Perbedaan Minat Wirausaha pada Mahasiswa Lima Universitas di Yogyakarta Dilihat dari Penggunaan Media Sosial

Charolin Dealola Mega Cahyani

Abstract


This study aims to find out whether the differences entrepreneurial interests in five university students Yogyakarta seen from the use of social media that include the intensity of use social media, the number of social media (number of accounts and number of types) and the types of social media that are most often used. In this research, researchers use 100 respondents who come from Gadjah Mada University, Sunan Kalijaga State Islamic University, Sanata Dharma University, Atma Jaya Yogyakarta University and Sarjanawiyata Tamansiswa University. The data collection technique used in this research is incidental sampling technique. The analysis technique used in this research is independent sample t-test and one way ANOVA. The results of this study indicate that there is no difference in the entrepreneurial interests in Yogykarta, judjing from the use of social media.


Keywords


entrepreneurial interests, social media

Full Text:

PDF

References


Afriani, Gusti Leni. (2015). Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Metode Guru Dalam Mengajar, Jiwa Kewirausahaan, dan Penggunaan Media Sosial terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Depok Tahun Ajaran 2014/2015 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Basrowi. (2011). Kewirausahaan Untuk Perguruan Tinggi. Bogor: Penerbit Ghalia

Hendro. 2011. Dasar-Dasar Kewirausahaan Panduan bagi Mahasiswa untuk Mengenal, Memahami, dan Memasuki Dunia Bisnis. Jakarta: Erlangga.

Hertanto, Eko. (2017). Perbedaan Skala Likert Lima Skala dengan Modifikasi Skala Likert Empat Skala. Jurnal Metodologi Penelitian. 1(1), 1-4

Indoworo, Hawik Ervina. (2016). Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Melalui Peran Sosial Media. Jurnal Informatika UPGRIS, 2 (1), 45-55.

Indrawan, Ruli dan Yuniawati Poppy. 2017. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran untuk Manajemen, Pembangunan, dan Pendidikan. Bandung: PT Refika Aditama.

Kurniawan, Yusril Rosyid dan Harti. (2013). Pengaruh Tingkat Penggunaan Sosial Media Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga.1(3), 1-17.

Martono, Nanang. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Nova, Sari Putri. 2018. “Efektivitas Komunikasi Aplikasi Telegram Sebagai Media Informasi Pegawai PT.POS Indonesia (PERSERO) Kota Pekanbaru” Jurnal FISIP, 1 (4), 1-11.

Rahayu, Ajeng. (2015). Minat Berwirausaha Mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Bandung Angkatan 2013 & 2014. Jurnal Program Studi Administrasi Bisnis DIII, 1-17.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta.

Wisnuhardana, Aloys. 2018. Anak Muda dan MedSos. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Yahmini, Exnasiyah. 2018. Kecenderungan Impulsive Buying Pada Mahasiswa Ditinjau Dari Latar Belakang Keluarga Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma

Sumber Internet:

Kevin, Anthony. 2019. Disebut Pemerintah Rendah, Pengangguran RI Tertinggi di ASEAN. www.cnbcindonesia.com. diakses tanggal 8 Oktober 2019.

Badan Pusat Statistik. 2019. Tingkat Pengangguran Terbuka. https://www.bps.go.id. diakses tanggal 12 Agustus 2019.

Ristekdikti. 2019. Jumlah Mahasiswa. https://forlap.ristekdikti.go.id. Diakses tanggal 20 Juli 2019.

Widiyarti, Yayuk. 2019. Mengenal Karakter Generasi Z, Mandiri, Keras Kepala Tapi Inovatif. https://cantik.tempo.co. diakses tanggal 16 Juni 2020.

Pertiwi, Wahyunanda Kusuma. 2018. Riset Ungkap Pola Pemakaian Medsos Orang Indonesia. https://tekno.kompas.com. diakses tanggal 16 Juni 2020.

https://apjii.or.id, diakses tanggal 8 Oktober 2019

wearesocial.com diakses tanggal 8 Oktober 2019

kompas.com diakses tanggal 8 Oktober 2019

Studilmu.com, diakses tanggal 8 Juni 2020

https://highlight.id, diakses tanggal 8 Juni 2020




DOI: https://doi.org/10.24071/exero.v3i2.4302

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 EXERO : Journal of Research in Business and Economics