PELATIHAN BAHASA INGGRIS UNTUK MAHASISWA KAWASAN TIMUR INDONESIA: SEBUAH KEBUTUHAN DI ERA GLOBAL

Listyani Listyani

Abstract


Community Service (PkM) is one of the tridharma pillars of higher education. Lecturers are required to carry out the tri dharma of higher education, which consists of education or teaching, research, and community service. This article carries the theme of a community service program, which is about English language training for students from eastern Indonesia who are studying at a private university in the city of Salatiga, Central Java. More precisely, these students came from NTT, Lombok, and Papua. This program takes place from October to December 2022. The training was held offline and was attended by five (5) students. They lived in a dorm and were under the care of a foundation named Yayasan Komunitas Cahaya Indonesia. In general, all the activities ran well and smoothly.


Keywords


Bahasa Inggris, era, global, pelatihan, Kawasan Timur Indonesia

Full Text:

PDF

References


Byrd, D.R.H., & Clemente, I.C. (1991). React and interact: Situations for communication (2rd ed.). New Jersey: Prentice Hall Regents.

Fitriani, N. (2022). Manfaat mempelajari Bahasa Inggris di era globalisasi. Dikutip dari https://komputerisasi-akuntansi-d4.stekom.ac.id/informasi/baca/Manfaat-Mempelajari-Bahasa-Inggris-di-Era-Globalisasi/dd06d79f71ff9b2149eeb520a2a81b62d03808a2

Juningsih, E.H. (2023). Apa itu tri dharma perguruan tinggi? Simak 3 poin pentingnya disini! Dikutip dari https://news.bsi.ac.id/2021/09/21/apa-itu-tri-dharma-perguruan-tinggi/

Mampuono, M. (2022). Pentingnya penguasaan Bahasa Inggris di era 4.0 untuk mendukung peningkatan mutu pendidikan. Dikutip dari https://bbpmpjateng.kemdikbud.go.id/5-hal-mengapa-menguasai-bahasa-inggris-di-era-4-0-itu-penting/

Nengrum, T.A., Solong N.P., & Iman, M.N. (2021). Kelebihan dan kekurangan pembelajaran luring dan daring dalam pencapaian kompetensi dasar kurikulum Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah 2 Kabupaten Gorontalo. Jurnal Pendidikan, 30(1), 1-12.

Soedjiwo, N.A.F. (2017). Peran pendidik dalam meningkatkan motivasi belajar Bahasa Inggris siswa Sekolah Menengah. Pertama. Dikutip dari https://journal.staidenpasar.ac.id/index.php/wb/article/download/69/59/

Sulistyawati, L. (2018). Kemampuan Bahasa Inggris warga Indonesia di bawah rata-rata. Dikutip dari https://news.republika.co.id/berita/pjq0na349/kemampuan-bahasa-inggris-warga-indonesia-di-bawah-ratarata




DOI: https://doi.org/10.24071/aa.v6i2.6964

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

Indexed and abstracted in:

   

e-ISSN: 2620-5513; p-ISSN: 2620-5505

Altruis Sertifikat Sinta 5 (S5 = Level 5)

Bersama ini kami informasikan bahwa Abdimas Altruis: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terakreditasi nasional Sinta 5 oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia berdasarkan surat keputusan No.Surat Keputusan 0547/E5 /DT.05.00/2024. Masa berlaku 5 tahun : Vol 4 No 1 Tahun 2021 s/d Vol 8 No 2 Tahun 2025.


Abdimas Altruis: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diterbitkan dua kali setahun, yakni pada April dan Oktober, oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta, Indonesia.