Tingkat Peyesuaian Diri Mahasiswa Angkatan 2020 Tahun Pertama Kuliah (Studi Deskriptif pada Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta Angkatan 2020)

Margareta Carolina(1*), Prias Hayu Purbaning(2),

(1) Universitas Sanata Dharma Yogyakarta
(2) Universitas Sanata Dharma Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengukur tingkat penyesuaian diri mahasiswa Jurusan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta angkatan 2020/2021 tahun pertama kuliah (2) mengidentifikasikan item instrumen tingkat penyesuaian diri mahasiswa Jurusan Ilmu Pendidikan yang capaian skornya rendah dan sangat rendah (3) mengetahui faktor yang paling berpengaruh dalam penyesuaian diri mahasiswa Jurusan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Subjek pada penelitian ini adalah Mahasiswa Jurusan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta angkatan 2020 dengan jumlah responden 88 orang. Pengumpulan data menggunakan skala penyesuaian diri dengan 38 item yang valid dan memiliki indeks reliabilitas Alpa Cronbach sebesar 0.840. Skala disusun berdasarkan 2 aspek yaitu penyesuaian pribadi dan penyesuaian sosial. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah statistik deskriptif yang mengacu pada norma kategorisasi dengan kriteria sangat tinggi, tinggi, sedang, rendah dan sangat rendah. Hasil penelitian: (1) berdasarkan skor mengukur tingkat penyesuaian diri mahasiswa Jurusan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta angkatan 2020 yaitu 50% dengan kategori sedang, 6,9% dengan kategori sangat tinggi, 29,5% dengan kategori tinggi, 13,6% dengan kategori rendah dan 0% dengan kategori sangat rendah.(2) dari hasil perhitungan skor item, diperoleh 5 item kategori rendah dan 2 item kategori tinggi yang digunakan sebagai dasar untuk merumuskan usulan topik-topik bimbingan pribadi-sosial untuk meningkatkan penyesuaian diri mahasiswa Jurusan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta angkatan 2020 (3) faktor yang paling mempengaruhi dalam penyesuaian diri mahasiswa Jurusan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta angkatan 2020 yaitu kemauan dan kemampuan, lingkungan sekitar, dan keadaan psikologis

Keywords


Penyesuian Diri, Mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Agustiani, DR. Hendriatu. 2006. Psikologi Perkembangan. Bandung: Refika Aditama.

Ali, M & Asrori. 2005. Psikologi Remaja, Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara.

Azwar, iSaifuddin. i2012. iPenyusunan iSkala iPsikologi. iYogyakarta: iPustakaPelajar.

Azwar, iSaifuddin. i2012. iReliabilitas idan iValiditas.Yogyakarta: iPustakaPelajar.

Danuri & Tidjan. 1991. Adaptasi vs Adjustmen Jurnal. From http://dianahertati.blogspot.com

Desmita. i2007. iPsikologi iPerkembangan. iBandung: iPT iRemaja iRosdakarya.

Desmita. i2009. iPsikologi iPerkembangan iPeserta iDidik. iBandung: iRemaja iRosdakarya.

Hartinah. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Refika Aditama

Hurlock. i2004. iPsikologi iPerkembangan: iSuatu iPendekatan iSepanjang

iRentangKehidupan i(edisi ike ilima). iJakarta: iErlangga.

Mahmud, iH. i2012. iSosiologi iPendidikan. iBandung: iPustaka iSetia.

i

Mappiare, iA. i1982. iPsikologi iRemaja. iSurabaya: iUsaha iNasional.

Parman, Rahmaway. 2013. “Penyesuaian Diri Laki-laki dan Perempuan Dengan Mengendalikan

Variabel Sense Of Humor”. Jurnal Online Psikologi 01 (02)I

Ryan, Yulianus. 2014. “Tingkat iPenyesuaian iDiri iMahasiswa iyang iBerasal idari iNusa iTenggara

iTimur”, Skripsi, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Sawrey, J. M., & Telford, C. W. Educational Psychology (3rd Edition). (Boston: Allyn & Bacon, 1968),

hal 19




DOI: https://doi.org/10.24071/sol.v4i1.6254

DOI (PDF): https://doi.org/10.24071/sol.v4i1.6254.g3262

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Margareta Carolina, Prias Hayu Purbaning

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.