Multikulturalisme dan Dialog dalam Pendidikan Agama Katolik

Hubertus Aditya Prabowo

Abstract


Pendidikan agama diharapkan membantu peserta didik untuk semakin mempunyai pemahaman dan penghayatan yang benar tentang agamanya. Pendidikan Agama mengajarkan dua dimensi, yakni dimensi vertikal, relasi manusia dengan Tuhan dan dimensi horizontal, relasi manusia dengan sesamanya. Memberi perhatian pada dimensi horizontal sebagai bentuk pengajaran bahwa manusia harus hidup dalam kasih, sebagaimana Tuhan yang mengasihi manusia. maka dari itu, pertikaian, peperangan, pembunuhan, yang mengatasnamakan relasi dengan Tuhan adalah bentuk kegagalan dalam memahami ajaran agama. Ajaran agama bukan sebagai alat untuk memusuhi mereka yang berbeda, melainkan untuk merangkul dan berjalan bersama menuju kebaikan. Berbagai macam cara dilakukan untuk menangkal kecenderungan radikalisme agama yang terjadi, salah satunya adalah dengan menerapkan nilai-nilai multikulturalisme yang menghargai semua perbedaan manusia dan juga menerapkan dialog supaya manusia tetap saling berkomunikasi dan membuat sebuah kesepakatan bersama untuk hidup berdampingan dalam damai. Pendidikan Agama secara khusus Agama Katolik sangat mempunyai andil besar dalam mewujudkan nilai multikuturalisme dan dialog.

Keywords


Multikulturalisme, Pendidikan, Katolik, Dialog, Kesamaan

References


Arifin, Syamsul. Multikulturalisme dalam Skema Deradikalisasi Paham dan Gerakan Keagamaan Radikal di Indonesia dalam Proceeding AICIS XIV: Buku 2, ed. Muhammad Zain dkk. Samarinda: STAIN Samarinda, 2014. 162-194.

Azzuhri, Muhandis. Konsep Multikulturalisme dan Pluralisme dalam Pendidikan Agama: Upaya Menguniversalkan Pendidikan Agama Dalam Ranah Keindonesiaan, Forum Tarbiyah 10, (Juni 2012):13-29.

Barakosk, Aneta. Multiculturalism as Important Characteristic of Contemporary Education, International Journal of Cognitive Research in science, engineering and education. 1, (2013): 1-7.

Boddeng Timang, Petrus. Dialog: Salah Satu Warna Khas Dalam Konstitusi Apostolik Veritatis Gaudium Dan Konteks Gereja Di Asia Menurut Dokumen FABC, Studium Generale Fakultas Teologi Wedabhakti, Universitas Sanata Dharma (2018): 1-10.

Convey, John J. Perceptions of Catholic Identity: Views of Catholic School Administrators and Teachers, A Journal of Inquiry and Practice,, No. 1, (September 2012): 187-214.

Dapiyanta, FX. dan Marianus Didi Kasmudi. Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti untuk SD Kelas V. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017.

Dapiyanta, FX. dan Marianus Didi Kasmudi. Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti untuk SD Kelas VI. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017.

Garmaz and Angelina Gapar. Education For Mercy Comparative Analysis Of The Pontifical Discourses, The University of Split, the Catholic Faculty of Theology, Croatia, 56-72.

Hendroprioyono, A.M. Terorisme: Fundamentalis Kristen, Yahudi dan Islam. Jakarta: Buku Kompas, 2009.

Jackson, Robert. Inclusive Study of Religions and World Views in Schools, Social Inclusion, 4 (2016): 14-25.

Lindars, B. The Gospel of John: The New Century Bible Commentary. London: Morgan and Scott Publishing, 1987.

M. Brazal, Agnes. Dialogue And Proclamation Of Truth: Reception Of Nostra Aetate And Ad Gentes By The FABC, Journal of Dharma 42, 4 (October-December 2017): 411-434.

Magnis Suseno, Franz. Menjadi Saksi Kristus di Tengah Masyarakat Majemuk. Obor: Jakarta, 2004.

Mahfud, Choirul. Pendidikan Multikultural. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2006.

Mubit, Rizal. Peran Agama dalam Multikulturalisme Masyarakat Indonesia, Epistem, 11, (Juni 2016), 163-184.

Mulyatno, CB. Menguak Misteri Manusia: Pokok-Pokok Gagasan Filsafat Manusia. Yogyakarta: Kanisius dan Fakultas Teologi Universitas Sanata Dharma, 2009.

Muslim, Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural dalam Buku Teks Bahasa Indonesia Untuk Peserta didik SMP, Riksa Bahasa Volume 2, Nomor 1, (Maret 2016): 6.

OCollins, Gerald. dan Edward G. Farrugia. Kamus Teologi, Penerbit Kanisius: Yogyakarta, 1996.

OCollins, Gerald. Interupting Jessus. London: Cassel Ltd, 1983.

Parekh. Rethinking Multiculturalism: Keberagaman Budaya dan teori Politik. Yogyakarta: Kanisius, 2008.

Phan, Peter. C. Evangelization and Interreligious Dialogue: Compatible Parts of Christian Mission?, Santa Clara University , The Ignatian Center for Jesuit Education, 6 (February 23, 2010): 1-28.

Raharjo Jati, Wasisto. Toleransi Beragama Dalam Pendidikan Multikulturalisme Peserta didik Sma Katolik Sang Timur Yogyakarta, Cakrawala Pendidikan 33 (Februari 2014):71-79.

Seglow, Jonathan. Multiculturalism, dalam Political Concept, ed. Richard Bellamy dan Andrew Mason. Mancaster University Press, 2003.

Syam, Nur. Tantangan Multikulturalisme Indonesia: Dari Radikalisme Menuju Kebangsaan. Yogyakarta: Kanisius, 2009.

Thoriquttyas, Titis. Reformulating the Character Education on Islamic Education in Multicultural Society: From Multiculturalism to Nationalism, dalam Proceeding AICIS XIV: Buku 2, ed. Muhammad Zain dkk. Samarinda: STAIN Samarinda, 2014. 549-558.

Tilaar, H.A.R. Multikulturalisme: Tantangan-Tantangan Global Masa Depan dalam Transformasi Pendidikan Nasional. Jakarta: Grasindo, 2004.

Van Bowen, Theodora. Religious Education for Tolerance: An Exploratory Study of the Policies and Practises of Religious Education in Piblic, Christian and Islamic Secondary Schools in the Netherland and Indonesia. Netherland: Radboud Universiteit Nijmegen, 2017.

Vorster, N. A Theological Perspective on Human Dignity, Equality and Freedom, Verbum et Ecclesia 33 (2012): 1-6.

Yaqin, Ainul. Pendididkan Multikultural: Cross-Cultural Understanding untuk Demokrasi dan Keadilan. Yogyakarta: Nuansa Aksara, 2005.

Yun-Ka Tan, Jonathan. A New Way of Being Church in Asia, Missiology: An International Review, 33( January2005): 72-94.




DOI: https://doi.org/10.24071/jt.v10i1.2794

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Indexed and abstracted in:

P-ISSN: 2302 - 5476 (Validity starting Volume 2012-10-05) 

E-ISSN: 2579 - 3934 (Validity starting Volume 6, No. 1, Mei 2017)

Jurnal Teologi (Journal of Theology) by Faculty of Theology Sanata Dharma University 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.