Hubungan Regulasi Emosi dengan Perilaku Prososial pada Siswa Kelas 10 SMA BOPKRI 2 Yogyakarta
Betania Chesa Getana
(1*), Dendy Setyadi
(2),
(1) Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Sanata Dharma
(2) Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Sanata Dharma
(*) Corresponding Author
Abstract
Masa remaja merupakan masa di mana banyak terjadi perkembangan, termasuk perkembangan perilaku dan emosi. Remaja perlu memiliki kemampuan regulasi emosi serta perilaku prososial untuk memaksimalkan perkembangannya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui seberapa baik kemampuan regulasi emosi pada remaja (2) mengetahui seberapa baik remajamampu melakukan perilaku prososial (3) mengetahui apakah terdapat hubungan antara regulasi emosi dengan perilaku prososial pada usia remaja yaitu siswa Sekolah Menengah Atas (4) menyusun usulan topik bimbingan siswa kelas 10 SMA BOPKRI 2 Yogyakarta yang kurang optimal. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif korelasional. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 10 SMA BOPKRI 2 Yogyakarta yang berjumlah 90 siswa. Pengumpulan data menggunakan kuesioner berdasarkan aspek regulasi emosi dan perilaku prososial. Pada aspek regulasi emosi terdapat 37 item valid dan 8 item tidak valid. Sedangkan dalam aspek perilaku prososial terdapat 51 item valid dan 1 item tidak valid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tingkat regulasi emosi siswa berada ditingkat sedang sebesar 40% atau 36 siswa (2) tingkat perilaku prososial berada ditingkat tinggi sebesar 45,6% atau 41 siswa (3) adanya hubungan yang linier, positif dan signifikan antara regulasi emosi dengan perilaku prososial dengan hasil nilai r = 0,477 dan nilai p = 0,000 (p<0,05) (4) Topik yang relevan untuk capaian skor sangat rendah mengenai regulasi emosi, supaya siswa lebih mampu mengendalikan dan memahami perasaannya
Keywords
regulasi emosi, perilaku prososial, remaja
References
Abdullahi, I, A., & Kumar, P. (2016) Gender
differences in prosocial behaviour. The
International Journal of Indian
Psychology,3(56), 170-175. DOI:
25215/0304.017
Chen, H. (2016). A theoretic review of
emotion regulation. Open Journal of
Social Sciences, 4, 147–155. DOI:
4236/jss.2016.42020
Dayaksini, T., & Hudaniah. (2017). Psikologi
Sosial. UMM Press.
Dewinda, & Efrizon. (2018).
Hubungan Antara Regulasi Emosi
Dengan Perilaku Bullying Pada Santri
Kelas XII Di Pondok
Pesantren Terpadu Serambi Mekkah
Padang Panjang. UPI YPTK Jurnal
PSYCHE, 11.
DOI:
https://doi.org/10.24071/sol.v5i2.7887
DOI (PDF):
https://doi.org/10.24071/sol.v5i2.7887.g3771
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Betania Chesa Getana, Dendy Setyadi
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under CC BY-SA.
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Journal of Counseling and Personal Development is published twice a year, namely in January and July, by Guidance and Counseling Universitas Sanata Dharma