THE WRITTEN TEXTS USED IN FIRST-SEMESTER COURSES IN THE ENGLISH LANGUAGE EDUCATION STUDY PROGRAM

Laurentia Sumarni(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Riset telah menemukan bahwa untuk dapat memahami teks secara memadai, diperlukan pemahaman atas setidaknya 95% dari kosa kata yang ada dalam teks. Di Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Universitas Sanata Dharma, pemerolehan kosakata difasilitasi melalui pembelajaran kosakata incidental. Namun beban kosakata dari masing-masing teks belum diukur untuk memastikan bahwa teks tersebut mengandung kata-kata yang memiliki frekuensi yang tepat, penggunaan yang luas, dan penyebaran yang merata untuk memastikan text coverage. Oleh karena itu, riset untuk mengetahui text coverage dan beban kosakata dalam teks yang digunakan dalam teks perkuliahan di semester satu Pendidikan Bahasa Inggris akan dilakukan.

Instrumen riset yang digunakan adalah tes pengenalan kosakata yang diujikan kepada 64 mahasiswa semester satu. Tes tersebut terdiri dari empat (4) teks yang berisi 100 kata yang diambil dari teks yang digunakan dalam mata kuliah Basic Reading dan Book Report. Evaluasi beban kosakata yang terdapat dalam teks yang digunakan dalam mata kuliah semester satu dilakukan dengan menggunakan the Corpus of Contemporary American English online. Enam teks dianalisa dengan menggunakan corpus.

Hasil survey menunjukkan bahwa secara rata-rata mahasiswa tidak mengenali sekitar 3,62 kata yang terdapat dalam teks. Maka, text coverage mahasiswa adalah 96,38%. Ini berarti bahwa mahasiswa siap membaca teks-teks bacaan yang diberikan pada semester satu karena kosa kata yang ada di dalam teks-teks tersebut masih berada pada jangkauan kosakata mereka. Secara rata-rata, kata-kata yang tidak dikenali mahasiswa adalah 6,75 kata yang termasuk dalam daftar RANGE 2 dan 44,25 kata yang termasuk dalam daftar RANGE 3. Analisis teks COCA menunjukkan bahwa teks yang dianalisa mengandung 65,8% kata yang termasuk RANGE 1, 13,8% kata yang termasuk RANGE 2, 20,3% kata yang termasuk RANGE 3, dan 6,3% kata yang termasuk kosakata ACADEMIC. Dapat disimpulkan bahwa mahasiswa semester satu sudah siap dengan materi yang
diberikan pada perkuliahan semester satu. Oleh karena itu, sangat direkomendasikan apabila semua teks bahasa Inggris yang akan dipakai sebagai materi perkuliahan dianalisa terlebih dahulu dengan menggunakan COCA untuk memastikan bahwa kosa kata yang diberikan telah sesuai dengan level mahasiswa. Dengan demikian, kesuksesan pembelajaran bahasa Inggris dapat dipastikan.

Kata kunci: text coverage, vocabulary load, vocabulary size, vocabularyknowledge, incidental vocabulary learning, COCA


Full Text:

PDF

References


Anderson, R.C., & P. F. 1983. Reading comprehension and the assessment and acquisition of word knowledge. In B. Houston (ed.), Advances in Reading/Language Research. Volume 2, pp. 231-256. Greenwich, CT:JAI Press.

Aziez, F. 2011. Examining the Vocabulary Levels of Indonesias English National Examination Texts. Asian EFL Journal, Professional Teaching Articles, Vol. 51, April 2011.

Cervatiuc, A. 2008. ESL Vocabulary acquisition: Target and Approach. In the Internet TESL Journal, Vol. XIV, No. 1, Januar y 2008. Available from http://iteslj.org/Articles/Cervatiuc-VocabularyAcquisition.html.

Coombe, C. Assessing vocabulary in the language classroom. In Malaysian English Language Teaching Association, pp. 111- 124.

Coxhead, A., 2010. Grabbed early by vocabulary: Nations ongoing contributions to vocabulary and reading in a foreign language. In Reading in a Foreign Language, April 2010, Vol. 22, No. 1, pp. 1-14.

Francis, N., & H. Kucera. 1982. Frequency analysis of English Usage. Boston: Houghton Mifflin Company.

