ANALISIS PERBEDAAN MOTIVASI KERJA DAN KINERJA GURU PADA GURU YANG BERSERTIFIKAT DAN TIDAK BERSERTIFIKAT DI SMA NEGERI 1 DAN 2 NUBATUKAN KABUPATEN LEMBATA

Cristiyani Katharina Niga Wawin, Catharina Wigati Retno Astuti

Abstract


The objectives of this study were to examine and analyze whether there were differences in work motivation and teacher performance between certified and uncertified teachers in SMA Negeri 1 and 2 Nubatukan, Lembata District. The research was conducted in January 2021. This study is a comparative research. The research population were teachers of SMA Negeri 1 and SMA Negeri 2 Nubatukan, Lembata District. The number of sample was 82 teachers. The research sampling technique was saturated sampling technique. The data collection technique was a questionnaire. The data analysis technique was Man Whitney test. The results of data analysis showed that: (1) there were differences of work motivation between certified and non-certified teachers in SMA Negeri 1 and 2 Nubatukan, Lembata District and (2) there were differences of teacher performance between certified and non-certified teachers in SMA Negeri 1 and 2 Nubatukan, Lembata District.

Keywords: work motivation, teacher performance, certified teachers, non-certified teachers


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Baedhowi. 2009. Tantangan Profesional Guru pada Era Sertifikasi. Naskah Pidato Pengukuhan Guru Besar UNS, tanggal 12 November 2009

Claudia, R. (2020). Hubungan Antara Motivasi Kerja dan Kinerja Guru di Sekolah dasar Negeri Slipi 07 Pagi Jakarta Barat. Skripsi. Universitas Atma Jaya Jakarta.

Emzir (2009). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Fachrurozi, N. (2014). ”Perbedaan Kinerja Guru Yang Telah Bersertifikasi Dengan Non Sertifikasi Di Kota Surakarta”. Doctoral Dissertation. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Suseno, D.J. dan Ernawati (2016). Analisis Perbedaan Motivasi Kerja, Loyalitas Kerja, Dan Kinerja Guru Yang Bersertifikasi Dengan Yang Belum Bersertifikasi Kecamatan Kedawung Sragen. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, 10(1).

Hasibuan, M.S. (2006). Dasar-dasar, Pengertian, dan Masalah dalam Manajemen Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara

Margono & Suprayitno (2011). Analisis Perbedaan Motivasi Kerja, Loyalitas Kerja dan Kinerja Guru yang Bersertifikasi dengan yang belum Bersertifikasi. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, 5(1).

Melati, F. K. (2013). Pengaruh Sertifikasi Guru Dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru SMA N 5 Surakarta. Jupe-Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2(1).

Mulyasa, E. (2007). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

Murwati, H. (2013). Pengaruh Sertifikasi Profesi Guru Terhadap Motivasi Kerja Dan Kinerja Guru di SMK Negeri Se-Surakarta. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi, 1(1).

Payong, Marselus.(2011). Sertifikasi Profesi Guru. Jakarta. PT Indeks.

Rasyid, A.M. (2014). Perbedaan Motivasi Mengajar antara Guru yang Sudah Bersertifikasi dengan Guru yang Belum Bersertifikasi di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 7 dan 8 Negeri Kota Padang. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 2(1), 431-439.

Siagan, S.P. (2009) Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi 1, Cetakan Ketujuh Belas. Jakarta: Bumi Aksara.

Sinambela, L.P dan Sinambela S.(2019). Manajemen Kinerja Pengelolaan, Pengukuran dan Implikasi Kinerja. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Sugiyono (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

______.(2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukarana, K., Dantes, N., & Dantes, G. R. (2015). Motivasi kerja dan kinerja guru ditinjau dari status sertifikasi pada guru-guru se-Kecamatan Abang Tahun Pembelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Dasar Ganesha, 5(1).

Sunyoto Danang. (2013). Teori, Kuesioner, dan Proses Analisis Data Perilaku Organisasional. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).

Supardi (2013). Kinerja Guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Suyatno (2007). Panduan Sertifikasi Guru. Jakarta: PT Indeks.

Suwardi. 2015. Jurnal. Dampak Sertifikasi terhadap Peningkatan Kualitas Guru. Salatiga: Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Salatiga.

Triatna, C (2015). Perilaku Organisasi dalam Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Uno, H (2007). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Usman, U.H. (2002). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wahyudi, I. (2012). Mengejar Profesionalisme Guru, Strategi Praktis Mewujudkan Citra Guru Profesional. Jakarta: Prestasi Pustakarya

Wibowo. (2007). Manajemen Kinerja. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Wirawan. (2009). Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia Teori Aplikasi dan Penelitian. Jakarta: Salemba Empat

Wardana, D. S. (2013). Motivasi Berprestasi Dengan Kinerja Guru Yang Sudah Disertifikasi. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 1(1), 98-109.

Yamin, M. dan Maisah. 2010. Standarisasi Kinerja Guru. Jakarta: Persada Press.

Yuwana, P. (2018). Perbedaan Motivasi Kerja, Disiplin Kerja, dan Kinerja antara Guru Bersertifikasi dengan Guru Non-Sertifikasi di SMA Negeri 1 Ponorogo. Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Ponorogo




DOI: https://doi.org/10.24071/jpea.v15i1.4605

Article Metrics

Abstract view : 766 times
PDF view: 605 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN (online) 2829-6117 ISSN (cetak) 1978-8770

 

    

Kontak:

Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sanata Dharma

Jl. Affandi, Mrican, Caturtunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta 55281

Telp (0274) 513301 Ext. 51445 Faks. (0274) 562383
Email: jpea.usd@gmail.com
Website: https://e-journal.usd.ac.id/index.php/JPEA

Peta: https://goo.gl/maps/Fzo43axWqLFqYcwS8