HUBUNGAN RASA PERCAYA DIRI, PERHATIAN GURU, DAN DUKUNGAN TEMAN SEBAYA DENGAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DI KELAS

Monica Prima Pramesty(1*), Ignatius Bondan Suratno(2),

(1) Universitas Sanata Dharma Yogyakarta
(2) Universitas Sanata Dharma Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


The purpose of this research was to determine the correlation between: 1) self- confidence and students’ learning activeness in class; 2) teacher’s attention and student learning activeness in class; and 3) peer students support with student learning activeness in class. This type of research was correlational research. The population in this research were 186 students of grade XI SMK Negeri 1 Yogyakarta. The research samples were 93 students taken by a convenience sampling. The data were collected by questionnaires and analyzed by descriptive analysis and Spearman’s Rank correlation. The results of this study indicated that: 1) there was a positive and significant correlation between self-confidence and students’ learning activeness in class (r_count = 0.653 > r_table = 0.2309; Sig. (1-tailed) = 0.000); 2) there was no positive and significant correlation between teacher’s attention and student learning activities in class (r_count = 0.003 < r_table = 0.2309; Sig. (1-tailed) = 0.490); and 3) there was a positive and significant relationship between peer students support and student learning activeness in class (r_count = 0.428 > r_table = 0.2309; Sig. (1-tailed) = 0,000).

Keywords: Self-Confidence, Teacher’s Attention, and Peer Students Support.


Full Text:

PDF

References


Ameliah, I.H, Munawaroh, M., Muchyidin, A. (2016). “Pengaruh Keingintahuan dan Rasa Percaya Diri Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Kelaf VII MTs Negeri I Kota Cirebon”. EduMa. Vol.5 No.1.

Arikunto, S. 2003. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.Cetakan Ke-11

Astuti, K.W. (2019). “Hubungan Persepsi Siswa Terhadap Profesionalisme Guru, Motivasi Belajar Siswa, dan Rasa Percaya Diri Siswa dengan Petisipasi Aktif Siswa di Kelas.Skripsi. FKIP Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Aunurrahman. 2014. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Aziza, F. (2017). “Hubungan Antara Kepercayaan Diri dengan Keaktifan Belajar Peserta Didik Kelas IV di MI Islamiyah Podorejo Ngaliyan Kota Semarang Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Brataningrum, N.P. 2014. Modul Pengolahan Data Elektronik 1. Yogyakarta: FKIP Universitas Sanata Dharma

Burhanudin, J. (2010). “Studi Kinerja Pegawai Layanan Sirkulasi dan Referens di Perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Tesis. Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Program Magister Ilmu Perpustakaan Depok.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (2003). Undang-Undang No 20 tahun 2003 Bab II pasal 3 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdikbud.

Djamarah, S.B dan Zain, A.2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta

Fatimah, E. 2006. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik).Bandung: CV.Pustaka Setia

Hastuti, D.N. (2018). “Penerapan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Desaian Grafis Kelas X Multimedia 1 di SMK N 1 Godean. Skripsi. Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

Komara, I.B. (2016). “Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Prestasi Belajar dan Perencanaan Karir Siswa”. PSIKOPEDAGODIA. Vol.5 No.1.

Kurniati, N.F. (2015). “Hubungan Perhatian Guru dengan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pagentan Banjarnegara)”. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Laksana, H. 2017. Menjadi Pribadi Memikat, Berpengaruh, dan Percaya Diri di Segala Situasi. Yogyakarta: Araska

Lindawati. (2010). “Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Tutor Teman Sebaya Pada Pokok Bahasan Senyawa Karbon Kelas X.3 Madrasah Aliyah Negeri Dumai. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru.

Margono. 2010. Metodologi Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Marjanti, S. (2015). “Upaya Meningkatkan Rasa Percaya Diri Melalui Konseling Kelompok Bagi Siswa X IPS 6 SMA 2 Bae Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015”. Jurnal Konseling GUSJIJANG. Vol. 1 No.2.

Mufarohah, M. 2013. Hubungan Percaya Diri Dengan Intensitas Perilaku Menyontek Siswa Madraah Aliyah Salafiyah Bangil Pasuruan Kelas XI. [Online]. Tersedia: http://etheses.uin-malang.ac.id/1781/5/09410125_Bab_2.pdf. [20 September 2019]

Musyafa, Y.A. 2018. Analisis Laik Fungsi Bangunan Hunian Vertikal. [Online]. Tersedia: https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/10919/Jurnal.pdf?sequence=9&isAllowed=y. [15 Mei 2020]

Rohmah. 2015. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Kalimedia

Rosyadi, MH. 2012. Hubungan Interaksi Sosial dalam Kelompok Teman Sebaya Terhadap Penerimaan Diri Remaja di Pondok Pesantren Bahrul Ulum Ribath Alghozali Tambakkeras Jombang.[Online]. Tersedia: http://etheses.uin-malang.ac.id/2266/6/07410072_Bab_2.pdf. [20 September 2019]

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Yamin, M. 2006. Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta: Gaung Persada Press




DOI: https://doi.org/10.24071/jpea.v15i1.4601

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN (online) 2829-6117 ISSN (cetak) 1978-8770

 

    

Kontak:

Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sanata Dharma

Jl. Affandi, Mrican, Caturtunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta 55281

Telp (0274) 513301 Ext. 1445 Faks. (0274) 562383

Email: jpea@usd.ac.id

Peta: https://goo.gl/maps/Fzo43axWqLFqYcwS8