ERSEPSI SISWA TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN GOOGLE CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 3 BANTUL

Maryati Maryati(1*), Natalina Premastuti Brataningrum(2),

(1) Universitas Sanata Dharma Yogyakarta
(2) Universitas Sanata Dharma Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


The purpose of this research is to know students’ perception of the use of google classroom as a medium of online learning in economic subject at SMA Negeri 3 Bantul. This kind of research was descriptive with quantitative research. The population in this research are all the students majoring in social studies at SMA Negeri 3 Bantul, which consisted of 281 students. The samples in this research were 165 students who were taken by convenience sampling. Data were collected by questionnaires and interviews and analyzed by descriptive analysis.The results in this research showed that: (1) Students’ perception of the use of google classroom as a medium of online learning in economic subject at SMA Negeri 3 Bantul were positive with a tendency rate of 43. (2) student learning outcomes while using the google classroom learning media are included in the high category with a tendency rate of 77%.

Keywords : Perception, google classroom and online learning


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arnani, M. (2020, Maret 12). kompas.com. Retrieved September 21, 2020, from kompas.com: https://www.kompas.com/tren/read/2020/03/12/113008565/timeline- wabah-virus-corona-terdeteksi-pada-desember-2019-hingga-jadi?page=all

Arylien Ludji Bire, U. G. (2014). Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial, dan Kinestetik Terhadap Prestasi Belajar Siswa . Jurnal Kependidikan, Volume 44, Nomor 2, 168-174.

Asrori. (2020). Psikologi pendidikan pendekatan multidisipliner. Jawa Tengah: CV Pena Perada.

Badaruddin, A. (2015). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Konseling Klasikal. Jakarta: CV Abe Kreatifindo.

Basuki, Y. R. (2020). Panduan Mudah Google classroom. Malang: 3Basuki Publisher.

Batubara, H. H. (2018). Pembelajaran berbasis web dengan moodle versi 3.4. Yogyakarta: Deepublish.

Cahyadi, A. (2019). Pengembangan Media dan Sumber Belajar Teori dan Prosedur. Serang: Laksita Indonesia.

Dewi, P. K., & Budiana, N. (2018). Media Pembelajaran Bahasa: Aplikasi Teori Belajar dan Strategi Pengoptimalan Pembelajaran. Malang: UB Press.

Ernawati. (2018). Pengaruh penggunaan aplikasi google classroom terhadap kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI di MAN 1 kota Tangerang Selatan. Skripsi.

Firdaus, & Zamzam, F. (2018). Aplikasi Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Deepublish.

Google. (n.d.). Google for education: google classroom. Retrieved November 15, 2020, from Google classroom: https://edu.google.com/intl/id/products/classroom/

Gusty, S., Nurmiati, N., Muliana, M., Sulaiman, O. K., Ginantra, N. L., Manuhutu, M. A., et al. (2020). Belajar Mandiri: Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Yayasan Kita Menulis.

Ihsanuddin. (2020, Maret 03). kompas.com. Retrieved September 21, 2020, from kompas.com: https://nasional.kompas.com/read/2020/03/03/06314981/fakta-lengkap- kasus-pertama-virus-corona-di-indonesia?page=all

Imaduddin, M. (2018). Membuat kelas online berbasis android dengan google classroom. Yogyakarta: Garudhawaca.

Indarto, D. (2012). Pengaruh Gaya Belajar dan Motivasi Berprestasi Siswa Terhadap Prestasi Belajar Praktik Instalasi Listri di SMK Negeri 2 Yogyakarta. Skripsi, Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Kasmadi, & Sunariah, N. S. (2016). Panduan modern penelitian kuantitatif. BANDUNG: Alfabeta.

Khoeron, I. R., Sumarna, N., & Permana, T. (2014). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Produktif. Journal of Mechanical Engineering Education, Vol. 1, No.2, 291-297.

Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran: Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran Bagi Pendidik di Sekolah dan Masyarakat. Jakarta: Kencana.

Kurniawan, R. (2014). Pengaruh Lingkungan Sekolah, Motivasi Belajar Dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Peralatan Kantor Kelas X Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013. Economic Education Analysis Journal, 96- 105.

Lestari, N. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar, Disiplin Belajar dan Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pengantar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi Smk Negeri 4 Klaten Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi, Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Mardawani. (2020). Praktis Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Dee Publish. Marpaung, J. (2015). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal KOPASTA, 2 (2), 82-86.

