MEMAHAMI SEJARAH PERGERAKAN NASIONAL MELALUI MUSEUM KEBANGKITAN NASIONAL DALAM MEMBANGUN KARAKTER BANGSA

Siti Annisa(1*),

(1) Universitas Negeri Semarang
(*) Corresponding Author

Abstract


Pendidikan sejarah pada saat ini seringkali dianggap sebagai mata pelajaran monoton karena memiliki buku bacaan yang tebal. Anggapan tersebut membuat minat belajar siswa menurun sehingga perlu adanya inovasi dalam mempelajari sejarah. Inovasi dalam Pendidikan Sejarah sangat penting diperhatikan dan dikembangkan dalam membangun karakter bangsa karena kita dapat belajar mengenai pengorbanan dan perjuangan para pahlawan dalam memperjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia. Salah satu inovasi yang dapat diterapkan adalah mengunjungi museum perjuangan. Oleh karena itu, dalam tulisan ini penulis ingin menjelaskan mengenai pentingnya pembelajaran sejarah melalui Museum Kebangkitan Nasional dalam membangun karakter bangsa. Dalam hal ini, inovasi yang tepat dalam mempelajari sejarah yaitu dengan mengunakan Museum Kebangkitan Nasional sebagai sarana yang efektif dalam pembelajaran sejarah bagi pengunjung dalam memahami sejarah pergerakan nasional dan pembentukan karakter bangsa. Dengan belajar sejarah melalui Museum Kebangkitan Nasional, para pengunjung museum baik siswa, guru atau khalayak umum dapat mendapatkan pengetahuan mengenai sejarah perjuangan dengan melalui pameran interaktif, tayangan audio visual, serta tur dengan penjaga museum. Dengan begitu, para pengunjung museum akan mempelajari dan memahami mengenai nilai-nilai kebangkitan nasional serta menumbuhkan rasa nasionalisme dan patriotisme dalam diri. Oleh karena itu, pendidikan sejarah harus terus diperkuat dan didukung oleh pemerintah dan masyarakat, termasuk melalui dukungan terhadap Museum Kebangkitan Nasional sebagai pusat pengetahuan sejarah yang penting.

 

Kata kunci : Sejarah Pergerakan Nasional, Museum  Kebangkitan Nasional, Pendidikan Sejarah, Karakter Bangsa.

 


Full Text:

PDF

References


Asmara, D. (2019). Peran Museum dalam pembelajaran sejarah. Kaganga: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora, 2(1), 10-20.

Evitasari, O., Qodariah, L., & Gunawan, R. (2020). Pemanfaatan Fungsi Museum Sebagai Sumber Belajar Sejarah Dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis. Estoria: Journal of Social Science and Humanities, 1(1), 43-56.

Hadi, J. S. R. S. (2018). NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MATERI SEJARAH KEBANGKITAN NASIONAL INDONESIA. Sejarah dan Budaya: Jurnal Sejarah, Budaya, dan Pengajarannya, 12(1), 39-48.

Mukhlis, M. (2021). Pendidikan Sejarah Dalam Pendidikan Karakter Bangsa.

Sukardi, S., & Sepriady, J. (2020). Peran Pendidikan Sejarah Dalam Membentuk Karakter Bangsa. Kalpataru: Jurnal Sejarah dan Pembelajaran Sejarah, 6(2), 114-117.




DOI: https://doi.org/10.24071/hv.v4i1.6315

DOI (PDF): https://doi.org/10.24071/hv.v4i1.6315.g4134

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Collaborated with:
P3SI
 

e-ISSN: 2797-9415
p-ISSN: 2797-9776

ALAMAT REDAKSI

Program Studi Pendidikan Sejarah-FKIP, Universitas Sanata Dharma

Mrican, Tromol Pos 29, Yogyakarta 55002

Telepon (0274) 513301, 515352;
Fax. (0274) 562383

E-mail: hisvit-spps@usd.ac.id