WRITTEN CORRECTIVE FEEDBACK IN WRITING CLASS: STUDENTS PREFERENCES AND TYPES OF ERRORS
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Umpan balik tertulis sering dipilih oleh pengajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing dalam upayanyamemberikan umpan balik bagi tulisan mahasiswa. Meskipun banyak peneliti sudah meneliti penerapan dari umpan balik tertulis, banyak dari penelitian tersebut difokuskan pada efektifitas umpan balik tertulis dan alasan-alasan penggunaannya dari sudut pandang pengajar. Pilihan mahasiswa pada jenis umpan balik tertulis yang diterapkan oleh pengajar mereka dan jenis kesalahan-kesalahan apa yang harus dikoreksi selama ini tidak diteliti secara mendalam. Oleh karena itu, peneliti bermaksud mengidentifikasi pilihan mahasiswa di kelas Paragraph Writing dalam hal umpan balik tertulis serta jenis-jenis kesalahan yang harus dikoreksi oleh pengajar di kelas writing. Peneliti mendistribusikan kuesioner dalam bentuk uraian dan pilihan ganda untuk mengumpulkan data. Temuan pertama menunjukan bahwa mendapat umpan balik dari pengajar dianggap sebagai hal yang berguna bagi perbaikan tulisan mahasiswa. Namun, sebagian besar mahasiswa memilih umpan balik tertulis bertipe tidak langsung. Dari tiga bentuk umpan balik tipe tersebut, mereka menyebutkan bahwa bentuk umpan balik dengan cara memberikan indikasi dan lokasi kesalahan (indicating and locating) adalah jenis umpan balik tertulis yang paling berguna. Temuan kedua menunjukkan bahwa kesalahan-kesalahan dalam hal bentuk, seperti tata bahasa, tanda baca, pengejaan, dan kosa kata dianggap berguna untuk diperbaiki oleh pengajar. Hal ini membuktikan bahwa mahasiswa, sebagai mahasiswa yang belajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing, memerlukan lebih banyak umpan balik dalam hal ketepatan bahasa agar tidak ada kesalahan dalam tulisan mereka.
Keywords: Written Corrective Feedback, EFL Writing
Full Text:
PDFReferences
Ahmed, A. H. 2010. Students Problems with Cohesion and Coherence in EFL Essay Writing in Egypt: Different Perspective. Literacy Infor mation and Computer Education Journal, 1(4), 211-221.
Amrhein, H.R., & Nassaji, H. 2010. Written Corrective Feedback: what do Students and Teachers Prefer and Why? Canadian Journal of Applied Linguistics, 13, 95 127.
Bhela, B. 1999. Native Language Interference in Learning a Second Language: Exploratory Case Studies of Native Language Interference with Target Language Usage. International Education Journal, 1(1), 22-31.
Bitchener, J., & Knoch, U. 2008. The Value of a Focused Approach to Written Corrective Feedback. Language Teaching Research, 12, 409-431.
Bitchener, J., Young, S., & Cameron, D. 2005.The Effect of Different Types of Corrective Feedback on ESL Student Writing. Journal of Second Language Writing, 14, 191-205.
Chandler, J. 2003. The Efficacy of Various Kinds of Error Feedback for Improvement in the Accuracy and Fluency of l2 Student Writing. Journal of Second Language Writing, 12, 267-296.
Clark, H., & Ouellette, M. 2008. Students Noticing and Incorporation of Written Feedback: A Snapshot of ESOL Writing Instructors Commentary on Adult ESOL Students Essays. Masters Thesis, University of Texas. Retrieved from http://hdl.handle. net/10106/669
Ellis, R. 2009. A Typology of Written Corrective Feedback Types. ELT Journal, 2(2), 97-107.
Ferris, D. 1999. The Case for Grammar Cor rection in L2 Writing Classes: A Response to Truscott (1996). Journal of Second Language Writing, 8(1), 1-11.
Hartshorn, K. J. 2008. The Effects of Manageable Corrective Feedback on ESL Writing Accuracy. Unpublished Disser tation, Brigham Young University, Provo, UT.
Lightbown, P. M. & Spada, N. 1999. How Languages are Learned. Oxford, UK: Oxford University Press.
Mirzaii, M. 2012. A Comparative Study of the Impact of Oral Conferencing and Consciousness Raising Instruction on Iranian EFL Learners Writing Per for mance. Unpublished Masters Thesis, Iran University of Science and Technology, Tehran, Iran.
Santos, T. 2000. On the Future of Second Language Writing: The EFL/ESL Split. Journal of Second Language Writing, 9(1), 8-10.
Schulz, R. A. 2001. Cultural Differences in Student and Teacher Perceptions Concerning the Role of Grammar Instruction and Corrective Feedback: USA-Columbia. Modern Language Journal, 85, 244-258.
Shokrpour, N., & Fallahzadeh, M. 2007. A survey of the Students and Interns EFL Writing Problems in Shiraz University of Medical Sciences. Asian EFL Journal, 9(1).
Silva, T. 1993. Toward an Understanding of the Distinct Nature of L2 Writing: The ESL Research and its Implications. TESOL Quarterly, 27, 657-677.
Truscott, J. 1996. The Case Against Grammar Correction in L2 Writing Classes. Language Learning, 46(2), 327-369.
Bueningen, V. C. 2010. Corrective Feedback in L2 Writing: Theoretical Perspectives, Empirical Insights, and Future Directions. International Journal of English Studies, 10(2), 1-27.
Wang, W., & Wen, Q. 2002. L1 use in L2 Composing Process: An exploratory Study of 16 Chinese EFL Writers. Journal of Second Language Writing, 11, 225-246.
Weigle, S. C. 2002. Assessing Writing. Cambridge: Cambridge University Press.
Refbacks
- There are currently no refbacks.