PERBANDINGAN VARIASI BAHASA JAWA DI KECAMATAN TANJUNG BREBES DENGAN KECAMATAN LOSARI KABUPATEN CIREBON

Raden Yusuf Sidiq Budiawan, Faidatun Mujawanah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbandingan variasi bahasa Jawa di Kecamatan Tanjung Kabupaten Brebes dengan Kecamatan Losari Kabupaten Cirebon. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diterapkan dengan cara wawancara kepada informan yang memenuhi syarat. Data yang sudah terkumpul dan dikelompokkan sesuai dengan tipe-tipenya, kemudian disajikan dengan deskripsi narasi disertai tabel perbandingan
variasi bahasa Jawa di Kecamatan Tanjung Kabupaten Brebes dengan Kecamatan Losari Kabupaten Cirebon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 12 variasi fonologis, 1 variasi morfologis, dan
11 variasi leksikal bahasa Jawa di Kecamatan Tanjung, Kabupaten Brebes, serta 7 variasi fonologis, 1 variasi morfologis, dan 19 variasi leksikal di Kecamatan Losari, Kabupaten Cirebon. Hasil analisis data juga menunjukkan adanya 4 persamaan variasi fonologis dari kedua daerah tersebut, yaitu /n/ menjadi /?/, /i/ menjadi /I/, /u/ menjadi /U/, dan penambahan glotal /?/. Variasi leksikal cenderung lebih banyak terjadi di Kecamatan Losari Kabupaten Cirebon, sedangkan variasi fonologis cenderung lebih banyak terjadi di Kecamatan Tanjung Kabupaten Brebes. Di sisi lain, variasi morfologis di kedua daerah tersebut ada, tetapi tidak terlalu signifikan.

Keywords


bahasa Jawa,

Full Text:

PDF

References


Junawaroh, Siti dan Ashari Hidayat. 2013. Leksikon Bahasa Jawa dalam Bahasa Sunda di Kabupaten Brebes. Jurnal

Adabiyyat, Vol. XII, No.1, halaman 102115.

Mardikantoro, Hari Bhakti. Pergeseran Bahasa Jawa Dalam Ranah Keluarga Pada Masyarakat Multibahasa di

Kabupaten Brebes. Jurnal Humaniora, Vol.19, No.1, halaman 4351.

Nadra dan Reniwati. 2009. Dialektologi Teori dan Metode. Padang: Elmatera Publishing.

Nur, Abdul Jawat, dkk. 2015. Bahasa Jawa di Wilayah Kabupaten Brebes. Jurnal Humaniora, Vol. XVII, No.1, Halaman 115128.

Sudaryat, Yayat. 2009. Bahasa Daerah Di Wilayah Cirebon (Satu Kajian Sosiolinguistik dan Dialektologi). Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia di Tengah Arus Global, halaman 4454. Jurdiksastrasia FPBS Universitas

Pendidikan Indonesia.

Waridah. 2015. Penggunaan Bahasa dan Variasi Bahasa dalam Berbahasa dan Berbudaya??. Jurnal Simbolika, Vol. 1, No.1, halaman 8492.

William. 2019. Mengenal Daialek Bahasa Cirebon. Diakses pada tanggal 1 Juni 2019 Pukul 14.30 WIB, diakses dari

laman https://www.pusakapusaka.com/mengenal-dialek-bahasa-cirebon.html

Wiyakrana. 2016. Kedudukan dan Ragam Dialek Bahasa Cirebon. Diakses pada tanggal 24 Mei 2019 Pukul 18.00 WIB, diakses dari laman https://fdokumen.com/document/kedudukan-dan-ragam-dialek-bahasacirebon.html.

Zulaeha, Ida. 2010. Dialektologi, Dialek Geografi & Dialek Sosial. Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.24071/sin.v13i2.2282

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Raden Yusuf Sidiq Budiawan, Faidatun Mujawanah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Sintesis by https://e-journal.usd.ac.id/index.php/sintesis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Sintesis

View My Stats Sintesis