Strategi Pemasaran Produk UMKM Pada Era New Normal Covid-19 Di Kabupaten Luwu

A’zifah Tasdin(1*), Hadija Hadija(2), Anggun Thia Fianti(3),

(1) Universitas Muhammadiyah Palopo, Jl. Jendral Sudirman Km.03 Binturu, Kota Palopo, Sulawesi
(2) Universitas Muhammadiyah Palopo, Jl. Jendral Sudirman Km.03 Binturu, Kota Palopo, Sulawesi
(3) Universitas Muhammadiyah Palopo, Jl. Jendral Sudirman Km.03 Binturu, Kota Palopo, Sulawesi
(*) Corresponding Author

Abstract


This study aims to determine the marketing strategy of MSME products in the new normal Covid 19 era in Luwu Regency. The results showed that the marketing strategy of MSME products in the new normal Covid 19 era in Luwu Regency, namely: increasing the variety of products offered to consumers, utilizing technology in marketing products, providing fast and good service to consumers, and conducting effective promotions.


Keywords


Marketing, MSMEs, Covid 19 New Normal Era

Full Text:

PDF

References


Bahtiar dan Saragih. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap Perlambatan Ekonomi Sektor UMKM. Jurnal Info, 12 (6).

Boyd, H. W. 2013. Manajemen Pemasaran Suatu Pendekatan Strategis dengan Orientasi Global. Jakarta: Penerbit Erlangga.

David, F. R. 2015. Manajemen Strategis: Konsep. Jakarta: Salemba Empat.

Dharma, Kusuma Kelana. 2013. Metodologi Penelitian. Jakarta: Trans Info Media.

Gitosudarmo, Indriyono, 2014, Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: BPFE.

Hermawan, A. 2015. Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Iswari, L. 2021. Pengaruh Covid19 terhadap Aktivitas Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Syariah, 1 (1): 13-20

Kasmir dan Jakfar. 2015. Studi Kelayakan Bisnis. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Kasmir. 2015. Pemasaran Bank. Jakarta: Kencana.

Kotler, P., & Keller, K. L. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kuncoro, M. 2015. Strategi Bagaimana Meraih Keunggulan Kompetitif. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Purwono, S. H., & Zulkieflimansyah. 2013. Manajemen Strategi. Jakarta: Lembaga Penerbitan FEUI.

Rosmadi, M.L.N. 2021. Penerapan Strategi Bisnis di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal IKRA-ITH Ekonomika, 4 (1).

Santoso, M.B. 2021. Eksistensi Bisnis Online di Masa Pandemi Covid-19: Perspektif Kognitif Sosial. Jurnal Pengabdian dan Penelitian Kepada Masyarakat (JPPM), 2 (2): 136-146

Sholicha, N. 2021. Strategi Pemasaran Dalam Upaya Peningkatan Omset Penjualan Umkm Desa Sumber Kembar, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7 (2).

Siagian, A.O. 2021. Strategi Pemulihan Pemasaran UMKM di Masa Pandemi Covid-19 Pada Sektor Ekonomi Kreatif. Jurnal Teknologi dan Informasi Bisnis, 3 (1).

Subana, M. 2015. Dasar – Dasar Penelitian Ilmiah. Bandung: Pustaka Setia.

Sugiyono. 2010. Metode penelitian Bisnis (pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Alfabeta.

Swasta, B. 2015. Manajemen Pemasaran: Analisa dan. Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE.

Taufik dan Ayuningtyas, E.A. 2020. Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Bisnis Dan Eksistensi Platform Online. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 22 (1): 21-32

Tjiptono, F. 2013. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Wiyadi. 2014. Manajemen Pemasaran Strategi dan Program. Solo: Smartmedia.




DOI: https://doi.org/10.24071/exero.v7i2.9181

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 EXERO : Journal of Research in Business and Economics