PENGGUNAAN APLIKASI CANVA SEBAGAI DESAIN KONTEN PROMOSI BAGI PELAKU UMKM
(1) IST AKPRIND
(2) IST AKPRIND
(3) IST AKPRIND
(*) Corresponding Author
Abstract
Micro, small, and medium enterprises (MSMEs) need effective marketing strategies to increase product visibility and sales. One way to promote products is by using digital media, such as social media and websites. The problem that exists in MSME actors is that not all MSME actors have adequate graphic design skills. In efforts to overcome this, MSME actors can use applications that can be used to create content design easily and the results are good. One application that can be used is Canva. One of the activities to improve MSME actors is training on the importance of promotion on social media. This effort was made by MSME players who are members of the Banyuwangi Family Association in Yogyakarta (IKAWANGI) to organize training to improve promotion through social media and create promotional content. The implementation method is carried out by training methods and direct assistance to MSME actors. Assistance includes providing directions for creating content using the Canva application. In the context of MSMEs, the use of Canva can help businesses create promotional content such as brochures, posters, invitations, business cards, and so on. With Canva, MSME players can increase their digital presence and increase product sales.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adi, M. S. (2020). Membuat desain cantik dengan mudah & cepat menggunakan Canva. Jakarta: Marsudi Suwarna Adi.
Anugrah, R. J. (2020). Efektifitas penerapan strategi online marketing oleh UMKM dalam masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) Corona viruses disease 2019 (COVID-19). MANOVA, 2(2), 55–65. http://dx.doi.org/10.15642/manova.v3i2.302
Arifin, A. N., Ismail, I., Daud, F., & Azis, A. (2021). Pelatihan aplikasi Canva sebagai strategi untuk meningkatkan technological knowledge guru sekolah menengah di kabupaten Gowa. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat 2021 “Penguatan Riset, Inovasi Dan Kreatifitas Penelitian Di Era Pandemi Covid-19, 5, 468–472. https://ojs.unm.ac.id/semnaslpm/article/view/25748
Farida, I., Aryanto, A., Hanum, N., Ardi, N., & Mutoati, S. (2022). Digital marketing sebagai strategi meningkatkan konsumen UMKM di Kota Tegal. Jurnal Abdimas PHB, 5(3), 472–477. https://doi.org/10.30591/japhb.v5i3.3752
Hasan, H., Amaliah, A., Mada, N. D. F., Normanita, N., Liana, N., Nurmaliana, & Safitri, R. (2023). Pelatihan membuat media promosi sederhana dengan aplikasi Canva bagi pengrajin di Tabalong Mati. Al-Khidma, 3(1), 14–20. http://dx.doi.org/10.35931/ak.v3i1.1527
Hendrawan, A., Sucahyowati, H., Cahyandi, K., Indriyani, & Rayendra, A. (2019). Pengaruh marketing digital terhadap kinerja penjualan produk UMKM Asti Gauri di Kecamatan Bantasari Cilacap. Jurnal Administrasi Dan Kesekretarisan, 4(1), 53–60.
Hidayat, M., Suhardi, S., Muhamad, M., Murtikusuma, M., & Pratama, R. (2023). Mahir menggunakan Canva bagi pemula. Lombok Tengah: Penerbit P4I.
Intan, T., Revia, B., & Erwita, A. (2019). Peningkatan daya saing produsen minuman herbal melalui pembuatan konten kreatif media sosial berbasis pemasaran e-marketing. Jurnal Komunikasi Profesional, 3(2), 68-78. https://doi.org/10.25139/jkp.v3i2.1982
Jamiati, K. N., Murdiana, V. A., Annisa, K., & ... (2022). Membangun bisnis online melalui pelatihan Whatsapp marketing pada UMKM pelaku bisnis kopi Gayo Lues, Aceh. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1-6.
Khair, T., & Ma’ruf, M. (2020). Pengaruh strategi komunikasi media sosial Instagram terhadap brand equity, brand attitude, dan purchase intention. Jurnal Manajemen Komunikasi, 4(2), 1-18. https://doi.org/10.24198/jmk.v4i2.25948
Larasati, G., & Roidah, I. S. (2023). Penggunaan aplikasi Canva untuk pembuatan konten gambar sebagai upaya promosi produk umkm di media sosial. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 17–23.
