WORKSHOP PEMANFAATAN PODCAST BAGI MGMP SEJARAH KABUPATEN BOYOLALI

Ganda Febri Kurniawan(1*),

(1) Universitas Negeri Semarang
(*) Corresponding Author

Abstract


Artikel ini merupakan hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang diprakarsai oleh Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang bekerjasama dengan MGMP Sejarah Kabupaten Boyolali. Kegiatan ini dikemas dalam aktivias workshop. Kegiatan workshop dilaksanakan pada 16 Agustus 2022 dan diikuti oleh 20 peserta guru sejarah di Aula SMA N 2 Boyolali. Pendampingan kegiatan dilakukan secara luring dan daring. Antusiasme peserta menunjukan bahwa media podcast atau siniar dapat diterima sebagai media pembelajaran yang dapat digunakan untuk pengembangan minat dan kreativitas guru sejarah. Rekomendasi kegiatan ini yaitu perlunya guru menguasai teknologi podcast dan memanfaatkannya untuk menciptakan pembelajaran yang inovatif.

Full Text:

PDF

References


Carson, L., Hontvedt, M., & Lund, A. (2021). Student teacher podcasting: Agency and change. Learning, Culture and Social Interaction, 29, 100514.

FeHennig, N. (2017). Podcasts in context. Library Technology Reports, 53(2), 30-38.

Forbes, D., & Khoo, E. (2015). Voice over distance: A case of podcasting for learning in online teacher education. Distance Education, 36(3), 335-350.

Goldman, T. (2018). The impact of podcasts in education. Pop Culture Intersections, 29.

Hafizh, A., & Yefterson, R. B. (2019). Pengembangan media pembelajaran berbasis video menggunakan windows movie maker dalam pembelajaran sejarah. Jurnal Halaqah, 1(3), 224-245.

Horrocks, A. (2020). Podcasting public history: comparing Throughline and Backstory. The Public Historian, 42(4), 173-177.

Ibrahim, A. (2022). The Positive Impact of Using Podcasts in Education in El Baha University College of Science and Arts Elmikhwa Branch. International Journal of Educational Research Review, 7(4), 324-328.

Kidd, W. (2012). Utilising podcasts for learning and teaching: a review and ways forward for e-Learning cultures. Management in Education, 26(2), 52-57.

Kurniawan, G. F. (2020). Problematika pembelajaran sejarah dengan sistem daring. Diakronika, 20(2), 76-87.

Li, A., Wang, A., Nazari, Z., Chandar, P., & Carterette, B. (2020). Do podcasts and music compete with one another? Understanding users’ audio streaming habits. Proceedings of the web conference 2020,

Locker, M. (2018). Apple’s podcasts just topped 50 billion all-time downloads and streams. Fast Company, 25.

Marharjono, M. (2020). Manfaat Pembelajaran Sejarah Menggunakan Google Classroom pada Masa Pandemi COVID-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 56–63-56–63.

Mergendoller, J. R., & Thomas, J. W. (2005). Managing project based learning: Principles from the field. Retrieved June, 14, 2005.

Naidionova, A. V., & Ponomarenko, O. G. (2018). Use of podcasting technology to develop students’ listening skills. Інформаційні технології і засоби навчання(63,№ 1), 177-185.

Nokes-Malach, T. J., Richey, J. E., & Gadgil, S. (2015). When is it better to learn together? Insights from research on collaborative learning. Educational Psychology Review, 27(4), 645-656.

Qodir, A. (2017). Teori Belajar Humanistik Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 4(2).

Ratnawati, E. (2016). Karakteristik teori-teori belajar dalam proses pendidikan (perkembangan psikologis dan aplikasi). Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 4(2).

Reiman, R. (2021). Podcasting for Teaching and Research in History: A Case Study. Proceedings of International Conference on Humanities, Social and Education Sciences 2021,

Sumarsih, I., Marliyani, T., Hadiyansah, Y., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8248-8258.

Suryani, N. (2016). Pengembangan media pembelajaran sejarah berbasis it. Jurnal Sejarah dan Budaya, 10(2), 186-196.

Susanto, H., Irmawati, I., Akmal, H., & Abbas, E. W. (2021). Media Film Dokumenter dan Pengaruhnya Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 9(1), 65-78.

Susilawati, N. (2021). Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka Dalam Pandangan Filsafat Pendidikan Humanisme. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran, 2(3), 203-219.

Swan, K., & Hofer, M. (2011). In search of technological pedagogical content knowledge: Teachers’ initial foray into podcasting in economics. Journal of Research on Technology in Education, 44(1), 75-98.

Ültanir, E. (2012). An epistemological glance at the constructivist approach: Constructivist learning in Dewey, Piaget, and Montessori. International journal of instruction, 5(2).

Vandenberg, D. (2018). Using podcasts in your classroom. Metaphor(2), 54-55.

Wibowo, H. (2020). Pengantar Teori-teori belajar dan Model-model pembelajaran. Puri Cipta Media.




DOI: https://doi.org/10.24071/hv.v3i1.6151

DOI (PDF): https://doi.org/10.24071/hv.v3i1.6151.g3505

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Collaborated with:
P3SI
 

e-ISSN: 2797-9415
p-ISSN: 2797-9776

ALAMAT REDAKSI

Program Studi Pendidikan Sejarah-FKIP, Universitas Sanata Dharma

Mrican, Tromol Pos 29, Yogyakarta 55002

Telepon (0274) 513301, 515352;
Fax. (0274) 562383

E-mail: hisvit-spps@usd.ac.id