IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM MEMAHAMI KONSEP-KONSEP SEJARAH DAN HASIL BELAJAR SEJARAH SECARA KONSTRUKTIVISTIK
(1) Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian payung, yaitu penelitian kolaboratif, yaitu tema penelitian utama yang dibagi atau diturunkan menjadi beberapa subtema penelitian yang lebih kecil. Masing-masing subtema penelitian ini menjadi bagian yang saling melengkapi jika digabung, tetapi meskipun dipisah tetap dapat berdiri sendiri. Pelaksanaan penelitian payung ini melibatkan asisten peneliti yang terdiri dari mahasiswa yang sedang menyelesaikan tugas akhir. Jumlah siswa yang terlibat dalam penelitian ini adalah 5 orang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis dalam memahami konsep sejarah dan hasil belajar sejarah konstruktivis melalui model pembelajaran kooperatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Penelitian Tindakan Kelas oleh Kemmis dan Taggart serta penelitian R&D model borg dan gall. Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi berpikir kritis dan tes hasil belajar sejarah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) peningkatan kemampuan berpikir kritis dalam memahami konsep sejarah pada keadaan awal sebesar 69,85%, kemudian meningkat menjadi 79,22%. (2) Setelah penerapan konsep pembelajaran sejarah konstruktivis terjadi peningkatan prestasi belajar siswa, baik dari segi prestasi KKM (70) maupun nilai rata-rata. Dari segi pencapaian KKM, pada pra siklus ada 21 siswa, siklus I menjadi 23 siswa dan pada siklus II meningkat menjadi 27 siswa. Sedangkan nilai rata-rata prestasi belajar siswa pada pra siklus adalah 72,16%, kemudian meningkat pada siklus I menjadi 79,76% dan pada siklus II menjadi 88,2%. Artinya model pembelajaran berbasis masalah cocok diterapkan dalam pembelajaran sejarah khususnya pada materi: “Sejarah Pergerakan Nasional Bangsa Indonesia”
Kata kunci : Penelitian Payung, R&D, Pembelajaran Kooperatif, Hasil Belajar Sejarah, Pendekatan Kontruktivis
Full Text:
PDFReferences
Amri dan Ahmadi. (2010). Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif dalam Kelas. Jakarta: Prestasi Pusakaraya
Bourdillon , H., (1999) . Teaching History . London . Routledge
Bruce, Joyce; Weil, Marsha; Calhoun, Emily, (2007) Models of Teaching, 6th ed, Boston: Allyn and Bacon
Budimansyah, Dasim. (2002). Model Pembelajaran dan Penilaian Berbasis Portofolio. Bandung: PT. Genesindo
Burden, P. R., & Byrd, D. M. (1996). Method for effective teaching, second edition. Boston: Allyn and Bacon.
Costa, A. L.(1991). The school as a home for the mind. Palatine, Illinois: Skylight Training and Publishing, Inc.
Dahlan, M.D. (1990). Model –Model Mengajar . Bandung : CV. Diponegoro.
Daryanto, (2011), Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah Beserta Contoh-Contohnya, Yogyakarta : Gava Media.
Fisher. (2009). Berfikir Kritis. Jakarta: Glora Askara Pratama
Joyce, B., & Weil, M. (1980). Model of teaching. New Jersey: Prentice-hall
Jufri, W. (2013). Belajar dan Pembelajaran Sains, PT.Rineka cipta: Bandung
McMillan J.H. and Schumacher S, (2001), Research in Education: A Conceptual Introduction, New York: Longman
Mustaji. (2014). Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif dalam Pembelajaran. Tersedia online: http://pasca.tp.ac.id/site/Pengembangan-Kemampuan-Berpikir-Kritis-dan-Kreatif-dalam-Pembelajaran
Pusat Pengembangan Kurikulum (2010). Pedoman Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa bagi Sekolah. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional
Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran : Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers. 418 hlm.
Santrock, John W. (2011). Psikologi Pendidikan. Jakarta. Salemba Humanika.
Santyasa, I. W. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Makalah Disajikan dalam pelatihan tentang Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru-Guru SMP dan SMA di Nusa Penida, 29 Juni s.d 1 Juli 2007.
Slavin.(1994). Model Pembelajaran Cooperatif Script. Jakarta: Airlangga.
Suparno, Paul. (1997). Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta : Penerbit Kanisius.
Tan, Oon Seng (2003), Problem Based Learning Innovation, Singapore: Seng Lee Press
Trianto, (2007). Model – Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik . Jakarta : Prestasi Pustaka
Sumber Jurnal
Andrias. (2011). Pengembangan Model Pembelajaran Sejarah Suatu Alternatif Mengatasi Kejenuhan Mahasiswa Dalam Proses Pembelajaran Sejarah. Jurnal SELAMI IPS Edisi Nomor 34 Volume 1 Tahun XVI Desember 2011 ISSN 1410-2323. Termuat dalam http://ojs.uho.ac.id/index.php/selami/article/download/118/76
Hamid Hasan, S. Pendidikan Sejarah Untuk Memperkuat Pendidikan Karakter dalam Paramita Vol. 22 No. 1 - Januari 2012. ISSN: 0854-0039
Jonassen, D. (1999). “Designing Constructivist Learning Environment”. In C.M. Reigeluth (Ed.), Instructional-Design Theories and Models, Volume II: A New Paradigm of Instructional Theory. Mahwah, NJ.: Lawrence Erlbaum.
Kowiyah,. (2012). Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan .3 (5) hlm.175-176 Diperoleh pada 26 September 2018 dari http://Journal.ppunj.org/jpd/article/download/108/108
Sumber Skripsi
Alvianus Tri Oxford Zai. 2019. Peningkatan Minat dan Prestasi Belajar Sejarah Melalui Penggunaan Model Problem Based Learning Siswa SMK Putra Tama Bantul. Skripsi. Tidak diterbitkan
Yuslina Halawa. 2019. Peningkatan Minat dan Prestasi Belajar Sejarah Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Siswa Kelas 10 SMA Negeri 1 Slewon. Skripsi. Tidak diterbitkan
Erminolda Waruwu. Peningkatan Minat dan Prestasi Belajar Sejarah Melalui Model Pembelajaran Two Stay Stray Bagi Siswa Kelas 10 SMK Putra Tama, Bantul. Skripsi. Tidak diterbitkan
Kathrina Salma Thessalonia. 2019. Peningkatan Minat dan Prestasi Belajar Sejarah Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Siswa Kelas 10 SMK Negeri 1, Bantul. Skripsi. Tidak diterbitkan
DOI: https://doi.org/10.24071/hv.v1i2.3810
DOI (PDF): https://doi.org/10.24071/hv.v1i2.3810.g2438
Refbacks
- There are currently no refbacks.