Motivasi Siswa Kelas VIII Dalam Mengikuti Layanan Bimbingan Klasikal

Andreas Sony Baskoro(1*), Dendy Setyadi(2),

(1) Prodi Bimbingan dan Konseling, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta
(2) Prodi Bimbingan dan Konseling, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Motivasi adalah salah satu komponen yang penting dalam kegiata n belajar. Motivasi belajar adalah suatu dorongan dari dalam diri untuk belajar guna mencapai sebuah cita-cita. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan seberapa tinggi tingkat motivasi siswa dalam mengikuti layanan bimbingan klasikal dan mengidentifikasi item motivasi siswa yang memperoleh skor terendah sebagai dasar penyusunan usulan topik bimbingan klasikal. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif pendekatan kuantitatif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIII SMP Negeri 1 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengambil sampel sebanyak 150 orang. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala motivasi belajar dengan 77 item valid dan memiliki indeks reliabilitas Alpha Cronbach sebesar 0,957. Skala pada penelitian ini disusun berdasarkan aspek-aspek motivasi belajar Hamzah B. Uno kemudian dirangkum dan dibuat pernyataan. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dengan mengacu pada norma kategorisasi; Sangat tinggi, Tinggi, Sedang, Rendah, dan Sangat rendah. Penelitian ini menemukan bahwa motivasi belajar siswa dalam mengikuti layanan bimbingan klasikal di kelas VIII SMP Negeri 1 Yogyakarta diperoleh 89 (59%) siswa memiliki motivasi dengan kategori tinggi. Kemudian motivasi siswa laki-laki diperoleh 37 (54%) siswa memiliki motivasi tinggi dan 52 (63%) siswa. Perempuan berada pada kategori tinggi.Hasil analisis item menunjukan 1 item dengan kategori rendah. Pada penelitian ini terdapat usulan topik-topik bimbingan klasikal yakni; “Percaya diri itu, Aku!”

Keywords


Motivasi Belajar, Bimbingan Klasikal, Siswa

Full Text:

PDF

References


Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi

belajar sebagai determinan hasil belajar

siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen

Perkantoran (JPManper), 4(1), 1.

https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.149

Ariyati, I. (2022). Pengembangan Materi

Bimbingan dan Konseling Klasikal

Bidang Belajar di Sekolah Menengah

Pertama. Bulletin of Counseling and

Psychotherapy, 4(1), 1.

https://doi.org/10.51214/bocp.v4i2.15

Daniati, D., Ismanto, B., & Luhsasi, D. I.

(2020). Upaya Peningkatan Motivasi dan

Hasil Belajar Mahasiswa dengan

Penerapan Model Pembelajaran E–

Learning Berbasis Google Classroom

pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal

Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian

Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang

Pendidikan, Pengajaran Dan

Pembelajaran, 6(3), 601–608.

https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2642

Erlisnawati, E. (2016). Masalah Motivasi

Belajar Siswa SD Pada Mata Pelajaran

IPS. JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah

Dasar), 1(2), 2.

https://doi.org/10.30870/jpsd.v1i2.69

Gunarsa, Y. Singgih D. & Singgih D. Gunarsa.

Psikologi Remaja. Jakarta: PT BPK

Gunung Mulia.

Harumbina, D. A., Khoirunnisa, D. R., &

Maryam, S. (2022). Bimbingan Klasikal:

Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.

Assertive: Islamic Counseling Journal,

(1), 61–75.

Rahma, W. (2018). Meningkatkan

Konsentrasi Dalam Mengikuti Layanan

Bimbingan Klasikal Melalui CIRC

Berbantuan Leaflet. Dinamika

Pendidikan, 8(4). http://irpp.com/index.php/dinamika/article/v




DOI: https://doi.org/10.24071/sol.v5i2.7888

DOI (PDF): https://doi.org/10.24071/sol.v5i2.7888.g3773

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Andreas Sony Baskoro, Dendy Setyadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.