MENCARI PARAMETER PRILAKU KETERPILAHAN DALAM BAHASA INDONESIA

F.X. Sawardi

Abstract


Artikel ini mendiskusikan parameter untuk menentukan perilaku keterpilahan dalam konsep tipologi akusatif ergatif. Parameter yang diangkat dalam penelitian ini adalah nominalisasi argumen agen dengan prefiks peN- . Dengan parameter tersebut verba bahasa Indonesia dapat dikelompokkan menjadi dua yaitu verba intransitif yang argumen dapat dinominalkan dengan peN- (yaitu argumen yang mirip agen) dan argumen verba intransitif yang tidak dapat dinominalkan dengan afiks peN- (argumen yang mirip pasien). Dengan sudut pandang seperti itu, parameter keterpilahan dalam bahasa Indonesia dapat ditentukan, dan perilaku keterpilahan bahasa Indonesia dapat dijelaskan.
KATA KUNCI tipologi, keterpilahan, akusatif, ergatif


Full Text:

PDF

References


Arka, I.W. 2000a. Beberapa Aspek Intransitif Terbelah pada Bahasa-Bahasa Nusantara dalam Purwo, B.K. (ed.).2000. Kajian Serba Linguistik. Jakarta: Universitas Katolik Atma Jaya.

Arka, I.W. 2000b. On Theoretical and Typological Aspects of Termhood in (Eastern) Indonesian Languages. Denpasar: Laporan Penelitian Projek Urge Tahun I

Arka, I.W. l998. From Morphhosyntax to Pragmatic in Balinese: A lexical-Funtional Approach. Disertasi untuk University of Sydney

Artawa, I.K..l997. Keergativan Sintaksis dalam bahasa: Bahasa Bali, Sasak, dan Indonesia dalam Purwo, B.K. (ed.). PELLBA 10. Yogyakarta: Kanisius (hal. 108-154).

Artawa, I.K. l995. Semantik, Teori Sintaksis, dan Tipologi Bahasa Linguistika Tahun II Edisi Ketiga. Denpasar: Program Magister (S2) Linguistik Universitas Udayana.

Dixon, R.M.W. l994. Ergativity. Cambridge. Cambridge University Press.

Djunaidi, A. 2000. Tipologi Bahasa Aktif. Makalah Pelbba 14. Jakarta: Pusat Kajian Bahasa dan Budaya Unika Atma Jaya

Hanafi, N. 1999. Keintransitifan Belah Dua dalam Bahasa Sunda Makalah Kongres Linguistik IX. Jakarta: MLI.

Manning, C.D.. l996. Ergativity: Argument Structure and Gramatical Function. Stanford: CLSI

Moeliono, A.M. (eds.). 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Prasojo & Sawardi, F.X. 2004. Keterpilahan Subjek (Split-S) dalam Bahasa Jawa Laporan Penelitian Dosen Muda. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Sawardi, F.X. & Padmaningsih, Dyah. 2008. (dalam proses). Perilaku Keterpilahan dalam Bahasa Indonesia. Laporan Penelitian DIPA. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Sawardi, F.X. 2007. Subjek Alir (Fluid-S) dalam Bahasa Jawa Makalah KOLITA V. Jakarta: Universitas Katolik Atma Jaya.

Sawardi, F.X. 2002. Keterpilahan (Split-S) Morfologi bahasa Jawa: Suatu Tinjauan Tipologi Morfologi dalam Linguistik Indonesia Tahun 20, Nomor 1. Jakarta: Masyarakat Linguistik Indonesia

Sawardi, F.X. & Syukri, Hanifullah. 2007. Perbandingan Ergativitas Bahasa Indonesia dan Bahasa Jawa(laporan Penelitian). Surakakrta: Fakultas Sastra dan Seni Rupa Universitas Sebelas Maret.




DOI: https://doi.org/10.24071/sin.v6i2.2707

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 F.X. Sawardi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Sintesis by https://e-journal.usd.ac.id/index.php/sintesis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Sintesis

View My Stats Sintesis