Perilaku Bullying Verbal Pada Siswa Kelas Persiapan Peralihan (Kpp) SMAS Seminari San Dominggo

Mario Ehak Asan(1*), Maria Sri Hastuti(2),

(1) Bimbingan dan Konseling Universitas Sanata Dharma
(2) Bimbingan dan Konseling Universitas Sanata Dharma
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan perilaku bulllying verbal siswa KPP SMAS Seminari San Dominggo. (2) mengidentifikasi butir atau item pengukuran perilaku bullying verbal pada siswa KPP SMAS Seminari San Dominggo mana yang capaian skornya teridentifikasi tinggi. (3) mengusulkan topik-topik bimbingan pribadi sosial kepada pihak sekolah (guru Bimbingan dan Konseling) dalam mengurangi perilaku bullying verbal pada siswa KPP SMAS Seminari San Dominggo. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah 72 orang siswa KPP SMAS Seminari San Dominggo. Pengumpulan data menggunakan kuesioner Perilaku Bullying Verbal (45 item) yang disebarkan secara langsung. Kuesioner ini dinyatakan valid dan reliabel (koefisien Alpha Cronbach sebesar 0,843). Data dikelompokkan menggunakan model pengelompokan lima jenjang yaitu sangat tinggi, tinggi, sedang, rendah, dan sangat rendah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat 19 (26,4%) siswa KPP memiliki perilaku bullying verbal dengan kategori tinggi, 51 (70,8%) siswa KPP dengan kategori sedang, 2 (2,8%) siswa dengan kategori rendah, dan tidak terdapat siswa KPP yang memiliki perilaku bullying verbal pada kategori sangat tinggi dan sangat rendah, 2) berdasarkan hasil analisis perolehan skor item perilaku bullying verbal terdapat 20 item dengan kategori tinggi dan dijadikan dasar penyusunan topik-topik bimbingan pribadi sosial.

Keywords


Perilaku Bullying Verbal, Siswa KPP

Full Text:

PDF

References


Amini, Yayasan Semai Sejiwa. 2008. Bullying Mengatasai kekerasan di sekolah dan di

lingkungan sekitar anak. Jakarta: Grasindo

Astuti, Pony Retno. (2008). Meredam Perilaku Bullying. Jakarta: Grasindo.

Hertinjung, W.S. (2013). Bentuk-bentuk perilaku Bullying di Sekolah Dasar. Surakarta: Universitas

Muhammadiyah Surakarta.

Hurlock, E.B. (1990). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT

Refika Aditama.




DOI: https://doi.org/10.24071/sol.v5i1.6969

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Mario Ehak Asan, Maria Sri Hastuti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.