Pengembangan E-LKPD HOTS Berbasis Liveworksheets Terintegrasi National Character Building pada Materi Sumpah Pemuda 1928 untuk Peserta Didik SMA
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik elektronik (E-LKPD) HOTS berbasis liveworksheets terintegrasi national character building pada materi Sumpah Pemuda 1928 yang layak digunakan oleh peserta didik kelas XI SMA. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4D oleh Thiagarajan. Produk telah melalui tahap validasi oleh dua ahli materi dan dua ahli media. Uji coba lapangan dilakukan kepada melalui wawancara tanggapan dengan satu guru Sejarah dan dua peserta didik kelas XI. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan kuesioner dengan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil validasi ahli materi 1 dalam kriteria “sangat baik” dengan rerata skor “4.7”, ahli materi 2 dalam kriteria “sangat baik” dengan rerata skor “4.3”, dan ahli media 1 dalam kriteria “baik” dengan rerata skor “3.7”, ahli media 2 dalam kriteria “baik” dengan rerata skor “3.8”, serta hasil wawancara tanggapan guru dan peserta didik mengatakan produk sudah baik dan layak untuk digunakan sebagai sarana pembelajaran Sejarah.
Full Text:
PDFReferences
Apriadi, Sengki. 2020. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Project Based Learning pada Pembelajaran Ekonomi untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa di SMA Negeri 4 Sarolangun. Jurnal Ekopendia: Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 5(2): 44-48.
Dewi, P. 2010. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Interaktif pada Pelajaran Kimia Pokok Bahasan Hidrokarbon di SMA Negeri 5 Palembang. Skripsi tidak diterbitkan. Palembang. FKIP Universitas Palembang.
Faradilla, D. 2015. Model-Model Pembelajaran Sejarah di Sekolah Menengah. Yogyakarta: Ombak.
Farkhati, A & Sumarti, Sri Susilogati. 2019. Implementasi Manajemen Pembelajaran Kimia Berbantuan E-LKPD Terintegrasi Chemoentrepreneurship Untuk Menganalisis Soft Skill Siswa. Journal of Chemistry In Education, 8(2): 1-5.
Hernadi, Edi. 2021. Upaya Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Sejarah pada Siswa Kelas XII IPS 1 SMAN 1 Cikijing melalui Pembelajaran Kontekstual Berbasis Masalah. Bihari: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Ilmu Sejarah, 4(1): 1-12.
Nurkholis. 2013. Pendidikan dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(1): 24-44.
Prastowo, A. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Sholehah, Fitri. 2021. Pengembangan E-LKPD Berbasis Konstektual Menggunakan Liveworksheets pada Materi Aritmetika Sosial Kelas VII SMP Ahmad Dahlan Kota Jambi. Skripsi tidak diterbitkan. Jambi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Susanto, H. 2014. Seputar Pembelajaran Sejarah (Isu, Gagasan dan Strategi Pembelajaran). Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Wiriaatmadja, Rochiati. 2002. Pendidikan Sejarah di Indonesia: Perspektif Lokal, Nasional dan Global. Bandung: Historia Utama Press.
Yani, Ahmad & Ruhimat, Mamat. 2018. Teori dan Implementasi Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.
Yulia, Efi. 2018. Meningkatkan Minat Belajar Siswa melalui Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada Pembelajaran Sejarah Kelas XII IPS di SMA Yadika Natar Tahun 2018. Skripsi tidak diterbitkan. Bandar Lampung. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung.
Yuniastuti dkk. 2021. Media Pembelajaran untuk Generasi Milenial (Tinjauan Teoritis dan Pedoman Praktis. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.
DOI: https://doi.org/10.24071/hv.v3i1.6150
DOI (PDF): https://doi.org/10.24071/hv.v3i1.6150.g3506
Refbacks
- There are currently no refbacks.