Hubungan Intensitas Bermain Game Online Dengan Prestasi Belajar Siswa Sma Pangudi Luhur St. Vincentius Giriwoyo

Maria Suryaningrum(1*), Maria Sri Hastuti(2),

(1) Universitas Sanata Dharma Yogyakarta
(2) Universitas Sanata Dharma Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui seberapa tinggi tingkat bermain game online siswa SMA Pangudi Luhur St. Vincentius Giriwoyo, (2) Mengetahui seberapa tinggi tingkat prestasi belajar siswa SMA Pangudi Luhur St.Vincentius Giriwoyo, (3) Mengetahui hubungan antara intensitass bermain game online dengan prestasi belajar siswa SMA Pangudi Luhur St. Vincentius Giriwoyo. Teknik pengumpulan data menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan kuesioner. Sampel yang digunakan berjumlah 50 siswa kelas X dan XI. Teknik analisis dengan uji kategorisasi, uji normalitas, uji linearitas, dan uji hipotesis korelasional. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat intensitas bermain game online di SMA Pangudi Luhur St. Vincentius Giriwoyo rendah (44%),, tingkat prestasi belajar di SMA Pangudi Luhur St. Vincentius Giriwoyo dengan menggunakan rumus Guilford memperoleh hasil 0,414 dan dalam tabel interpretasi termasuk dalam kategori sedang, dan terdapat hubungan yang negatif dan signifikan antara intensitas bermain game online dengan prestasi belajar dengan nilai signifikansi 0,002<0,05.

Keywords


Intensitas, Game Online, Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Adams, E. (2013). Fundamentals of game

design (2nd ed). New York: New Riders

Publishing.

Arianto, T.R. (2016). Dampak Game Online

terhadap Prestasi Belajar Pelajar. JUTIM,

/1 45-50.

Djamaroh, S. B. (2002). Strategi Belajar

Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ghuman, D., & Griffiths, M. D. (2012). A crossgenre study of online gaming: Player

demographics, motivation for play and

social interactions among players

International Journal of Cyber Behavior,

Psychology and Learning, 2(1), 13-29.

Hussain, Z., & Griffiths, M. D. (2009). Excessive

use of massively multiplayer online roleplaying games: A pilot study.

International Journal of Mental Health

and Addiction, 7(2), 563-571




DOI: https://doi.org/10.24071/sol.v4i2.6930

DOI (PDF): https://doi.org/10.24071/sol.v4i2.6930.g3472

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Maria Suryaningrum, Maria Sri Hastuti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.