroaminoto, A.M. Sangaji, dan K.H. Achmad Dahlan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan organisasi Jong Islamieten Bond dalam kancah pergerakan nasional dan hubungannya dengan meningkatkan semangat nasionalisme di kalangan pelajar. Peneltian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode yang digunakan ialah studi pustaka.
Kata Kunci: Jong Islamieten Bond, Nasionalisme, Sejarah
Full Text:
PDFReferences
Daftar Pustaka:
Aeni, A. N. (2020). Peran Mr. Kasman Singodimedjo Dalam Jong Islamieten Bond (1930-1935).
Amalia, G., Auliadi, A., Rustini, T., & Arifin, M. H. (2022). Menumbuhkan Rasa Nasionalisme dan Patriotisme Pada Anak Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran IPS. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 108-113.
Aman. 2011. Model EvaluasiPembelajaranSejarah.Yogyakarta :Ombak
Astuti, A. D. P. (2010). Pergerakan nasional pemuda islam (studi tentang Jong Islamie Te n Bond 192 5-19 42).
Azima, N. S., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2021). Pengaruh Masuknya Budaya Asing Terhadap Nasionalisme Bangsa Indonesia di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7491-7496.
Batak, J., Jong, C., Bond, J. S., Bond, J. I., Hong, J. L. T. H., Siang, O. K., & Kwie, T. D. A. Sejarah Sumpah Pemuda. MODUL MATA KULIAH PENDIDIKAN GENERASI MUDA, 19.
Juliyati, E. D. (2021). Peranan Pembelajaran Sejarah Dalam Penanaman Nilai Karakter Nasionalisme.
Gunawan, R. PENGARUH PENDIDIKAN SEJARAH TERHADAP SIKAP NASIONALISME (Penelitian pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah UHAMKA).
Hanafie, H. Jong Islamieten Bond 1925-1942 Sebagai Gerakan Pemuda Islam Di Indonesia.
Handayani, S. A. (2019). Nasionalisme di Indonesia. Historia, 1(2), 154-170.
Harah, S. (2019). Peranan Pembelajaran Sejarah dalam Penanaman Nilai Karakter Religius dan Nasionalisme di MA NW Toya Lombok Timur. Jurnal Humanitas: Katalisator Perubahan dan Inovator Pendidikan, 6(1), 55-75.
Kusumawardani, A., & Faturochman, M. A. (2004). Nasionalisme. Buletin Psikologi, 12(2).
Masruri, S. (1991). Jong Islamieten Bond dan Cendekiawan Muslim di Indonesia. Unisia, (9), 46-55.
Momon Abdul Rahman, D. K. (2006). Jong Islamieten Bond: Pergerakan Pemuda Islam 1925-1942. Jakarta: Museum Sumpah Pemuda
Prayogi, P., Husnita, L., & Kaksim, K. (2021). Peran Guru Sejarah Dalam Menguatkan Nasionalisme Pada Peserta Didik Kelas Xi Ips Di Sman 2 Sungai Limau. Puteri Hijau: Jurnal Pendidikan Sejarah, 6(2), 84-92.
Sapriya. (2009). Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.Wahyudin. (2008). Pembelajaran dan Model-model Pembelajaran. Bandung: UPI.
Susanto, H. (2020). PEDAGOGI SEJARAH, NASIONALISME DAN KARAKTER BANGSA
Widiyono, S. (2019). Pengembangan nasionalisme generasi muda di Era Globalisasi. Populika, 7(1), 12-21.
Zein, N. R. (2022). PERKEMBANGAN GERAKAN NASIONALISME JONG ISLAMIETEN BOND DI HINDIA BELANDA (1925-1942 M) (Doctoral dissertation, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
Website:
Annur, C. M. (2022, Maret 23). Ada 204,7 Juta Pengguna Internet di Indonesia Awal 2022. Retrieved from databoks: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/23/ada-2047-juta-pengguna-internet-di-indonesia-awal-2022#:~:text=Indonesia%20merupakan%20salah%20satu%20negara,%2C03%25%20dibandingkan%20tahun%20sebelumnya
DOI: https://doi.org/10.24071/hv.v4i1.6305
DOI (PDF): https://doi.org/10.24071/hv.v4i1.6305.g4137
Refbacks
- There are currently no refbacks.