IMPLEMENTASI COLLABORATIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA KOLESE DE BRITTO
(1) Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma
(2) Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma
(3) Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Agung,Leo. 2012. Sejarah Asia Timur 1. Yogyakarta: Penerbit Ombak
Baharudin dan Esa Nur Wahyuni. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Barkley, Elizabert K. Patricia Cross, dan Claire Howell Major. 2014. Collaborative Learning Techniques: Teknik-Teknik Pembelajaran Kolaboratif, Bandung: Nusa Media
Brian Garvey dan Mary Krug. 2015. Model- Model Pembelajaran Sejarah,Yogyakarta : Ombak
Dahar, Ratna Wilis. 2011, Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran, Jakarta : Erlangga.
Idrus, Muhammad. 2009. Metode Penelitian Ilmu Sosial Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta: Erlangga.
Kurniawan, Hendra.2018 Kajian Kurikulum dan Bahan Ajar Sejarah SMA Menurut Kurikulum 2013, Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.
Kurniawan, Hendra. 2018. Literasi dalam Pembelajaran Sejarah,Yogyakarta :Gava Media
Kurniawan, Hendra. 2020. Pembelajaran 4.0, Yogyakarta: Media Akademi
Marilyn & Lynne. 2010.Interaction Collaborative Skills for School Professionals.Boston : Pearson
Marjuki. 2020. 181 Model Pembelajaran Paikem Berbasis Pendekatan Saintifik, Bandung, PT Remaja Rosdakarya
Mulyasa. 2018. Implementasi Kurikulum 2013 Revisi. Jakarta Timur : PT Bumi Aksara
Numan, Somantri.2001. Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset
Nunan, David. 2003. Collaborative Languange and Teaching.Cambridge: University Press, 1992.
Nusa Putra. 2012. metode penelitian kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persana.
Sugandi, Achmad, dkk. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang:IKIP PRESS
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta
Sugiyono. Memahami penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta. 2014.hlm.52
Suparno, Paul . 1977. Filsafat Konstruktivisme Dalam Pendidikan, Yogyakarta, Kanisius
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2007. Metode Penelitian pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Supardi.2019.Sejarah Indonesia untuk SMA/MA Kelas X, Bogor: Quadra
Rosnawati, I Made Ratih. 2016. Sejarah Indonesia Untuk SMA/MA/SMK/MAK Kelas X, Sidoarjo: CV Media Prestasi
Tita Hariyanti. 2017. Keunggulan Metode Kolaboratif dan Kooperatif Dalam Pendidikan. Malang : PT UB Press
Qais Faryadi.2017.Pedoman Mengajar Efektif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Siswandi, H. J. Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi melalui Metode Diskusi Panel dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas). Jurnal Pendidikan Penabur. No.07/Th.V/Desember 2006.
Sumini Theresia, “ Peningkatan Kualitas Pembelajaran Sejarah Melalui Pembelajaran Kooperatif Teknik Jigsaw Pada Siswa Kelas X SMA Warga Surakarta”, Jurnal Penelitian. Volume 16, No. 2, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta Mei 2013, hlm. 155-156
Yayu Tresna Suci, “ Menelaah Teori Vygotsky dan Interdepensi Sosial Sebagai Landasan Teori dalam Pelaksanaan Pembelajaran” dalam seri Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran Vol.3, No.1, Universitas m Indonesia, Bandung, Oktober 2018, hlm 23
DOI: https://doi.org/10.24071/hv.v1i2.3812
DOI (PDF): https://doi.org/10.24071/hv.v1i2.3812.g2433
Refbacks
- There are currently no refbacks.