WORKSHOP KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SEKOLAH MITRA PENDIDIKAN SEJARAH UNIVERSITAS SANATA DHARMA
(1) Universitas Sanata Dharma
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan memperoleh informasi terkait penerapan workshop kurikulum merdeka dalam pembelajaran sejarah di sekolah mitra pendidikan sejarah Universitas Sanata Dharma. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, yakni menggambarkan pelaksanaan workshop terkait kurikulum merdeka dalam pembelajaran sejarah di sekolah mitra tentang situasi dan data yang diperoleh selama pengamatan. Melalui hasil penelitian ini diperoleh bahwa implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran sejarah di sekolah mitra telah dilaksanakan dengan cukup baik dengan adanya fasilitas berupa serangkaian pelatihan dan sosialisasi terkait pelaksanaan dan pembuatan perangkat pembelajaran berbasis kurikulum merdeka. Guru di sekolah mitra berusaha beradaptasi dengan istilah-istilah baru seperti Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), Capaian Pembelajaran (CP), Tujuan Pembelajaran (TP) dan beberapa istilah lainnya.
Full Text:
PDFReferences
Sumber Buku:
Ishak. 2023. Panduan Praktis Menulis Penelitian Tindakan Kelas Pada Kurikulum Merdeka Belajar.
Sumsinar S., dkk. 2023. Guru Penggerak dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Tulungagung: Akedemia Pustaka.
Sumber Jurnal:
Anggraini, L., Marsela Yulianti., Siti Nur, F., Anjani Putri, B. 2022. Peran Guru Dalam Mengembangkan Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial, Vol. 1, No. 3.
Aulia, D. I. 2023. Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar Melalui Platform Merdeka Belajar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, VIII (1).
Indawati, N., Kartiko, A., Suyitno Suyitno, A. S., & Fuad, Z. 2022. Improving The Religious Character of Educators Through Exemplary of Principles. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam AL-TANZIM, Vol.VI, No.3.
Musana, Al. 2017. Indigenisasi Pendidikan: Rasionalitas Revitalisasi Praksis Pendidikan Ki Hajar Dewantara. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. II, No.1.
DOI: https://doi.org/10.24071/hv.v3i2.7932
DOI (PDF): https://doi.org/10.24071/hv.v3i2.7932.g3807
Refbacks
- There are currently no refbacks.