PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS TEKS

Praptomo Baryadi Isodarus

Abstract


Tulisan ini membahas perihal pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks yang merupakan salah satu pendekatan yang diterapkan pada pembelajaran bahasa Indonesia menurut Kurikulum 2013. Ada dua hal yang dibahas dalam tulisan ini. Hal pertama berkenaan dengan kegiatan apa saja yang dilakukan oleh peserta didik dalam belajar berbahasa Indonesia yang berbasis teks. Hal kedua bersangkutan dengan bekal pengetahuan apa saja yang berkaitan dengan teks yang harus dimiliki guru agar dapat melaksanakan kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks.
Kata kunci: pembelajaran bahasa, bahasa Indonesia, Kurikulum 2013, berbasis teks

Full Text:

PDF

References


Baryadi, I. Praptomo. 1990. Teori Kohesi M.A.K. Halliday dan Ruqaiya Hasan dan Penerapannya untuk Analisis Wacana Bahasa Indonesia. Dalam Jurnal Gatra: Ke Arah Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Nomor 10/11/12. Tahun IX 1990. Halaman 39-50.

. 2002. Dasar-dasar Analisis Wacana dalam Ilmu Bahasa. Yogyakarta: Penerbit Gondosuli.

. 2011. Morfologi dalam Ilmu Bahasa. Yogayakarta: Penerbit Universitas Sanata Dharma.

Kridalaksana, Harimurti. 1986. Kelas Kata dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: Penerbit PT Gramedia.

Harsiati, Titik. 2016a. Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

. 2016b. Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2013. Buku Guru Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

. 2016a. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun 2016 Sekolah Menengah Pertama Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementearian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

. 2016b. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Ramlan, M. 1993. Paragraf: Alur Pikiran dan Kepaduannya dalam Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.24071/sin.v11i1.927

Article Metrics

Abstract view : 33648 times
PDF view: 22032 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Praptomo Baryadi Isodarus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Sintesis by https://e-journal.usd.ac.id/index.php/sintesis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Sintesis

View My Stats Sintesis