KEBIJAKAN ORGANISASI TRI KORO DHARMO MEMBERIKAN DAMPAK KEMAJUAN PENDIDIKAN DI INDONESIA
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini berjudul Kebijakan Organisasi Tri Koro Dharmo Memberikan Dampak Kemajuan Pendidikan Di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) latar belakang berdirinya organisasi Tri Koro Dharmo, 2) Dampak Kemajuan Pendidikan di Indonesia, 3) Tujuan dan Kendala Yang Dihadapi Organisasi Tri Koro Dharmo. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, display data atau penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil dari penelitian ini yaitu Organisasi Tri Koro Dharmo didirikan bertujuan 1) Menggalang persatuan pemuda, 2) Memperluas pengetahuan dalam segala hal, 3) Membuktikkan rasa cinta kepada bahasa dan kebudayaan Jawa. Organisasi Tri Koro Dharmo merupakan perkumpulan kaum muda yang didirikan untuk membantu memenuhi kebutuhan para pelajar yang hidupnya jauh dari keluarga terutama dari orang tua.
Full Text:
PDFReferences
Citra Yuliyanti Eka Pertiwi, C. PERANAN PEMUDA DALAM PERGERAKAN NASIONAL INDONESIA TAHUN 1908-1928.
Gunawan, R., Abdullah, T., & Lapian, A. B. (Eds.). (2012). Indonesia dalam Arus Sejarah. Ichtiar Baru van Hoeve
Hadiah, N. (2020). Memperkenalkan Sejarah Pahlawan Nasional Mr. Raden Achmad Soebardjo Djojoadisoejo Bagi Peserta Didik MI/SD Di Indonesia. As-Sibyan, 3(1), 79-95.
Hakim, L. (2016). Pemerataan akses pendidikan bagi rakyat sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional [Improving access to education as mandated by Law No. 20, 2003 on National Education System]. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 53–64. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/edutech/article/view/575
Milles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Analisis data kualitatif: buku sumber tentang metode-metode baru. Jakarta: UIP.
Karyanti, T. (2010). Sumpah Pemuda dan Nasionalisme Indonesia. Majalah Ilmiah INFORMATIKA, 1(3).
Mukodi, M. (2016). DINAMIKA KEBIJAKAN PENDIDIKAN DI INDONESIA SEBUAH REFLEKSI HISTORIS.
Naviah, N. I. (2022). PERAN PEMUDA DALAM PERGERAKAN INDONESIA DI TAHUN 1928-1940. Estoria: Journal of Social Science and Humanities, 2(2), 317-330.
Raharjo, M., & Kumalasari, D. (2016). Perkembangan Organisasi Tri Koro Dharmo Pada Masa Pergerakan Nasional Tahun 1915-1918. Risalah, 1(2).
Ristiana, S. (2018). PERSATUAN PEMUDA TAMAN SISWA (PPTS) SEBAGAI KADER PERJUANGAN TAMAN SISWA (1933-1962). Risalah, 5(5).
Safei, H., & Hudaidah, H. (2020). Sistem Pendidikan Umum Pada Masa Orde Baru (1968-1998). J Humanit, 7(1), 1–13.
"Sejarah Berdirinya Tri Koro Dharmo: Tujuan, Arti, hingga Tokoh" selengkapnya https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5874337/sejarah-berdirinya-tri-koro-dharmo-tujuan-arti-hingga-tokoh.
Sugiharti, S. (2016). EKSISTENSI ORGANISASI JONG JAVA DALAM PERGERAKAN NASIONAL (1915-1931). Ilmu Sejarah-S1, 1(3).
SUPRIYONO, H. (2014). PEMIKIRAN SOEKARNO PERIHAL EKONOMI.
Sudarmiyatun, S. (2012). Makna Sumpah Pemuda. PT Balai Pustaka (Persero).
Sutjiatiningsih, S. (1982). Soegondo Djojopoespito: hasil karya dan pengabdiannya. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Sejarah dan Nilai Tradisional, Proyek Inventarisasi dan Dokumentasi Sejarah Nasional.
Wardaya, M. K., & Indonesia, R. R. JIWA PATRIOTISME DAN PERAN SOSIAL KAUM MUDA DALAM PENYELESAIAN ANEKA PERSOALAN BANGSA1.
Widyanto, A. B. (2010). Pemuda dalam perubahan sosial. Jurnal Historia Vitae, 24(2), 1-10.
Woring, M. C. (2022). Sumpah Pemuda Merupakan Cikal Bakal Tercetusnya Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Persatuan 1928-1954 (Suatu Tinjauan Historis). Danadyaksa Historica, 2(1), 22-34.
Zulkarnain, I. (2005). Gerakan ahmadiyah di indonesia. Lkis Pelangi Aksara.
DOI: https://doi.org/10.24071/hv.v3i2.6270
DOI (PDF): https://doi.org/10.24071/hv.v3i2.6270.g3802
Refbacks
- There are currently no refbacks.