PENGGUNAAN BAHAN AJAR DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR HISTORIS
(1) SMP Negeri 46 Kerinci
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan bahan ajar digital dalam pembelajaran sejarah di SMA untuk meningkatkan keterampilan berpikir historis. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan design with pretest-posttest control group yang diadopsi dari kerangka penelitian Çayci (2012). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Sungai Penuh tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 407 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPA 2 yang berjumlah 33 siswa untuk kelas kontrol dan X IPA 7 yang berjumlah 34 siswa untuk kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik proportionate stratified random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan bahan ajar digital dalam pembelajaran sejarah terhadap keterampilan berpikir historis siswa SMA Negeri 1 Sungai Penuh yang dikonfirmasi oleh nilai signifikansi (Sig) t-test for Equality of Means sebesar 0,000 (lebih kecil dari 0,05). Berdasarkan hasil tersebut, disimpulkan bahwa disimpulkan bahwa bahan ajar sejarah (digital) memberikan pengaruh terhadap keterampilan berpikir historis siswa.
Kata Kunci: Bahan Ajar Digital; Pembelajaran Sejarah; Keterampilan Berpikir Historis
Full Text:
PDFReferences
Arnab, S., & Clarke, S. (2017). Towards a trans‐disciplinary methodology for a game‐based intervention development process. British journal of educational technology, 48(2), 279-312.
Byun, H. S., Choi, J. I., & Song, J. S. (2006). The research on the prototype development of digital textbook. Journal of Instructional Technology Research, 22(4), 217-224.
Çayci, B. (2018). The Impacts of Conceptual Change Text-Based Concept Teaching on Various Variables. Universal Journal of Educational Research, 6(11), 2543-2551.
Fadli, M. R., Sudrajat, A., Zulkarnain, A., Setiawan, R., & Amboro, K. (2020). The Effectiveness of E-Module Learning History Inquiry Model to Grow Student Historical Thinking Skills Material Event Proclamation of Independence. Decision Making, 6, 7.
Gestsdóttir, S. M., van Boxtel, C., & van Drie, J. (2018). Teaching historical thinking and reasoning: Construction of an observation instrument. British Educational Research Journal, 44(6), 960-981.
Hardy, A., & Iwatani, E. (2021). Rubrics for Examining Historical Thinking Skills in High School World History Activities and Student Work: Construct Validity Evidence from the Literature.
Kim, J. H. Y., & Jung, H. Y. (2010). South Korean digital textbook project. Computers in the Schools, 27(3-4), 247-265.
Robyns, M. (2001). The archivist as educator: Integrating critical thinking skills into historical research methods instruction. The American Archivist, 64(2), 363-384.
Rockinson-Szapkiw, A. J., Dunn, R., & Holder, D. E. (2011). Students' Perceptions of Using Web 2.0 Technologies to Enhance the Social and Cognitive Aspects of Learning: Audio and Video Enhanced Wiki Texts and Second Life Discussions in Teacher and Counselor Education. In Proceedings of International Society for Technology in Education Conference (ISTE). Philadelphia, PA.
Seixas, P. (2006). Benchmarks of historical thinking: A framework for assessment in Canada. The Center for the Study of Historical Consciousness. Recuperado el, 16, 1-12.
Song, H. D., Jun, J. S., & Ryu, J. H. (2007). The effects of digital textbook in student learning. Seoul: Seoul Metropolitan Board of Education.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Alfatbeta.
Uyn, K. N. (2007). The effects of digital textbooks in U-learning environments. Unpublished master’s thesis. Dong-Kuk University, Seoul, South Korea.
Wineburg, S., Mosborg, S., & Porat, D. (2001). What can Forrest Gump tell us about students' historical understanding?. Social education, 65(1), 55-55.
DOI: https://doi.org/10.24071/hv.v1i1.3261
DOI (PDF): https://doi.org/10.24071/hv.v1i1.3261.g2321
Refbacks
- There are currently no refbacks.