PEMBELAJARAN SASTRA BERBASIS TEKS: PELUANG DAN TANTANGAN KURIKULUM 2013

Yoseph Yapi Taum

Abstract


Pembelajaran sastra dalam kurikulum 2013 merupakan bagian dari pembelajaran bahasa. Pembelajaran Bahasa, sebagaimana pembelajaran mata pelajaran lainnya dicanangkan sebagai pembelajaran berbasis teks. Teks merupakan ungkapan pikiran manusia yang lengkap yang di dalamnya memiliki situasi, tujuan, dan konteks. Melalui pembelajaran berbasis teks yang diterapkan dalam Kurikulum 2013, siswa dibiasakan membaca dan memahami teks serta meringkas dan menyajikan ulang dengan bahasa sendiri. Siswa dibiasakan pula menyusun teks yang sistematis, logis, dan efektif melalui latihan-latihan penyusunan teks. Untuk itu, siswa dikenalkan dengan aturanaturan teks yang sesuai sehingga tidak rancu dalam proses penyusunan teks (sesuai dengan konteks). Metode pembelajaran semua mata pelajaran menurut Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan saintifik. Pendekatan pembelajaran saintifik merupakan salah satu pendekatan pembelajaran yang menekankan pentingnya penggunaan proses berfikir ilmiah (menalar) sesuai dengan tingkat perkembangan anak.3 Selain memiliki keunggulan, pendekatan ini memiliki keterbatasan, terutama jika diaplikasikan secara mekanistik dalam pembelajaran sastra. Makalah ini membahas peluang dan tantangan pembelajaran sastra berbasis teks, sebagaimana dimaksud oleh Kurikulum 2013.
Kata kunci: kurikulum 2013, pendekatan saintifik, pendekatan humanistik.


Full Text:

PDF

References


Akhadiah, Sabarti. 1986. Modul Menulis 1. Jakarta: Departemen pendidikan dan kebudayaan Universitas Terbuka.

Aminuddin. 1995. Stilistika Pengantar Memahami Bahasa dalam Karya Sastra. Semarang: IKIP Semarang Press.

Arief, Ermawati. 2006. Retorika Lisan Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia FBSS UNP Tahun Akademik 2005. (Tesis) Tidak diterbitkan. Padang: PPS UNP.

Bentley, K. (2008). Highland Literacy Project: Genres of Writing. www.hvlc.org.uk/hlp/docs/writing/Genres% 20of% 20 Writing.doc (diakses: 08-09-2013; pukul:04: 55).

Damono, Sapardi Djoko. 2007. Sastra di Sekolah dalam Susastra 5: Jurnal Ilmu Sastra dan Budaya. Himpunan Sarjana-Kesusastraan Indonesia.

Dyers J. H. . The Innovators DNA: Mastering the Five Skills of Disruptive.

Gie, The Liang. 2002. Terampil Mengarang. Yogyakarta: Andi.

Ismail, Taufik. 2003. Agar Anak Bangsa Tak Rabun Membaca tak Pincang Mengarang. (Pidato Penganugerahan Gelar Kehormatan Doctor Honoris Causa di Bidang Pendidikan Sastra). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Mahsun. 2013. Pembelajaran Teks dalam Murikulum 2013. dalam Media Indonesia 16 April.

Marahimin, Ismain. 2005. Menulis Secara Populer. Jakarta: PT Dunia Pustaka Jaya.

Sayuti, Suminto A. 2000. Berkenalan dengan Prosa Fiksi. Yogyakarta. Gama Media.

Fairclough, Norman. 1995. Media Discourse: Voices. London: Edward Arnold.

Knaus, Marianne, 2014. Journal of Early Childhood Research, October 2015; vol. 13, 3: pp. 221-235., first published. on August 4, 2014)

Kemendikbud. 2013a. Kurikulum 2013 Kompetensi Dasar Sekolah Dasar (SD)//Madrasah Ibtidaiyah (MI). Jakarta.

. 2013b. Kurikulum 2013 Kompetensi Dasar Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs). Jakarta.

. 2013c. Kurikulum 2013 Kompetensi Dasar Sekolah Menengah Atas (SMA)/Madrasah Aliyah (MA). Jakarta.

. 2013d. Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 SMA/MA dan SMK/MAK Bahasa Indonesia.

Soemardjo, Jakob, 2007. Catatan Kecil tentang Menulis Cerpen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wahyudi, Ibnu. 2007. Menyiasati Kurikulum dan Pelajaran Sastra Indonesia di Sekolah: Kiat untuk Mafhum dan Berbenah dalam Susastra 5: Jurnal Ilmu Sastra dan Budaya. Himpunan Sarjana-Kesusastraan Indonesia.

Wasono, Sunu. 2007. KTSP dan Materi Sastra: Beberapa Catatan dalam Susastra 5: Jurnal Ilmu Sastra dan Budaya. Himpunan Sarjana-Kesusastraan Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.24071/sin.v11i1.928

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Yoseph Yapi Taum

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Sintesis by https://e-journal.usd.ac.id/index.php/sintesis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Sintesis

View My Stats Sintesis