PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DIGITAL SEJARAH BERBASIS ARTICULATE STORYLINE PADA MATERI KONSEP BERPIKIR DALAM SEJARAH SISWA KELAS X SMK

Samuel Inrik Zona Pratama(1*), Y.R Subakti(2), Brigida Intan Printina(3),

(1) Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma
(2) Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma
(3) Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma
(*) Corresponding Author

Abstract


Tulisan ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar LKPD Sejarah Indonesia yang berbasis digital pada materi konsep berpikir dalam sejarah yang layak untuk siswa Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan. Tulisan ini disusun menggunakan penelitian dan pengembangan 4D (Four-D) oleh Thiagarajan dengan langkah-langkah: 1) Tahap Pendefinisian , 2) Tahap Perencanaan, 3) Tahap Pengembangan, 4) Tahap Penyebaran. Tahap validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media LKPD, dan ahli evaluasi pembelajaran. Pada validasi oleh ahli media LKPD dilakukan sebanyak dua tahap. Uji validitas praktisi guru dilakukan oleh dua orang guru sejarah SMK. Subyek uji coba pada penelitian dan pengembangan ini adalah siswa yang duduk di kelas X di SMK Putratama Bantul. Data dikumpulkan menggunakan metode kuesioner dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa produk LKPD Digital Sejarah pada materi konsep dasar sejarah untuk siswa kelas X SMK layak digunakan pada pembelajaran sejarah ditunjukkan dengan hasil validasi yang dilakukan oleh para ahli.

Full Text:

PDF

References


Abdul Majid. 2009. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kmpetensi Guru, Bandung: Remaja Rosdakarya,

Amirono dan Daryanto. 2016. Evaluasi dan Penilaian Pembelajaran Kurikulum 2013, Yogyakarta: Gava Media,

Andi Prastowo, 2014. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jakarta: Kencana,

Bambang Warsita, 2008. Teknologi Pembelajaran Landasan Dan Aplikasi, (Jakarta: Pt

Heri Susanto, 2014. Seputar Pembelajaran Sejarah Isu, Gagasan Dan Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

H.M. Burhan Bungin, 2001. Metodelogi Penelitian Kuantitati. Jakarta : Penerbit Grapindo,

Ratna Hapsari. 2013. Sejarah Indonesia Untuk SMK Kelas X. Jakarta: Erlangga.

Slameto, 2013. Belajar & Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi, Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: PT Alfabeta,

Triyanto.2007.Model–Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.24071/hv.v1i2.3811

DOI (PDF): https://doi.org/10.24071/hv.v1i2.3811.g2432

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Collaborated with:
P3SI
 

e-ISSN: 2797-9415
p-ISSN: 2797-9776

ALAMAT REDAKSI

Program Studi Pendidikan Sejarah-FKIP, Universitas Sanata Dharma

Mrican, Tromol Pos 29, Yogyakarta 55002

Telepon (0274) 513301, 515352;
Fax. (0274) 562383

E-mail: hisvit-spps@usd.ac.id