PENGARUH PEMBELAJARAN STATISTIKA KONSTRUKTnnSTERHADAPPERKEMBANGAN PENGETAHUAN DAN KARAKTER MAHASISWA PENDIDlKAN BIOLOGI

Paul Suparno(1*),

(1) Sanata Dharma University, Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetabui pengarubpembelajaran statistika konstruktivis terhadap perkembanganpengetahuan dan karakter mahasiswa pendidikan BiologiUniversitas Sanata Dharma. Pertanyaan utama adalah (I)apakah pengetahuan mahasiswa meningkat, (2) apakah tingkatkarakter mahasiswa menjadi lebih tinggi, dan (3) karakter manayang dirasakan sangat berkembang oleb mahasiswa. SampeJnyaadalah 34 mahasiswa Pendidikan Biologi yang sedangmengikuti kuliah statistika. Pembelajaran statistika konstruktivisdigunakan sebagai treatment. Instrumen penelitian berupa
pretest dan postest untuk mengetahui kernajuan pengetahuan mahasiswa dan angket untuk melihat karakter mahasiswa setelah mempelajari statistika dengan pendekatan konstruktivis. Hasil penelitian adalah (I) pengetabuan mahasiswa rneningkat secara signifikan; (2) karakter mahasiswa tinggi; dan (3) nilai karakter yang sangat dirasakan oleh rnahasiswa adalah ketelitian, kerja sarna, kejujuran, dan disiplin.

Keywords


pembelajaran statistika konstruktivis, pengetahuan, karakter, pendidikan bilogi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.