Masidjo. (1995). Penilaian Pencapaian Hasil Belajar Siswa di Sekolah. Yogyakarta: Kanisius.

Maskar, S., & Wulantina, E. (2019). Persepsi Siswa terhadap Metode Blended Learning. Jurnal Inovasi Matematika (Inomatika), 110-121.

Melda Yuliani, Janner Simarmata, Siti Saodah Susanti, Eni Mahawati, Rano Indradi Sudra, Heri Dwiyanto, Edi Irawan, Dewa Putu Yudhi Ardiana, Muttaqin Muttaqin, Ika Yuniwati. (2020). Pembelajaran Daring untuk Pendidikan: Teori dan Penerapan. Yayasan Kita Menulis.

Monika, & Adman. (2017). Peran Efikasi Diri Dan Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 219-226.

Mudamayanti, P., & Wiryanto. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Google classroom Untuk Mengukur Pencapaian Indikator Terhadap Pembelajaran Matematika Materi Pengolahan Data Kelas V SD di Tengah Situasi Lockdown Akibat Virus Covid-19. Jurnal Ilmu Pendidikan, 508-517.

Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika. Journal of Islamic Education , 1-12.

Nurdin, I., & Hartati, S. (2019). Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya: Media Sahabat Cendekia.

Penyakit, D. J. (2020). Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease (COVID-19). Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Pohan, A. E. (2020). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Jawa Tengah: CV. SARNU UNTUNG.

Pradhana, R. B. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual, Fasilitas Belajar dan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada SMA Negeri 1 Kalasan, SMA Negeri 10 Yogyakarta dan SMA Negeri 1 Banguntapan Kelas XI. Skripsi, Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Pratisti, W. D., & Yuwono, S. (2018). Psikologi Eksperimen: Konsep, Teori, dan Aplikasi. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Rahayu, S. (2017). Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X IIS SMA Negeri 1 Sewon Tahun Ajaran 2016/2017. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Rukin. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Sulawesi Selatan: Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.

Santosa, F. H., Negara, H. R., & Bahri, S. (2020). Efektivitas pembelajaran google classroom terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Matematika (JP3M), 62-70.

Sartika, M. R. (2018). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Fasilitas dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPX SMA Pangudi Luhur Yogyakarta. Skripsi, Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Sedarmayanti, & Hidayat, S. (2011). Metodologi Penelitian. Bandung: Mandar Maju.

Seran, S. (2020). Metodologi Penelitian Ekonomi dan Sosial. Yogyakarta: Dee Publish.

Shivam, R., & Singh, S. (2015). Implementation of Blended Learning in Classroom: A Reviewer Paper. International Journal of Scientific and Research Publications, 369-372.

Singga Dewi, R. (2015). Pengaruh Disiplin Belajar Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS Di SMA Negeri 14 Semarang. 10-29.

Sudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Bandung: Alfabeta.

Sumiharsono, R., & Hasanah, H. (2017). Media Pembelajaran. Jawa Timur: CV Pustaka Abadi.

Supriadi, I. (2020). Metode Riset Akuntansi. Yogyakarta: Deepublish.

Susanti, L. (2019). Strategi pembelajaran berbasis motivasi. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Suwendra, I. W. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Ilmu Sosial,

Suyono, A. (2018). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI IPS SMA N 3 Tapung Tahun Ajaran 2017/2018 . PeKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi FKIP UIR Vol 6 No 1, 1-10.

Wijiyanto, D. (2017). Pengaruh Disiplin Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMP Negeri 26 Purworejo. Skripsi, Purworejo: Universitas MUhammadiyah Purworejo.

Yensy, N. A. (2020). Efektifitas Pembelajaran Statistika Matematika melalui Media Whatsapp Group Ditinjau dari Hasil Belajar Mahasiswa (Masa Pandemik Covid 19) . Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia , 65-74.




DOI: https://doi.org/10.24071/jpea.v15i1.4604

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN (online) 2829-6117 ISSN (cetak) 1978-8770

 

    

Kontak:

Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sanata Dharma

Jl. Affandi, Mrican, Caturtunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta 55281

Telp (0274) 513301 Ext. 1445 Faks. (0274) 562383

Email: jpea@usd.ac.id

Peta: https://goo.gl/maps/Fzo43axWqLFqYcwS8