Hanson, S., & Padua, Jennifer F. M. 2011. Teaching Vocabulary Explicitly. Honolulu: Pacific Resources for Education and Learning (PREL).

Hirsch, D., & Nation, P. 1992. What Vocabulary Size is Needed to Read Unsimplified Texts for Pleasure? In Reading in aForeign Language, Vol. 8 (2), 1992. http://corpus.byu.edu/coca/

Huang, J., Yuedong, Sheng., & Ying, X. 2007. On the Vocabular y Size for Chinese English learners. In Polyglossia, Vol. 13, October 2007.

Meara, P. 1996. The Vocabulary Knowledge Framework. In Lognostics.

Meara, P., & Alcoy, J. C. O. 2010. Words as Species: an Alternative Approach to Estimating Productive vocabulary size. In Reading in a foreign Language, April 2010, Vol. 22, No. 1, pp. 222-236.

Nagy, W.E., & Scott, J. A. 2000. Vocabulary Processes. In M. L. Kamil, P.B. Mosenthal, P.D. Pearson. R. Barr (Eds.) Handbook of Reading Research: Volume III, pp. 269-284. Mahwah, NJ: Erlbaum.

Nation, I.S.P. & Beglar, D. 2007. A vocabulary size test". The Language Teacher, 31(7), 9-13. Nation, I. S. P. (1990). Teaching and Learning vocabulary. New York: Newbury House.

Nation, I.S.P. 1995-1996. Best Practice in Vocabulary Teaching and Learning. EA Journal, 3 (2), 7-15.

Nation, P., & Waring, R. 1997. Vocabulary Dize, Text Coverage and Word Lists. In N. Schmitt & M. McCar thy (Eds.), Vocabulary: Description, accuquisition and pedagogy. Cambridge: Cambridge University Press, pp. 6-19.

Nation, I.S.P. 2001. Learning vocabulary in another language. Cambridge: Cambridge University Press.

Nation, I., & Heatley, A. 2002. Range: A program for the Analysis of Vocabular y in Texts [Computer Software]. Available from http://www.vuw.ac.nz/lals/staf f/paul-nation/nation.aspx

Nation, I.S.P., & Beglar, D. 2007. A Vocabulary Size Test. In The Language Teacher, 31(7), pp. 9-13.

Nation, I.S.P. 2008. Teaching Vocabulary: Strategies and Techniques. Boston: Heinle Cengage Learning.

Nurweni, A., & Read, J. 1999. The English Vocabulary Knowledge of Indonesian University Students. English for Specific Purposes, 18, pp. 161-175.

Pikulski, John J., & Templeton, S. 2004. Teaching and Developing Vocabulary: Key to Long-Term Reading Success. Houghton Mifflin Company. Retrieved January 9, 2013, from http://www.eduplace.com/state/pdf/author/pik_temp.pdf.

Read, John. 2007. Second Language Vocabulary Assessment: Current Practices and New Directions. International Journal of English Studies. Vol. 7 (2), 2007, pp. 105-125. www.um.es/ijes.

Read, J. 2000. Assessing Vocabulary. Cambridge: Cambridge University Press.

Schmitt, N., & Meara, P. 1997. Researching Vocabular y Through a Word Knowledge Framework: Word associations and Verbal Suffixes. In SSLA, Vol. 20, pp. 17-36. Cambridge University Press.

Schmitt N., & McCarthy, M. 1997. Vocabulary, Description, Acquisition and Pedagogy. Cambridge: Cambridge University Press.

Schmitt, N. 2000. Vocabulary in Language Teaching. Cambridge: Cambridge University Press.

Schmitt, N. 2008. Teaching Vocabulary. Pearson Education, Inc.

Scott, Judith. A., Hoover, Merrit., Flinspach, Susan Leigh., & Vevea, Jack L. (n.d.) . A multiple-Level Vocabulary Assessment Tool: Measuring Word Knowledge Based on Grade-Level Materials. In National Reading Conference Yearbook, No. 57, pp. 325-340.

Thorndike, E., & Lorge, I. 1944. The Teachers Word Book of 30,000 Words. Columbia: Teachers College.

Watts, J. . Measuring the Effectiveness of a Vocabulary Programme. Pp. 15-25.

Xing, P., & Fulcher, G. 2006. Reliability Assessment for Two Versions of Vocabulary Levels Tests. www.sciencedirect.com.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.