Larasati, P. K. P., Kartika, K. D., Rahayu, A. S., Khairunisa, P., & Julianto, I. N. L. (2021). Efektivitas content creator dalam strategi promosi di era digital. SANDI: Seminar Nasional Desain, 1, 1–8. http://eproceeding.isi-dps.ac.id/index.php/sandi-dkv/article/view/102
Mandasari, D.J., Widodo, J., & Djaja, S. (2019). Strategi pemasaran usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) batik magenda tamanan Kabupaten Bondowoso. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 13(1), 123-128. https://doi.org/10.19184/jpe.v13i1.10432
Maharani, A., Ardiansah, I., & Pujianto, T. (2019). Efektivitas penggunaan Instagram melalui dua tahap analisis pada Zanana dan Oifyoo. Jurnal Rekayasa Sistem Industri, 8(1), 47–54. https://doi.org/10.26593/jrsi.v8i1.3216.47-54
Naimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebrianto, A. (2020). Penerapan digital marketing sebagai strategi pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 39-50. https://doi.org/10.31961/impact.v2i2.844
Pinem, D., Pusporini, & Masnuna. (2021). Digitalisasi manajemen pada usaha kecil dan menengah (UMKM) di Depok Jawa Barat. Jurnal IKRAITH-Abdimas, 5(1), 172–183.
Pratiwi, S. P. U. (2021). Mudah belajar desain grafis dengan aplikasi Canva. Bantul: DIVA PRESS.
Rusyada, G. N., Rabiatul, B., Kartika, A., Pranasa, R. K., Switrayana, I. N., & Mulaarman, L. (2023). Pelatihan pembuatan label usaha untuk meningkatkan pemasaran UMKM di Kabupaten Lombok Utara. JILPI: Jurnal Ilmiah Pengabdian dan Inovasi 2023, 1(3), 415–424.
Sholeh, M., & Pranoto, A. (2023). Pemanfaatan digital marketing bagi para pelaku UMKM di Kecamatan Sedayu Bantul sebagai upaya untuk mempromosikan produk. Jurnal Budimas, 05(01), 1–9.
Sholeh, M., Rachmawati, R. Y., & Susanti, E. (2020). Penggunaan aplikasi Canva untuk membuat konten gambar pada media sosial sebagai upaya mempromosikan hasil produk UKM. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 430-436. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.2983
Sugianta, I. K. A., Reganata, G. P., Yuda, I. N. A., & Dillon, R. (2022). Pelatihan digital marketing menggunakan aplikasi Whatsapp Blast untuk peningkatan kapasitas usaha UMKM di Kota Denpasar. JURNAL ABDI INSANI, 9(September), 859–867.
Syarif, S., Birgantoro, B. A., Hermawan, A., Gani, M. A., Sugiyanto, S., & Maddinsyah, A. (2022). Optimalisasi pemasaran usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) makanan dengan pemanfaatan Whatsapp. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 2(1), 54–66. https://doi.org/10.51805/jpmm.v2i1.56
Wijayanti, L., Sukwadi, R., Prasetya, W., & Azels, W. A. (2022). Pelatihan membuat desain iklan digital menggunakan aplikasi Canva bagi UMKM binaan ASPPUK. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 5(1), 117–125. https://doi.org/10.24912/jbmi.v5i2.18245
Yunita, D., Widad, A., Diah, Y. M., & Farla, W. (2021). Pembuatan content marketing sebagai strategi menumbuhkan brand awareness bagi pelaku usaha di era pandemi Covid-19. Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, 2(2), 89–96. https://doi.org/10.29259/jscs.v2i2.38.
DOI: https://doi.org/10.24071/aa.v6i2.6667
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed and abstracted in:
e-ISSN: 2620-5513; p-ISSN: 2620-5505
Altruis Sertifikat Sinta 5 (S5 = Level 5)
Bersama ini kami informasikan bahwa Abdimas Altruis: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terakreditasi nasional Sinta 5 oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia berdasarkan surat keputusan No.Surat Keputusan 0547/E5 /DT.05.00/2024. Masa berlaku 5 tahun : Vol 4 No 1 Tahun 2021 s/d Vol 8 No 2 Tahun 2025.
This work is licensed under CC BY-SA.
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Abdimas Altruis: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diterbitkan dua kali setahun, yakni pada April dan Oktober, oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta, Indonesia.