TANTANGAN GURU SEJARAH DALAM MENGAJAR DAN BELAJAR BERBASIS HOTS
(1) Universitas Sanata Dharma
(*) Corresponding Author
Abstract
Kemampuan guru sejarah dalam membuat soal ulangan harian dan ujian masih belum sesuai standar penilaian HOTS. Agar guru-guru dapat menerapkan soal-soal sejarah model HOTS, perlu dipersiapkan soal model HOTS melalui proses sebagai berikut. Produk akhir dalam penelitian ini menghasilkan instrumen asesmen HOTS untuk mengukur keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik SMA pada mata pelajaran Sejarah. Instrumen asesmen berupa perangkat soal tes HOTS yang terdiri soal pilihan ganda dengan empat pilihan jawaban dan soal uraian. Instrumen asesmen dikembangkan melalui tujuh Langkah pengembangan yaitu: (a) penelitian dan pengumpulan informasi, (b) perencanaan, (c) pengembangan produk awal, (d) uji coba terbatas, (e) revisi produk awal, (f) uji coba lapangan, (g) revisi produk akhir. Kevalidan instrument dibuktikan dengan hasil penilaian ahli yang menunjukkan bahwa instrumen layak digunakan berdasarkan telaah aspek materi, konstruksi, dan bahasa. Instrumen tersebut juga telah memenuhi kriteria reliabel. (2) Soal pilihan ganda memiliki tingkat kesukaran sedang, daya pembeda baik, semua pengecoh berfungsi baik, dan soal uraian memiliki tingkat kesukaran sedang dengan daya pembeda baik.
Kata kunci : Penilaian HOTS, Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi, Instrumen Assement HOTS
Full Text:
PDFReferences
Baskara T Wardaya, Melawan Amensia Sejarah dalam Kompas, Jumat, 14 Mei 2004.
Borg, B. Walter; Meredith T. Gall. Educational Research. An Introduction. (2nd edition). New York : David McKay Company, Inc.
Djemari Mardapi dkk. 1999. Survei Kegiatan Guru dalam Melakukan Penilaian di Kelas. Laporan Penelitian. Yogyakarta: Pusbangsisjian Lemlit IKIP Yogyakarta dan Pusisjian balitbang Depdikbud.
Eggen, Paul Don Kouchak. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta: PT Indeks.
Ennis, R. 2000. Critical Thinking Across the Curriculum: The Wisdom CTAC Program. Illinois,: University or Illinois, Urbana-Champaign
Hanifah, Nurdinah. 2019. Pengembangan Instrumen Penilaian Higher Order Thinking Skill (HOTS) di Sekolah Dasar. Current Research in Education: Conference Series Journal Vol. 1 No. 1 Tahun 2019.
Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual. Bandung: Refika Aditama.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 21 Tahun 2016 Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 36 Tahun 2018 Tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 59 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 37 Tahun 2018 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
Pi’i. 2016. Mengembangkan Pembelajaran Dan Penilaian Berpikir Tingkat Tinggi Pada Mata Pelajaran Sejarah SMA. Jurnal Sejarah dan Budaya. Vol. 10 (2). 198-199.
Teaching Knowledge Test Cambridge English, The University of Cambridge (2015),
Widana, I Wayan, dkk. (2017). Modul Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS). Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA, Dirjen Dikdasmen, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
DOI: https://doi.org/10.24071/hv.v1i1.3406
DOI (PDF): https://doi.org/10.24071/hv.v1i1.3406.g2324
Refbacks
- There are currently no refbacks.