PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL CANDI PRAMBANAN BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH SMA
(1) Universitas Sanata Dharma
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media audio visual sejarah pada materi peninggalan masa Hindu yaitu Candi Prambanan yang bermuatan Pendidikan Karakter yang layak bagi siswa SMA kelas X. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan menurut Dick and Carey, hingga tahap kesembilan. Sembilan tahap tersebut yaitu : (1) analisis kebutuhan dan tujuan, (2) analisis pembelajaran, (3) analisis pembelajar dan konteks, (4) merumuskan tujuan performansi, (5) mengembangkan instrumen, (6) mengembangkan strategi pembelajaran, (7) mengembangkan dan memilih bahan pembelajaran, (8) merancang dan melakukan evaluasi formatif, (9) melakukan revisi. Produk akhir telah melalui tahap validasi yang dilakukan oleh ahli materi, ahli media dan ahli pendidikan karakter. Terdapat 2 tahap uji coba yaitu uji coba perorangan yang dilakukan oleh 2 guru sejarah dan uji coba kelompok kecil pada 10 siswa SMA Bopkri 2 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, dokumentasi dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis kuantitatif dan analisis kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk media audio visual Candi Prambanan yang dikembangkan layak digunakan. Hal ini ditunjukkan dari hasil validasi ahli materi, ahli media, dan uji coba perorangan yang termasuk dalam kriteria “baik”. Serta Ahli pendidikan karakter dan uji coba kelompok kecil yang termasuk kriteria “sangat baik”
Kata Kunci : Penelitian Pengembangan, Media Audio Visual, Peninggalan Masa Hindu, Candi Prambanan, Pendidikan Karakter
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24071/hv.v2i1.4560
DOI (PDF): https://doi.org/10.24071/hv.v2i1.4560.g2688
Refbacks
- There are currently no refbacks.