PERGULATAN MULTIKULTURALISME MASYARAKAT YOGYAKARTA DARI PERSPEKTIF BAHASA

I. Praptomo Baryadi(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Dalam tulisan ini dibicarakan perjuangan masyarakat Yogyakarta sebagai masyarakat yang multikultural untuk mewujudkan pandangan kesetaraan dalam perbedaan dalam kehidupannya dari perspektif bahasa. Pilihan perspektif bahasa ini didasarkan pada kenyataan bahwa masyarakat bahasa di Yogyakarta merupakan masyarakat yang masyarakat diglosik, yaitu masyarakat yang menggunakan banyak bahasa dengan fungsi yang berbeda. Pembahasan menunjukkan bahwa masyarakat Yogyakarta menggunakan bahasa untuk mengaransemen interaksi warganya yang beragam sehingga menciptakan kehidupan bersama yang saling menghargai. Dalam hal ini bahasa berperanan untuk mengaransemen hubungan baik antaranggota masyarakat dalam satu suku maupun antaranggota masyarakat yang berbeda suku. Selain itu, masyarakat Yogyakarta sebagai masyarakat diglosik terus bergulat memperjuangkan kesetaraan antara bahasa yang satu dengan bahasa yang lain.

Full Text:

PDF

References


Alwi, Hasan dan Dendy Sugono (Editor). 2011. Politik Bahasa. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Baryadi, I. Praptomo. 2014. Pengembangan Dwibahasawan yang Seimbang untuk Mempertahankan Bahasa-bahasa Daerah di Indonesia. Dalam I. Praptomo Baryadi dan Musdalipah (Editor). Bahasa Daerah: Kondisi dan Upaya Pemertahanannya (Prosiding). Penerbit Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Selatan bekerja sama dengan Penerbit FAMILIA. Hlm. 25-40.

Bhikhu Parekh. 2008. Rethingking Multiculturalism. Diterjemahkan dari buku RETHINGKING MULTICULTURALISM: Cultural Diversity and Political Theory oleh C.B. Bambang Kukuh Adi. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Djoko S., Warsito. 2011. Kebudayaan dan Pembentukan Identitas Diri. Dalam Multikulturalisme: Belajar Hidup Bersama dalam Perbedaan. Jakarta: PT Indeks. Hlm. 22-40.

Ferguson, C.A. 1972. Diglossia. Dalam P.P. Giglioli (ed.). Language and Social Context. London/England: Pinguin Books, Ltd. Hormondsworth, Middlesex.

Johnson, Allan G. 1986. Human Arrangement: An Introduction to Sociology. Orlando, Florida: Harcourt Brace Javanovich, Inc.

Kaswanti Purwo, Bambang. 2000. Bangkitnya Kebhinekaan Dunia Linguistik dan Pendidikan. Orasi Ilmiah pada upacara pengukuhan guru besar linguistik di Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Jakarta, 10 November 2000. Jakarta: Mega Media Abadi.

Nugroho, St. 2011. Multikulturalisme. Dalam Multikulturalisme: Belajar Hidup Bersama dalam Perbedaan. Jakarta: PT Indeks. Hlm. 14-20.

Poedjosoedarmo, Soepomo. 1982. Kode dan Alih Tutur. Widyaparwa, No.22, Juni 1982. Yogyakarta: Balai Penelitian Bahasa.

Wijana, I Dewa Putu. 2014. Bunga Rampai Persoalan Linguistik, Sosiolinguistik, dan Pragmatik. Yogyakarta: A.Com Press.




DOI: https://doi.org/10.24071/sin.v9i1.1031

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 I. Praptomo Baryadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Sintesis by https://e-journal.usd.ac.id/index.php/sintesis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Sintesis

View My Stats Sintesis