METAFORA DALAM WACANA TAJUK TENTANG TERORISME DI HARIAN KOMPAS DAN KORAN TEMPO

P. Ari Subagyo

Abstract


Artikel ini membahas jenis-jenis metafora dalam wacana tajuk tentang terorisme (WTT) di harian Kompas dan Koran Tempo serta hal-hal yang dikiaskan oleh dua surat kabar harian tersebut. Terungkap bahwa jenis-jenis metafora dalam WTT Kompas dan Koran Tempo meliputi metafora nominal, verbal atau predikatif, dan metafora kalimat. Metafora nominal digunakan untuk mengiaskan (a) Indonesia sebagai korban aksi teror, (b) dekatnya jarak teror bom dengan masyarakat Indonesia, (c) penanganan terorisme berkenaan dengan bom Bali I, (d) tempat terjadinya aksi teror, yakni Bali dan Jakarta, dan (e) kasus peledakan bom serta kinerja Presiden Megawati dan kabinetnya dalam menangani teror bom. Metafora verbal digunakan untuk mengiaskan (a) dampak teror dan (b) cara menangani teror. Adapun metafora kalimat dimanfaatkan untuk mengiaskan langkah memerangi terorisme dan potensi keberlanjutan terorisme.
Kata kunci : Metafora, Wacana tajuk, Terorisme, Kompas, Koran Tempo


Full Text:

PDF

References


Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Edisi IV. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Eriyanto. 2011. Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: LKIS. Cetakan IX.

Fairclough, N. 2003. Analysing Discourse: Textual Analysis for Social Research. London dan New York: Routledge.

Fauzi, A.C. 2007. Kabar-kabar Kekerasan dari Bali. Yogyakarta: LKIS.

Ferrari, F. 2007. Metaphor at Work in the Analysis of Political Discourse: Investigating a `Preventive War Persuasion Strategy. Dalam Discourse & Society, Volume 18, 5, September 2007, hlm. 603-625. Diunduh pada 8 Oktober 2011.

Keraf, G. 1984. Diksi dan Gaya Bahasa. Cetakan Ke-15. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Leech, G. 1983. Principles of Pragmatics. London: Longman.

Levinson, S.C. 1983. Pragmatics. Cambridge: Cambridge University Press.

Subagyo, P.A. 2012. Bingkai dalam Wacana Tajuk tentang Terorisme: Kajian Pragmatik Kritis atas Editorial di Harian Suara Pembaruan dan Republika. Disertasi di Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Sudaryanto. 1993. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan secara Linguistis. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.

Sumadiria, A.S.H. 2005. Menulis Artikel dan Tajuk Rencana: Panduan Praktis Penulis dan Jurnalis Profesional. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

van Dijk, T.A. 1996. Discourse, Power and Access. Dalam C.C. Coulthard dan M. Coulthard (eds.). Texts and Practices: Readings in Critical Discourse Analysis. London: Routledge, hlm. 84-104.

Verschueren, J. 1999. Understanding Pragmatics. London: Arnold.




DOI: https://doi.org/10.24071/sin.v8i1.1017

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2014 P. Ari Subagyo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Sintesis by https://e-journal.usd.ac.id/index.php/sintesis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Sintesis

View My Stats Sintesis