MELAYANI TUHAN DENGAN MEDIA BARU PELATIHAN PEMBUATAN KONTEN ONLINE GEREJA

Maria Yuliastuti(1), Yuli Nugraheni(2*), Akhsaniyah Akhsaniyah(3),

(1) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
(2) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
(3) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Masa pandemi menjadi tantangan bagi semua pihak, termasuk Gereja yang memiliki peran penting di masyarakat. Fakultas Ilmu Komunikasi (FIKOM) Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) secara nyata hadir di lingkungan masyarakat, salah satunya adalah Gereja. Paroki Gembala Yang Baik (GYB) Surabaya saat ini berusaha memaksimalkan pelayanan yang dapat dilakukan di masa pandemi ini. Mulai dari live streaming sakramen ekaristi, hingga dibuatnya akun media sosial berupa Facebook (FB) dan Instagram (IG) untuk dapat membangun komunikasi yang baik antara Paroki dan umat. Namun seiring berjalannya waktu, bentuk pelayanan yang harusnya dapat dimaksimalkan pada dua bagian yaitu pelayanan Sakramen ataupun pelayanan Non Sakramental-Sakramentalia ternyata pada realisasinya belum dapat dilakukan. Kendala yang ditemui oleh pihak Paroki GYB ada pada pengelolaan konten media online itu sendiri. Dimana setelah website ataupun media sosial FB dan IG dibuat ternyata kontennya yang masih sangat terbatas hanya seputar Sakramen Ekaristi. Bidang Komunikasi Sosial (KOMSOS) bersama Tim Broadcasting sebagai pengelola dari Paroki GYB memiliki keterbatasan pengetahuan, sehingga belum dapat memaksimalkan media online yang ada. Masalah utama inilah yang mendasari dilaksanakannya Program Pengabdian Masyarakat (Abdimas). FIKOM yang memiliki keilmuan dalam pengelolaan media, salah satunya adalah media online dirasa dapat membantu untuk memberikan ketrampilan praktis tentang pengelolaan media sosial gereja. Metode pelaksanaannya melalui serangkaian  pelatihan dan pendampingan pada pihak Paroki GYB dalam mengelola konten media sosial yang selama ini belum maksimal. Pelatihan ataupun pendampingan ini fokus pada kebutuhan Paroki GYB pada dua bagian pelayanan, baik pelayanan Sakramen ataupun pelayanan Non Sakramental-Sakramentalia. Tujuan akhir dilaksanakannya program ini diharapkan pihak Paroki GYB dapat secara mandiri melakukan pengelolaan konten media online yang mereka miliki, sehingga komunikasi antara Paroki GYB dan umat akan semakin maksimal. Hasil akhir dari kegiatan abdimas ini anggota Komsos paroki terampil memproduksi konten di media social paroki dengan ketrampilan teknis fotografi, videografi dan editing.

 


Keywords


Kata Kunci: konten, media, online, gereja

Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Dako, Brand & Communication. (2021). Creative Content, Strategi Menonjolkan Diri di Era Digital. Diakses dari https://dakobc.com/2019/03/14/creative-content-strategi-menonjolkan-diri-di-era-digital/ . Diakses Tanggal 1 Agustus 2021, Pukul 16.00 WIB.

Gani, Rita, dan Kusumalestari, Ratri R. (2014). Jurnalistik Foto: Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Kaha SVD, RP. Gregorius. 2019. Pedoman Pelayanan Umat Paroki Gembala Yang Baik. Surabaya: Dewan Pastoral Paroki.

Kotler P & Keller KL. (2012). Marketing Management. Edisi 4. Pearson Education Inc

Nasrullah, R. (2018). Media sosial: Perspektif komunikasi, budaya, dan sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Nugraheni, Y., Anastasia, Y.W. (2017). Sosial Media Habit Remaja Surabaya. Jurnal Komunikatif , 6(1), 13-30

Prasetyo, A. (2012). Melukis Dengan Cahaya - Belajar Teknik Fotografi (1st ed.). Bengkel Sinema Indonesia

Putroadi, Raharjo Alexis, Catharina Nesti, Ali Keke, dan Bertha Santi. 2007. Dua Puluh Lima Tahun Paroki Gembala Yang Baik. Surabaya: Satrio Agung.

Semedhi, Bambang. (2011). Sinematografi-videografi: Suatu Pengantar. Bogor: Ghalia Indonesia.

Spencer, D.A. (1973). The Focal Dictionary of Photographic Technologies. Michigan: Prentice-Hall.

Stasik, Sarah. (2021). What is A Content Creator?. Diakses dari https://www.stateofdigitalpublishing.com/content-strategy/what-is-a-content-creator/. Pada tanggal 17 Agustus 2021, Pukul 20.00 WIB

Wibawa, S. (2020). Fotografi dan Videografi (pp. 6-9). Surabaya: Book of Digital Literacy Series.

Wibawa, S. (2020). Fotografi dan Videografi. Surabaya: Book of Digital Literacy Series.




DOI: https://doi.org/10.24071/aa.v5i1.3817

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

Indexed and abstracted in:

      

 

e-ISSN: 2620-5513; p-ISSN: 2620-5505

Altruis Sertifikat Sinta 5 (S5 = Level 5)

Bersama ini kami informasikan bahwa Abdimas Altruis: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terakreditasi nasional Sinta 5 oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia berdasarkan surat keputusan No.Surat Keputusan 0547/E5 /DT.05.00/2024. Masa berlaku 5 tahun : Vol 4 No 1 Tahun 2021 s/d Vol 8 No 2 Tahun 2025.


Abdimas Altruis: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diterbitkan dua kali setahun, yakni pada April dan Oktober, oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta, Indonesia.