WACANA IKLAN TELEVISI ROKOK DJARUM 76 VERSI PENGIN EKSIS: ANALISIS TANDA MENURUT ROLAND BARTHES
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Tulisan ini membahas makna denotasi, konotasi, dan mitos pada iklan televisi rokok Djarum 76
versi pengin eksis. Ada dua hal yang dibahas, yaitu makna denotasi dan konotasi pada iklan
televisi rokok Djarum 76 versi pengin eksis berdasarkan tanda-tanda visual dan verbalnya dan
mitos di balik iklan tersebut. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa
dari sembilan adegan yang dibagi, pada adegan 1, ditemukanmakna denotatif dan konotatif tentang
tokoh pria paruh baya dan latar (tempat dan waktu). Pada adegan 2,ditemukan makna denotatif
dan konotatif tentang tokoh pria paruh baya dan lampu emas ajaib. Pada adegan 3 ditemukan
makna denotatif dan konotatif tentang tokoh jn dan penggabungan dua mitos. Padaadegan 4
ditemukan makna denotatif dan konotatif tentang tokoh jin. Pada adegan 5 ditemukan makna denotatif
dan konotatif tentang tokoh pria paruh baya.Pada adegan 6 ditemukan makna denotatif dan konotatif
tentang tokoh jin. Padaadegan 7 ditemukan makna denotatif dan konotatif tentang tokoh pria paruh
baya.Padaadegan 8 ditemukan makna denotatif dan konotatif tentang tokoh jin serta pada adegan 9
ditemukan makna denotatif dan konotatif tentang logo Djarum 76. Adapun terdapat enam mitos
dalam iklan Djarum 76 versi Pengin Eksis, yaitu (a) mengekalkan branding, (b) menunjukkan
eksistensi sebagai rokok rakyat, (c) melestarikan budaya, (d) mengkritik budaya pengin eksis, (e)
membangun citra humoris, dan (f) menunjukkan kuasa produsen rokok.
versi pengin eksis. Ada dua hal yang dibahas, yaitu makna denotasi dan konotasi pada iklan
televisi rokok Djarum 76 versi pengin eksis berdasarkan tanda-tanda visual dan verbalnya dan
mitos di balik iklan tersebut. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa
dari sembilan adegan yang dibagi, pada adegan 1, ditemukanmakna denotatif dan konotatif tentang
tokoh pria paruh baya dan latar (tempat dan waktu). Pada adegan 2,ditemukan makna denotatif
dan konotatif tentang tokoh pria paruh baya dan lampu emas ajaib. Pada adegan 3 ditemukan
makna denotatif dan konotatif tentang tokoh jn dan penggabungan dua mitos. Padaadegan 4
ditemukan makna denotatif dan konotatif tentang tokoh jin. Pada adegan 5 ditemukan makna denotatif
dan konotatif tentang tokoh pria paruh baya.Pada adegan 6 ditemukan makna denotatif dan konotatif
tentang tokoh jin. Padaadegan 7 ditemukan makna denotatif dan konotatif tentang tokoh pria paruh
baya.Padaadegan 8 ditemukan makna denotatif dan konotatif tentang tokoh jin serta pada adegan 9
ditemukan makna denotatif dan konotatif tentang logo Djarum 76. Adapun terdapat enam mitos
dalam iklan Djarum 76 versi Pengin Eksis, yaitu (a) mengekalkan branding, (b) menunjukkan
eksistensi sebagai rokok rakyat, (c) melestarikan budaya, (d) mengkritik budaya pengin eksis, (e)
membangun citra humoris, dan (f) menunjukkan kuasa produsen rokok.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24071/sin.v11i2.1733
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Clara Natalia Christina Mitak
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Sintesis by https://e-journal.usd.ac.id/index.php/sintesis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Sintesis
View My Stats Sintesis