KETIDAKSANTUNAN UJARAN KEBENCIAN DALAM AKUN GOSIP DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER DI SMA

Indri Nurul Hidayah, Burhan Eko Purwanto, Syamsul Anwar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk ketidaksantunan ujaran kebencian dalam media sosial instagram yang dibagi menjadi 2 yaitu Ketidaksantunan Positif dan Ketidaksantunan Negatif, serta implikasinya terhadap pendidikan karakter di SMA. Dalam media sosial terutama di instagram banyak menemukan ketidaksantunan dalam berkomentar hal ini dapat mempengaruhi pembaca terutama pada remaja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu dengan tipe deskriptif yang artinya menggambarkan permasalahan yang ada di dalam media sosial instagram berupa kata-kata dan kalimat yang biasa digunakan oleh pengguna instagram. Sumber data berasal dari akun gosip instagram berupa status dan kolom komentar yang wujud datanya adalah ketidaksantunan ujaran kebencian dalam berkomentar di instagram. Identifikasi data dalam penelitian ini berupa bentuk strategi ketidaksantunan ujaran kebencian yang akan dibagi menjadi 2 yaitu ketidaksantunan positif dan ketidaksantunan negatif. Teknik pengumpulan data hasilnya berupa screenshoot dari akun gosip instagram dengan menggunakan metode simak dan teknik catat. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode padan pragmatis yaitu metode yang alat penentunya lawan atau mitra tutur.


Keywords


Ketidaksantunan, Ujaran Kebencian, Instagram

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24071/sin.v14i2.2767

Article Metrics

Abstract view : 2073 times
PDF view: 2927 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Indri Nurul Hidayah, Burhan Eko Purwanto, Syamsul Anwar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Sintesis by https://e-journal.usd.ac.id/index.php/sintesis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Sintesis

View My Stats Sintesis