PENGEMBANGAN BUKU POP UP SEJARAH DALAM MATERI REVOLUSI AMERIKA UNTUK SISWA SMA KELAS XI IPS
(1) Universitas Sanata Dharma
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media buku pop up, untuk pembelajaran Sejarah dalam materi revolusi Amerika yang layak digunakan untuk siswa SMA kelas XI IPS. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan model Dick & Carey dengan langkah-langkah: (1) analisis kebutuhan dan tujuan, (2) analisis pembelajaran, (3) analisis pembelajar dan konteks, (4) merumuskan tujuan performansi, (5) mengembangkan instrumen, (6) mengembangkan strategi pembelajaran, (7) mengembangkan dan memilih bahan pembelajaran, (8) merancang dan melakukan evaluasi formatif, (9) melakukan revisi produk akhir. Tahap validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan ahli pendidikan karakter. Uji coba dilakukan dua tahap, yaitu uji coba perorangan terhadap dua orang guru sejarah dan kelompok kecil terhadap siswa kelas XI SMA Pangudi Luhur Yogyakarta. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Data dikumpulkan dengan teknik kuesioner dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media di sekolah SMA Pangudi Luhur Yogyakarta sudah baik, hanya saja masih monoton. Produk buku pop up sejarah yang dikembangkan layak digunakan untuk siswa SMA kelas XI IPS. Hal ini ditunjukkan dari hasil validasi ahli materi dan ahli media termasuk kriteria “sangat baik”, ahli pendidikan karakter termasuk kriteria “baik”, dan uji coba perorangan dari dua guru sejarah dan kelompok kecil termasuk kriteria “sangat baik”.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24071/hv.v2i2.5094
DOI (PDF): https://doi.org/10.24071/hv.v2i2.5094.g3021
Refbacks
- There are currently no refbacks.