KEPAHLAWANAN TOKOH KARNA DALAM NOVEL MAHABHARATA KARYA NYOMAN S. PENDIT: KAJIAN SEMIOTIKA TEEUW

Patricius Sulistya Eka Apira Yogayudha, Fransisca Tjandrasih Adji, Yoseph Yapi Taum

Abstract


Karna, salah satu tokoh dalam novel Mahabharata karya Nyoman S. Pendit—novel adaptasi dari Epos Mahabharata. Mengingat bahwa Karna merupakan salah satu tokoh dalam karya sastra, penulis ingin mengetahui kepahlawanan tokoh Karna dengan kerangka berpikir Semiotika Teeuw. Penelitian ini bertujuan untuk memaknai kode-kode bahasa, sastra, dan budaya pada tokoh Karna dalam novel dengan maksud menemukan makna terdalam dari tokoh Karna. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa perjalanan hidup dan kepahlawanan Karna adalah ajaran hidup manusia yang melaksanakan dharmanya di dunia.Dari ketiga hasil analisis kode-kode tersebut, ditemukan bahwa kepahlawanan Karna tidak hanya terletak dari kesetiaannya pada Kaurawa, melainkan pula perjalanan hidupnya dari lahir, kebenciannya terhadap Pandawa, kutukan yang ia dapatkan, hingga pada akhirnya bersatu dengan Pandawa di Surgaloka bahwa hidupnya merupakan pahlawan bagi yang melaksanakan dharma. Perjalanan hidup Karna yang melaksanakan dharma dapat menjadi bahan pembelajaran bagi manusia untuk hidup pada jalan dharma.


Keywords


dharma; Karna; kepahlawanan; Mahabharata; semiotika; Semiotika Teeuw

Full Text:

PDF

References


Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2021. Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring. Diambil kembali dari KBBI Daring: (https://kbbi.kemendikbud.go.id)

BASABali Wiki. 2022. BASABali Wiki Dictionary. Diambil kembali dari BASABali Wiki: (https://dictionary.basabali.org/Main_Page)

Hiltebeitel, A. (2007). “Krishna in Mahabharata: The Death of Karna”. Dalam buku E. F. Bryant, Krishna A Sourcebook. Oxford: Oxford University Press.

Isha Foundation. (28 Juli 2020). Karna in Mahabharat – Hero or Villain? Diambil kembali dari Isha Foundation: (https://isha.sadhguru.org/us/en/wisdom/article/karna)

Isha Foundation. (4 September 2021). Mahabharat Episode 70: The Reason Why Karna’s Talent Went Waste. Diambil kembali dari Isha Foundation: (https://isha.sadhguru.org/us/en/wisdom/article/mahabharat-ep70-why-karnas-talent-went-waste)

Isha Foundation. (6 Oktober 2021). Mahabharat Episode 71: What Happened to Draupadi and the Pandavas After the Kurukshetra War? Diambil kembali dari Isha Foundation: (https://isha.sadhguru.org/us/en/wisdom/article/mahabharat-ep71-draupadi-pandavas-after-kurukshetra-war)

Khaer, A. (2003). Filsafat Etika dalam Cerita Mahabarata. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Krishnapatria, K. (2017). “The Battle Between Arjuna and Karna in Mahabharata Comics by R. A. Kosasih and Kurukshetra Game: An Adaptation Study”. Dalam Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 6(2), hal. 115-124.

Naeni, L. (2014). Sifat Moral Tokoh dalam Novel Mahabarata karya R. K. Nayaran. Malang: Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang.

Pendit, N. S. (1970). Mahabharata: Sebuah Perang Dahsjat Dimedan Kurukshetra. Djakarta: Bhratara.

Pendit, N. S. (2014). Mahabharata. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.

Sanskrit Dictionary. 2022. Sanskrit Dictionary. Diambil kembali dari Sanskrit Dictionary: (https://sanskritdictionary.com/)

Sanyal, S. (2015). “Marginalized yet Empowered: A Study of Ekalavya and Karna from Mahabharata”. Dalam Jurnal International Journal of English Language, Literature and Humanities, hal. 615-622.

Saraswati, C. (2008). Introduction to Hindu Dharma. Bloomington: World Wisdom.

Swamiprabhupada, A. B. (1986). Bhagavad-Gita Menurut Aslinya. Jakarta: International Society for Krsna Consciousness.

Taum, Y. Y. (1990). Menyimak Dunia Godlob Danarto Sebuah Pendekatan Semiotika. Yogyakarta: IKIP Sanata Dharma.

Taum, Y. Y. (2018). Kajian Semiotika Godlob Danarto dalam Perspektif Teeuw. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Teeuw, A. (1967). Modern Indonesian Literature. Leiden: Leiden University.

Teeuw, A. (1984). Sastra dan Ilmu Sastra. Jakarta: Pustaka Jaya.

Verhaar, J.W.M. (2016). Asas-Asas Linguistik Umum: Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Viswanathan, P. (3 Januari 2022). Karna and Arjuna - Valiant Brothers at War. Diambil kembali dari Dolls of India: (https://www.dollsofindia.com/library/karna-arjuna/)

Wisdom Library. (24 Oktober 2021). Kunti, Kuntī, Kumti: 25 definitions. Diambil kembali dari Wisdom Library: (https://www.wisdomlib.org/definition/kunti)

Yogayudha, Patricius Sulistya Eka Apira (2022). Kepahlawanan Tokoh Karna dalam Novel Mahabharata Karya Nyoman S. Pendit: Kajian Semiotika Teeuw. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma

Yusuf, M. (2018). “Social and Economic Capital: Causes of Arjuna's Victory Against Karna”. Dalam jurnal International Review of Humanities Studies, hal. 72-80.




DOI: https://doi.org/10.24071/sin.v16i2.5064

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Patricius Sulistya Eka Apira Yogayudha, Fransisca Tjandrasih Adji, Yoseph Yapi Taum

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Sintesis by https://e-journal.usd.ac.id/index.php/sintesis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Sintesis

View My Stats Sintesis