STRUKTUR KEPRIBADIAN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL ANAK BUNGSU KARYA SOESILO TOER

Agustine Tryas Dani, Susilawati Endah Peni Adji

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan struktur kepribadian tokoh utama dalam novel Anak Bungsu karya Soesilo Toer dengan menggunakan teori psikoanalisis Sigmund Freud. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini ditemukan persamaan dan perbedaan struktur kepribadian hasrat (id), hati nurani dan internalisasi (superego), dan apa yang dilakukan (ego) pada masing-masing tokoh.


Full Text:

PDF

References


Aditya, Annisa. 2012. “Gambaran Proses Aktualisasi Tokoh Utama dalam Novel Zapizki Iz Mertovo Doma karya Fyodor Mikhailovich Dostojewski (Suatu Pendekatan Psikologi Humanis Carl Rogers)”. Skripsi Program Studi Bahasa Rusia, Fakultas Sastra, Universitas Padjajaran.

Andriani, Erieska. 2016. "Konflik Batin Tokoh Utama Zhu Ying Tai (祝英台) dalam Drama Serial《梁山伯与祝英台》karya Wang Jian Gong (王建珙) (Kajian Psikoanalisis Sigmund Freud dan Johnson)." dalam Jurnal Mandarin Unesa.

Card, Orson Scott. 2005. Penokohan dan Sudut Pandang: Menciptakan Sosok Fiktif yang Memikat dan Dipercaya Pembaca. Diterjemahkan dari judul asli Characters and Viewpoint oleh Femmy Syahrani. Bandung: Penerbit MLC.

Freud, Sigmund. 1979. Memperkenalkan Psikoanalisa Lima Ceramah. Diterjemahkan dari judul asli Ueber Psychoanalyse, Funf Vorlesungen oleh Dr. K. Bertens. Jakarta: Penerbit PT Gramedia.

Hartono, S.S. Budi. 2003. “Dasar-dasar Psikoanalisis Feudian”. Dalam Anggadewi Moesono, (Peny.). Psikoloanalisis dan Sastra. Depok: Pusat Penelitian Kemasyarakatan dan Budaya Lembaga Penelitian Universitas Indoensia, hlm 1 – 11.

Indrasari, Sisillia Yossy Nour. 2017. "Analsisis Konflik Batin Tokoh Utama Ega dalam Novel Ega karya Anggie M dalam Pembelajaran Sastra di SMA Kelas XI Semester I." Skripsi pada Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.

KBBI V: Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kelima. 2019. Diunduh dari https://kbbi.kemendikbud.go.id/

Nazir, Mohammad. 2005. Metode Penelitian. Bogor Selatan: Penerbit Ghalia Indoensia.

Nurgiyantoro, Burhan. 2007. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada Iniversity Press.

Nuzul, Muhammad Firdausin. 2020. "Feminisme Kritis dalam Novel Anak Bungsu karya Soesilo Toer." dalam Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran.

Olson, Matthew H. dan B.R. Hergenhahn. 2013. Pengantar Teori-teori Kepribadian Edisi Kedelapan. Diterjemahkan dari judul asli Introduction to Theories of Personality, an, 8th Edition oleh Yudi Santoro S. Fil. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Pradipta, R. Benny. 2019. "Struktur Kepribadian Tokoh Utama dalam Novel Bisma Dewabrata karya B.B. Triatmoko, S.J." Skripsi pada Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.

Prastyo, Gregorius Agung Rendra. 2017. "Hasrat Seksual dalam Novel Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas karya Eka Kurniawan (Kajian Psikoanalisis)." Skripsi pada Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.

Prawira, Purwa Atmaja. Psikologi Kepribaian dengan Perspektif Baru. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Ratna, Nyoman Kutha. 2013. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarga: Pustaka Pelajar.

Semiun, Yustinus, OFM. 2010. Teori Kepribadian & Terapi Psikoanalitik Freud. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Taum, Yoseph Yapi. 2017. Kritik Sastra Diskursif: Sebuah Reposisi. Makalah disampaikan dalam Seminar Nasional Kritik Sastra yang diselenggarakan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud, Jakarta, 15-16 Agustus 2017.

Toer, Soesilo. 2018. Anak Bungsu. Blora: Pataba Press.




DOI: https://doi.org/10.24071/sin.v15i1.3212

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Agustine Tryas Dani, Susilawati Endah Peni Adji

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Sintesis by https://e-journal.usd.ac.id/index.php/sintesis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Sintesis

View My Stats Sintesis