DETEKSI DINI KASUS ADHD MENGGUNAKAN METODE PLAY THERAPY EXERCISE DI POSYANDU BALITA CEMPAKA IV SUDIROPRAJAN
(1) Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas 'Aisyiyah Surakarta, Indonesia
(2) Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas 'Aisyiyah Surakarta, Indonesia
(3) Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas 'Aisyiyah Surakarta, Indonesia
(4) Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas 'Aisyiyah Surakarta, Indonesia
(5) Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas 'Aisyiyah Surakarta, Indonesia
(6) Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas 'Aisyiyah Surakarta, Indonesia
(7) Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas 'Aisyiyah Surakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Amel, A. K., Rahnamaei, H., & Hashemi, Z. (2023). Play therapy and storytelling intervention on children’s social skills with attention deficit‑hyperactivity disorder. Journal of Education and Health Promotion, 12(1), 317. https://doi.org/10.4103/jehp.jehp_1104_22.
Ardianto, T., & Kurniasari, L. (2019). Hubungan tingkat pengetahuan dan status pekerjaan ibu dengan deteksi dini ADHD pada Anak Usia 5-7 tahun studi di PUSKESMAS Air Putih Samarinda. Borneo Student Research , 1(1), 254-259. https://journals.umkt.ac.id/index.php/bsr/article/view/426.
Dahlan, U. A., Nabila, S., Rahmani, M., Kusumawicitra, T., & Karyani, U. (2022). Studi Kasus Anak dengan Gangguan ADHD (Attention Dificit Hyperactivity Disorder) yang Sedang Menjalani Terapi di Pusat Layanan Disabilitas. Seminar Nasional Psikologi, 2(2). https://seminar.uad.ac.id/index.php/SNFP/article/view/9618/2208.
Naufal, A. F., Safitri, E. F., Nurulinsani, A., Susilo, T. E., Darojati, H. P. I., Pristianto, A., & Awanis, A. (2023). Hubungan durasi penggunaan gadget terhadap gejala attention deficit hyperactivity disorder (ADHD). FISIO MU: Physiotherapy Evidences, 4(2), 152–160. https://doi.org/10.23917/fisiomu.v4i2.22133.
Putri, P. I., & Widiastuti, A. A. (2019). Meningkatkan konsentrasi anak attention deficit hyperactivity disorder (ADHD) dengan pendekatan reinforcement melalui metode bermain Bunchems. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 207. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.177.
Setiawan, H., Atmojo, W. T., Rutmalem, S. (2020). The Effectiveness of Play Therapy to Emotion, Behavior and Social on Adolescent Client in Mental Hospital. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 3(3), 349–356. https://journal.ppnijateng.org/index.php/jikj/article/view/601.
Sudana, N. M. C. D., & Adiputra, I. M. S. (2023). Gambaran pengetahuan dan sikap keluarga tentang attention deficit hyperactivity disorder (ADHD) pada anak. Jurnal Akademika Baiturrahim Jambi, 12(1), 63.
Yanti, B., Heriansyah, T., & Riyan, M. (2022). Penyuluhan dengan media audio visual dan metode ceramah dapat meningkatkan pencegahan tuberkulosis. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 18(3), 171-179.
DOI: https://doi.org/10.24071/aa.v7i2.9012
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed and abstracted in:
e-ISSN: 2620-5513; p-ISSN: 2620-5505
Altruis Sertifikat Sinta 5 (S5 = Level 5)
Bersama ini kami informasikan bahwa Abdimas Altruis: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terakreditasi nasional Sinta 5 oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia berdasarkan surat keputusan No.Surat Keputusan 0547/E5 /DT.05.00/2024. Masa berlaku 5 tahun : Vol 4 No 1 Tahun 2021 s/d Vol 8 No 2 Tahun 2025.
This work is licensed under CC BY-SA.
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Abdimas Altruis: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diterbitkan dua kali setahun, yakni pada April dan Oktober, oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta, Indonesia.