Hubungan Regulasi Emosi dengan Perilaku Prososial pada Siswa Kelas 10 SMA BOPKRI 2 Yogyakarta

Betania Chesa Getana(1*), Dendy Setyadi(2),

(1) Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Sanata Dharma
(2) Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Sanata Dharma
(*) Corresponding Author

Abstract


Masa remaja merupakan masa di mana banyak terjadi perkembangan, termasuk perkembangan perilaku dan emosi. Remaja perlu memiliki kemampuan regulasi emosi serta perilaku prososial untuk memaksimalkan perkembangannya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui seberapa baik kemampuan regulasi emosi pada remaja (2) mengetahui seberapa baik remajamampu melakukan perilaku prososial (3) mengetahui apakah terdapat hubungan antara regulasi emosi dengan perilaku prososial pada usia remaja yaitu siswa Sekolah Menengah Atas (4) menyusun usulan topik bimbingan siswa kelas 10 SMA BOPKRI 2 Yogyakarta yang kurang optimal. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif korelasional. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 10 SMA BOPKRI 2 Yogyakarta yang berjumlah 90 siswa. Pengumpulan data menggunakan kuesioner berdasarkan aspek regulasi emosi dan perilaku prososial. Pada aspek regulasi emosi terdapat 37 item valid dan 8 item tidak valid. Sedangkan dalam aspek perilaku prososial terdapat 51 item valid dan 1 item tidak valid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tingkat regulasi emosi siswa berada ditingkat sedang sebesar 40% atau 36 siswa (2) tingkat perilaku prososial berada ditingkat tinggi sebesar 45,6% atau 41 siswa (3) adanya hubungan yang linier, positif dan signifikan antara regulasi emosi dengan perilaku prososial dengan hasil nilai r = 0,477 dan nilai p = 0,000 (p<0,05) (4) Topik yang relevan untuk capaian skor sangat rendah mengenai regulasi emosi, supaya siswa lebih mampu mengendalikan dan memahami perasaannya

Keywords


regulasi emosi, perilaku prososial, remaja

Full Text:

PDF

References


Abdullahi, I, A., & Kumar, P. (2016) Gender

differences in prosocial behaviour. The

International Journal of Indian

Psychology,3(56), 170-175. DOI:

25215/0304.017

Chen, H. (2016). A theoretic review of

emotion regulation. Open Journal of

Social Sciences, 4, 147–155. DOI:

4236/jss.2016.42020

Dayaksini, T., & Hudaniah. (2017). Psikologi

Sosial. UMM Press.

Dewinda, & Efrizon. (2018).

Hubungan Antara Regulasi Emosi

Dengan Perilaku Bullying Pada Santri

Kelas XII Di Pondok

Pesantren Terpadu Serambi Mekkah

Padang Panjang. UPI YPTK Jurnal

PSYCHE, 11.




DOI: https://doi.org/10.24071/sol.v5i2.7887

DOI (PDF): https://doi.org/10.24071/sol.v5i2.7887.g3771

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Betania Chesa Getana, Dendy Setyadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.