PERMAINAN BAHASA DALAM WACANA COCOKOLOGI PADA ACARA INI TALK SHOW DI NET
(1) 
(2) Universitas Sanata Dharma
(3) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan permainan bahasa pada wacana cocokologi dalam acara Ini Talks Show di NET. Metode yang digunakan adalah metode padan pragmatis dan metode agih. Fenomena permainan bahasa dalam wacana cocokologi terdapat pada tataran (i) bunyi: substitusi bunyi, dan penambahan bunyi, (ii) ejaan, (iii) kata: sinonimi, hiponimi, dan pemendekan, (iv) kalimat: kalimat ekuatif, tautologi, redundansi, pepatah, penerjemahan, pertalian antarklausa, dan pendefinisian, dan (v) wacana: silogisme, asosiasi, generalisasi, dan pengulangan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Baryadi, I. Praptomo. 2002. Dasar-Dasar Analisis Wacana dalam Ilmu Bahasa. Yogyakarta: Pustaka Gondho Suli.
Chaer, Abdul. 2013. Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
Hermintoyo, M. 2011. Aspek Bunyi Sebagai Sarana Kreativitas Humor. Dalam Ejurnal Fakultas Ilmu Budaya. Vol. 35, No. 1, Januari 2011, hlm. 1427.
KBBI V: Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kelima. 2018. Diunduh dari https://play.google.com/store/apps/details?id=yuku.kbbi5&hl=in
Keraf, Gorys. 2007. Argumentasi dan Narasi: Komposisi Lanjutan III. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Kridalaksana, Harimurti. 2010. Pembentukan Kata dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Leech, Geoffrey. 1993. Prinsip-Prinsip Pragmatik. Diterjemahkan oleh M.D.D. Oka. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.
Online English Oxford Living Dictionary. t.t. https://en.oxforddictionaries.com/definition/aspect. Diakses pada 20 Januari 2020 pukul 21.00 WIB.
Ramlan, M. 2005. Ilmu Bahasa Indonesia: Sintaksis. Yogyakarta: CV Karyono.
Rohmadi, Muhammad. 2010. Strategi Penciptaan Humor dengan Pemanfaatan Aspek-Aspek Kebahasaan. Dalam Jurnal Humaniora. Vol. 22, No. 3. 2010, hlm. 285-298.
Saussure, Ferdinand De. 1988. Pengantar Linguistik Umum. Diterjemahkan oleh Rahayu S. Hidayat. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Sudarsono, Sony Christian. 2013. Permainan Bahasa dalam Wacana Gombal. Jurnal Ilmiah Kebudayaan Sintesis Volume 13, No. 2. Halaman 6377.
Sudaryanto. 1995. Linguistik: Identitasnya, Cara Penanganan Objeknya, dan Hasil Kajiannya. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.
Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.
Suhadi, M Agus. 1989. Humor Itu Serius. Jakarta: PT Pustakakarya Grafikatama.
Wijana, I. Dewa Putu. 2000. Angka, Bilangan, dan Huruf dalam Permainan Bahasa. Jurnal Humaniora. Vol. XII, No. 3. 2000, hlm. 271-277.
Wijana, I. Dewa Putu. 2004. Kartun: Studi Tentang Permainan Bahasa. Yogyakarta: Ombak.
Wijana, I. Dewa Putu. 2014. Wacana Teka-Teki. Yogyakarta: A.Com Press.
Wijana, I Dewa Putu dan Mohammad Rohmadi. 2009. Analisis Wacana Pragmatik: Kajian Teori dan Analisis. Surakarta: Yuma Pustaka.
Wittgenstein, Ludwig. 1988. Philosophical Investigations. Great Britain: Basil Blackwell.
DOI: https://doi.org/10.24071/sin.v14i1.2530
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Marcelina Cica Pratiwi Silalahi, Sony Christian Sudarsono, Maria Magdalena Sinta Wardani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Sintesis by https://e-journal.usd.ac.id/index.php/sintesis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Sintesis
View My Stats Sintesis